Inspiring Places
Kamis, 06 April 2023

Eksplor Santuy Taman Literasi Martha Tiahahu dan 7 Hal yang Bisa Lo Lakuin di Sini!

  • Share
  • fb-share
Eksplor Santuy Taman Literasi Martha Tiahahu dan 7 Hal yang Bisa Lo Lakuin di Sini!

Blok M udah dikenal sebagai pusat gaulnya anak muda Ibukota dari sejak lama. Enggak heran sih, soalnya Blok M memang punya banyak tempat yang asik untuk nongkrong.

Bahkan yang terbaru nih, ada Taman Literasi Martha Tiahahu, yang baru aja diresmiin tahun 2022 lalu. Tempatnya ada di Jln. Sisingamangaraja, Melawai, Jakarta Selatan.

Nah, gue baru aja main-main ke tempat keren satu ini. Terus, apa aja yang spesial dari tempat ini? Ini dia tujuh hal yang lo bisa lakuin di Taman Literasi Martha Tiahahu, yang selanjutnya bakal gue bakal sebut ini Taman Literasi!

1. Kumpul Komunitas

 

Kegiatan di Taman Literasi

Gue nemuin segerombolan anak muda yang duduk melantai sambil melingkar di beberapa bagian Taman Literasi. Mereka ini adalah sekumpulan orang yang tergabung dalam sebuah komunitas.

Biasanya nih, mereka diskusi ringan atau gali ide lewat beberapa buku bacaan. Tapi gue enggak bisa ganggu dengan nanya ini-itu, dan ada baiknya lo juga enggak lakuin itu. Biar taman ini jadi tempat untuk diskusi bebas tanpa gangguan, ya.

Bahkan karena areanya yang luas nih, bikin Taman Litrasi bisa jadi tempat beberapa komunitas untuk ngelakuin latihan pertunjukan gitu. Bisa dibilang, taman ini tempat yang lengkap deh untuk siapa aja.

2. WFA Sambil Baca Buku

Nah, di Taman Literasi ini juga ada sebuah perpustakaan kecil gitu. Bagian ini jadi tempat paling tenang layaknya perpustakaan pada umumnya, dengan sekat kaca yang bikin privasi lo kalau mau baca jadi tambah nyaman.

Ada Riyadi, salah satu pengunjung perpustakaan Taman Literasi ini. Awalnya nih, dia lagi butuh tempat untuk WFA. Udah itu, dia jadi ngerasa nyaman dan akhirnya mulai rajin berkunjung ke Taman Literasi.

“Pertama ke sini soalnya lagi WFA, trus nyari tempat buat kerja. Kalau secara tempat sih enak buat kerja, suasananya, soalnya tenang juga kan. Koleksi bukunya lumayan banyak yang bisa dibaca. Apalagi bisa dibawa keluar juga,” kata Riyadi.

3. Hunting Foto dan Video

Salah satu aktivitas yang bakal sering lo dapetin di Taman Literasi adalah hunting foto. Beberapa kali, gue ngeliat anak muda berkalung kamera di lehernya. Mereka nangkep berbagai momen dan pemandangan di tempat ini.

Ya, menurut gue salah satu hal yang paling menarik dari Taman Literasi ini adalah pemandangannya yang indah. Saran gue sih, coba lo datang pas sore hari. Beuh, dijamin foto lo makin mantap deh karena tambahan efek golden hour!

Bukan cuma untuk foto pemandangan, loh. Ada juga beberapa aktivitas yang bawa talent sendiri. Bahkan gue sempat jadi objeknya waktu lagi ngerjain tulisan ini di taman, hahaha! Kayak yang gue bilang tadi nih, beragam aktivitas yang terjadi bikin Taman Literasi jadi menarik untuk diabadikan.

4. Jajan dan Ngafe

Nah, Taman Literasi juga jadi makin seru karena punya area buat jajanan dan kafe. Di sini, lo bisa nongkrong berjam-jam dan enggak harus khawatir kelaparan. Sajiannya juga enak-enak loh!

