Rony Billiardo Sukses Kenalkan Batik Ala Haute Couture ke Amerika

Batik adalah salah satu peninggalan warisan budaya Indonesia yang lekat dengan kehidupan masyarakat sehari-hari. Di tangan kreatif Rony Billiardo, seorang desainer muda Indonesia, batik berhasil dikreasikan menjadi fashion item yang hits hingga ke pasar mancanegara. Baru-baru ini, Rony terbang ke Amerika untuk mengenalkan karya-karya desain batik ciri khasnya yang modern, dinamis, dan bisa dipakai untuk segala usia.

Seperti apa usaha dan kerja keras Rony menggapai mimpi dan cita-citanya untuk melestarikan batik? Apa saja tantangan yang ia hadapi? Cek di sini ulasan lengkapnya, Bro!

 

Berawal Dari Hobi Membuat Baju Sendiri

Meski tidak memiliki latar belakang pendidikan sebagai fashion designer, bagi Rony Billiardo Tinus, dunia fashion bukanlah hal asing dalam hidupnya. Rony, sapaan akrab pria kelahiran Yogyakarta ini, mengaku tertarik dengan fashion karena sering menemani sang kakak yang berprofesi sebagai seorang model.

Selain dikelilingi lingkungan dan teman teman yang bergelut di dunia fashion, Rony juga menjabat sebagai duta wisata Kota Yogyakarta yang harus menghadiri berbagai kegiatan. Sebagai seorang duta wisata, tentu Ronny dituntut untuk selalu berpakaian rapi dan menarik di depan publik. Namun, Rony mengaku sering kesulitan mencari pakaian yang sesuai dengan keinginannya. Ia lalu memutuskan untuk membuat pakaian sendiri dengan desain yang sesuai dengan apa yang diinginkan.

Rony sedang membuat sketsa pakaian batik hasil karyanya

Nggak disangka, desain pakaian yang dibuat sendiri lewat tangan kreatifnya ternyata banyak disukai teman-teman di lingkungan fashion. Bahkan, beberapa teman Rony ikut meminta dibuatkan pakaian. Melihat respon positif ini, pada tahun 2016, Rony memutuskan untuk membuat brand pakaian sendiri dengan menggunakan nama @Billiardo.

Membuat dan mengembangkan brand pakaian sendiri tentu bukanlah hal yang mudah. Apalagi, ada banyak sekali brand pakaian luar negeri dan lokal di Indonesia. Persaingan di dunia fashion sangatlah ketat dan pemainnya terus berganti-ganti. Namun, Rony percaya diri dan mantap membesarkan brand Billiardo. Ia banyak menyerap ilmu dari teman-teman desainer, sekaligus berguru pada para senior yang lebih lama berkecimpung di fashion.

Rony terbilang piawai melakukan mix and match warna dan bahan dalam membuat karya. Selain teknis membuat pakaian dan keahliannya membuat sketsa, ia saat ini juga mempunyai usaha fashion show management yang dikelola sendiri. Tampaknya, darah wirausaha mengalir deras di pria yang hobi traveling ini.

 

Gunakan Motif Batik Geometri sebagai Ciri Khas

Desain Rony ditampilkan pada Jogja Fashion Week 2018

Salah satu keunikan desain batik kreasi Rony terletak pada motif batik geometris yang digunakan. Motif geometris sendiri adalah corak batik berulang-ulang yang ada pada kain. Ia memilih motif geometri karena motif modern ini dapat dikombinasikan dengan bahan pakaian lain selain batik.

"Kunci desain batik yang modern dan kekinian sebenarnya terletak pada mix and match motif dan warna. Kalau gue biasa pakai kombinasi batik dengan lurik. Kombinasi ini membuat pakaian batik lebih modern, nggak monoton, dan yang pasti nggak terlihat kuno," ujar pria berusia 26 tahun ini.

Pemilihan warna-warna cerah dipadukan dengan desain pakaian yang simple dan elegan menjadi daya tarik Billiardo yang banyak disukai berbagai kalangan. Di tangan Rony, pakaian batik yang identik dengan pakaian formal diubah menjadi pakaian santai yang bisa dipakai sehari hari dengan tampilan chic dan fresh. “Ide pembuatan tiap desain biasanya muncul dari kegiatan sehari-hari. Gue ingin para pemakai Billiardo bisa tampil fashionable dan nyaman, di berbagai kesempatan,” katanya.

Rony menerima ucapan selamat dari perwakilan KJRI Houston setelah melakukan fashion show

Seiring berjalannya waktu, ia juga menemui beberapa tantangan dalam memperkenalkan brand batik Billiardo. Kendala utama terletak pada segmen pasar yang cepat berubah. Rony harus berusaha mengikuti selera pasar akan kebutuhan fashion yang sedang jadi tren dan banyak diminati masyarakat.

Hal ini nggak membuatnya patah semangat. Berbagai kendala yang ditemui menjadi motivasi Ronny agar produk yang dihasilkan lebih baik. Ia tetap konsisten menjalani profesi ini bukan semata-mata demi keuntungan atau profit. Lebih dari itu, ia ingin menyajikan karya-karya terbaik dan melestarikan batik dan tenun sebagai budaya Indonesia yang dapat diperkenalkan ke dunia mancanegara.

 

Sukses Kenalkan Batik ke Amerika

Seperti mimpi yang jadi nyata. Hal inilah yang terlintas di kepala Rony ketika berhasil melakukan kerja sama dengan seorang profesor yang mengajar manajemen hospitality di University of Louisiana at Lafayette,Texas. Rony yang ingin mempromosikan rancangan pakaian batik dan tenun lurik diberi kesempatan untuk mengadakan fashion show di area perpustakaan kampus Louisiana at Lafayette, pada Desember 2019.

"Fashion show di Amerika ini menurutku cukup unik. Mengambil konsep fashion show Silent Library Runway, peragaan busana ini diadakan di lorong perpustakaan kampus. Ada 20 orang model yang terlibat dan mereka bukanlah model profesional, melainkan para mahasiswa dan pegawai kampus. Ini benar-benar jadi pengalaman baru buat gue," ungkap Ronny.

Rony dan para model pendukung dalam fashion show di University of Louisiana at Lafayette

Dari fashion show yang diadakan di Amerika, antusias masyarakat di sana sangat positif dan mengapresiasi desain batik kreatif dari Rony. Bahkan, beberapa hari setelah mengadakan fashion show di University of Louisiana at Lafayette, Rony kembali mendapat undangan untuk berpartisipasi dalam acara fashion show di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Houston dalam rangka Indonesian Houston Festival.

Selain berpartisipasi dalam peragaan busana luar negeri, Billiardo juga menjadi langganan fashion show di Indonesia. Mulai dari Jogja Fashion Week, Local Trunk Show 2019, dan Royal Ambarrukmo Fashion Show, kreasi batik ala Rony rutin tampil di lintasan catwalk. Ia kini menerima pesanan pre-order eksklusif untuk koleksi limited edition-nya.

Nah, buat lo yang penasaran seperti apa desain unik dari pakaian batik Rony, bisa cek langsung Instagram @billiardo.id!