Inspiring People
Jumat, 20 Agustus 2021

Rivan Kurniawan: Investasi Bukan Untuk Merugi, Semua Tengang Strategi!

  • Share
  • fb-share
Rivan Kurniawan: Investasi Bukan Untuk Merugi, Semua Tengang Strategi!

Di masa sulit kayak gini, siapa sih yang nggak mencoba peruntungan dengan mencari cuan tambahan? Belakangan ini, pasti sering menemukan temen-temen yang mulai masuk ke dunia investasi. Baik reksadana, saham, emas, dan lain-lainnya.

Tapi emang berinvestasi itu hal yang bagus dan penting banget untuk jangka waktu ke depannya loh, bro. Beberapa waktu lalu, MLDPODCAST sempat ngobrol sama Rivan Kurniawan tentang investasi dan mengupasnya secara tuntas.

Sayangnya, apa yang dibahas di Podcast kala itu masih belum cukup nih, bro. Akhirnya – MLDSPOT berkesempatan lagi ngobrol lebih lanjut dengan Rivan tentang investasi dan gimana sih kehidupannya sebagai seorang investor?

Buat lo yang masih kepo dengan serba-serbi investor, langsung aja simak artikel ini sampai habis ya, bro!

Investasi: Ada Ruginya Nggak, Sih?

Setelah ngobrol panjang di MLDPODCAST waktu itu, mungkin masih banyak dari lo yang masih bertanya-tanya – sebenarnya yang mendukung buat investasi itu apa sih? Karena banyak dari lo enggan memulai investasi karena takut rugi.

Hal ini dijawab oleh Rivan, kalo Investasi sebenarnya sebuah konsep yang membuat lo bisa menyisihkan uang yang dimiliki untuk sesuatu yang bermanfaat secara jangka panjang. Singkatnya, ketika punya uang dengan jumlah yang berlebih – uang tersebut lebih baik diputarkan dari pada nganggur di rekening dan malah terpakai nantinya.

Maka dari itu, investasi sebenarnya jadi metode untuk lo yang pengen memutarkan uang, bukan menjadikan investasi sebagai pekerjaan utama. Itulah hal yang selama ini salah dipersepsikan. Ketika lo masuk ke dunia investasi tapi mengeluarkan seluruh uang yang dimiliki dan malah mengaku rugi, itu udah termasuk ke dalam hal yang salah.

Intinya, Rivan mengatakan bahwa untuk berinvestasi, semua niatnya harus diluruskan. Bahwa dengan memasukkan uang untuk investasi bukan semata-mata mendapatkan keuntungan secara cepat dan instan. Karena semua pergerakan yang ada di pasar investasi – baik saham, reksadana, dan emas sekalipun, membutuhkan waktu untuk berkembang.

Investasi bukan Keuntungan Instan!

Seperti yang udah disampaikan di atas – kalo mencari untung secara cepat dan instan, investasi bukan tempatnya. Kesalahan di awal ini yang akhirnya membuat orang salah strategi juga dalam mengolah investasi saham ini.

Rivan mengatakan, tren investasi di Indonesia ini sebagai ajang unjuk diri. Di mana ketika seorang teman lo yang untung dalam berinvestasi, lo akan tergiur untuk mengikuti jejaknya. Namun menurutnya, tidak semua investasi akan berjalan sama – kalo teman lo untung, belum tentu ketika lo mengikuti jejaknya akan untung juga.

Risiko Investasi Menurut Rivan

Bicara mengenai saham yang sifatnya fluktuatif dalam jangka pendek ini menimbulkan banyak kesalahpahaman bagi mereka yang baru memasuki dunia investasi. Karena dalam saham, semua bisa naik dan turun dalam waktu yang tidak ditentukan dalam waktu yang pendek.

Maka dari itu, untuk yang melakukan trading – atau investasi saham dengan cara jual dan beli dalam waktu yang singkat, sering merasakan kerugian. Padahal dengan jangka waktu yang fluktuatif ini yang akhirnya membuat pasar saham tidak bisa ditentukan untung ruginya dalam waktu yang singkat.

Berbeda dengan risiko yang didapatkan ketika lo memulai investing – atau investasi saham dalam jangka waktu yang panjang. Hal tersebut bergerak sesuai dengan perkembangan perusahaan yang mengelola saham. Jika perusahaan tersebut memiliki laba yang stabil serta hutang yang kecil, maka pertumbuhan sahamnya akan meningkat sesuai dengan pergerakan perusahaan tersebut.

Namun jika lo melakukan investasi dengan jangka pendek, perkembangan perusahaan ini nggak bisa lo rasakan. Karena untuk mencapai keuntungan, sebuah perusahaan juga akan mengalami naik turun terlebih dahulu sebelum akhirnya menjadi stabil.

Obrolan panjang mengenai saham dengan Rivan Kurniawan ini jadi hal menarik yang bisa lo pelajari sebelum mulai investasi nih, bro. Setelah membaca artikel ini, jangan sampai salah strategi lagi dalam berinvestasi ya, bro! Semoga beruntung!

 

Comments
nurhalim
mantaff brooo
PANJI ADI SETYO WIBOWO
Risiko Investasi Menurut Rivan