Buat pecinta kopi, lo bisa nikmatin sajian dari Mosslife Coffee dan Djournal Coffee. Banyak pilihan minuman tersedia dengan harga yang terjangkau, mulai dari 30 ribu rupiah aja, loh. Gerai-gerai ini juga nyediain tempat duduk buat lo yang mau WFA atau nongkrong bareng teman-teman.

Kalau laper, lo bisa ke Pasta by The Park. Gerai satu ini nyajiin makanan berbahan dasar pasta yang enak banget, deh. Seperti Aglio Olio, Spaghetti Bolognese, dan menu andalannya yaitu Parpadelle Con Sugo di Manzo.

5. Aktivitas Hobi Positif

Kayak yang udah gue jelasin di poin-poin sebelumnya, Taman Literasi terbuka untuk siapa pun yang mau beraktivitas. Semua aktivitas positif bisa lo lakuin di sini dan enggak perlu deh khawatir dengan penilaian orang-orang sekitar.

Gue sempat nemuin sekumpulan anak muda pegiat cosplay. Mereka langsung menarik perhatian dengan tampilan nyentrik ala anime dan tokoh-tokoh penting. Meski tampil beda, para cosplayer ini tetap ngerasa nyaman, kok!

“Nyaman aja sih, soalnya kostum yang kita pakai tetep sopan dan rapih. Selama sopan sih ya nyaman-nyaman aja gitu,” kata salah satu cosplayer yang enggak mau disebutin namanya.

6. Nongkrong Santuy

Taman Literasi dikunjungin banyak orang dengan beragam tujuan. Biasanya sih, mereka enggak datang sendirian. Ada yang bawa pasangan untuk sekadar ngehabisin waktu dan menciptakan momen kasih sayang.

Lainnya, ada juga yang datang berkelompok. Banyak dari mereka yang janjian buat ke taman ini untuk ngobrol kasual. Toh, suasananya juga asik untuk ngobrol.

Biar pun ramai, Taman Literasi ini enggak terlalu berisik, loh. Soalnya banyak open space-nya. Lo bisa ngobrol bahkan baca buku tanpa terganggu sambil nikmatin pemandangan yang asri banget.

7. Main-main ke M Bloc dan Little Tokyo

Sebenernya sih enggak ada batasan waktu nongkrong di Taman Literasi, kecuali jam operasional yang cuma sampai jam 10 malam. Nah, kalau lo mau ganti suasana nongkrong, tinggal geser aja ke tempat-tempat di sekitar. Namanya juga Blok M, pusat gaul Jakarta Selatan, nih!

Little Tokyo dan M Bloc Space bisa lo kunjungin dengan jalan kaki aja, soalnya deket banget dari Taman Literasi. Blok M Plaza juga bisa dijangkau dengan nyebrang jalan doang. Pokoknya banyak banget deh yang bisa lo lakuin di sini.

Satu hal lagi yang bikin tempat ini enak buat didatengin, adalah lokasinya yang deket sama stasiun MRT Blok M. Udah enak banget deh akses ke tempat ini.

Kurang lebih begitulah hasil eksplor santuy gue di Taman Literasi Martha Tiahahu Blok M. Saran gue, lo wajib datang ke sana dan ngerasain vibe-nya. 

 

Nah, buat lo yang suka sama cerita inspirasi begini, di MLDSPOT lo bisa mendapatkan cerita seru local greatness lain seputar produk, tempat, komunitas hingga people yang inspiring.

Bukan cuma itu, lo juga bisa dapetin rewards keren dengan jadi member dan ngumpulin MLDPOINTS lewat website MLDSPOT. Baca terus MLDSPOT buat mendapatkan info-info ter-update lainnya ya!

Comments
Ekayani Mahendra
Hunting foto seru sambil jajan
Fika Fauzunuri
Komunitas gue sering ngumpul di sini