Ngalup Coworking Space, Wadah Kreativitas Muda-mudi 4.0 Kota Malang - MLDSPOT

Ngalup Coworking Space, Wadah Kreativitas Muda-mudi 4.0 Kota Malang

Danton Prabawanto merupakan sosok di balik kesuksesan Ngalup.Co dalam 3 tahun terakhir. Ngalup.Co dibentuk pada 2016, tepatnya saat perkembangan startup di Malang mulai berjalan dengan program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Sesuai dengan kemunculan program tersebut, pada awal kemunculannya, Ngalup.Co didedikasikan untuk mewadahi para startup baru di Kota Malang.

Pembangunan Ngalup.Co nggak dilakukan secara asal, coworking space ini punya visi dan misi tersendiri. Visinya adalah menjadi pusat ekosistem bisnis bisnis kreatif di Malang Raya dengan misi mengedukasi, memfasilitasi, serta menjadi jembatan kolaborasi bagi stakeholder se-Malang Raya. Untuk menyukseskan visi dan misinya, Ngalup.Co memiliki target pasar yang diharapkan dapat bersinergi dan menghasilkan dampak yang positif, yakni para akademisi, pemerintah, perusahaan, hingga para komunitas.

 

Fasilitas Kerja di Gedung Ngalup.Co

Kalau kerja di Ngalup.Co, lo bakal dapetin fasilitas seperti di kantor pada umumnya. Ada tiga ruangan yg disediakan, salah satunya coworking space atau ruang kerja bersama untuk para startup dan freelance dengan konsep open space. Di sini, lo nggak harus sewa satu ruangan, melainkan bisa sewa per meja! Tenang aja, meja ini bisa lo gunakan setiap hari, lengkap dengan fasilitas lainnya, seperti printer, scan, dan kebutuhan kantor lainnya.

 

Salah satu workshop melukis yang diadakan di Ngalup.Co

Ngalup.Co juga punya event hall dengan kapasitas 100 orang. Ruangan ini pas banget untuk kegiatan yang melibatkan banyak orang, seperti seminar, workshop, talkshow, dan lain sebagainya. Biasanya, ruangan ini dipakai untuk mengadakan kelas dan pelatihan, menggelar press conference, meluncurkan buku atau karya seni, hingga bincang-bincang santai para komunitas.

Selain coworking space dan event hall, Ngalup.Co juga punya meeting room yang terletak di lantai 2. Suasana ruangan ini dijamin bikin meeting terasa lebih santai. Gimana nggak, ruangan berkapasitas 30 orang ini dilapisi rumput sintetis dan dilengkapi dengan bean bag yang empuk. Walaupun kapasitasnya cukup besar, ruangan ini pas dan boleh banget dipakai untuk semua jenis pertemuan, baik meeting formal atau diskusi kecil yang santai.

 

Spirit yang Dibagi Ngalup.Co

Ngalup menawarkan keramahan kepada setiap tamu yang datang

Bro, selain bisa menikmati semua fasilitas yang disebutkan tadi, Ngalup.Co juga menawarkan keuntungan lainnya. Misalnya, dengan event yang digelar atau diikuti di sini, lo bisa dapat networking yang tentunya bermanfaat banget dalam perjalanan karier lo ke depannya. Kok bisa gitu, ya? Soalnya, Ngalup.Co punya tiga spirit, antara lain Collective, mengumpulkan seluruh stakeholder untuk datang ke Ngalup.Co; Connectivity, mengkoneksikan antar-stakeholder di Ngalup.Co; serta Collaboration, menciptakan kolaborasi antar-stakeholder.

 

Mengedukasi Lewat Beragam Event

 

Salah satu acara yang mengedukasi di Ngalup.Co

Ada beberapa kategori event yang pernah diselenggarakan oleh Ngalup.Co, antara lain bisnis, IT dan startup, desain, serta fotografi dan videografi. Event tersebut digelar secara gratis sebagai pemantik awal. Nah, setelah ikutan dan ingin memperdalam ilmu yang dipelajari di event tersebut, barulah peserta diarahkan untuk mengikuti event selanjutnya dengan cara berbayar. “Kami menjadikan event gratis untuk riset pasar, apakah event tersebut sesuai dengan kebutuhan banyak orang atau tidak,” jelas Andina Paramitha selaku direktur Ngalup.Co.

Lebih lanjut, Ngalup.Co juga mengedukasi warga Malang dengan menyelenggarakan event yang berhubungan dengan pengembangan diri. Event pengembangan diri ini cocok banget dan boleh dibilang dibutuhkan para millenials. Selain itu, Ngalup.Co juga menjadi jembatan kolaborasi bagi siapa saja yang membutuhkan koneksi, lho!

 

Menerima Penghargaan di Akhir 2019

Selalu ada yang seru di Ngalup.Co

Pada akhir tahun lalu, Ngalup.Co meraih Anugerah TIMES Indonesia 2019 dalam kategori Usaha Inspiratif. Penghargaan ini diberikan karena Ngalup.Co dinilai telah berhasil membangun ekosistem industri kreatif dan inovatif di Malang Raya. “Jujur kami tidak menyangka bahwa akan diberikan penghargaan dari Times Indonesia. Yang kami lakukan adalah tetap fokus untuk mencapai visi awal di tahun 2017, dan alhamdulillah sudah tercapai di akhir tahun 2019 lalu, ditutup dengan penghargaan dari Times Indonesia. Kami fokus untuk memberikan impact positif bagi teman-teman millenials di Kota Malang,” papar Andin.

 

Ngalup.Co di 2020

Tim Ngalup.co selalu siap menghidupkan suasana

Menjalani tahun 2020, tentu saja Ngalup.Co sudah punya goals. Mereka ingin tetap memfasilitasi para pebisnis untuk menumbuhkan skala bisnisnya dan mengedukasi masyarakat dengan memanfaatkan peluang bisnis yang ada. Ngalup.Co juga ingin tetap menjadi jembatan kolaborasi 5 pilar utama, yakni komunitas, pemerintah, akademisi, media, dan industri kreatif untuk saling menguatkan dan memberi manfaat.

Selain itu, Ngalup.Co juga ingin menciptakan inovasi produk dan pelayanan prima yang tepat untuk masyarakat melalui peran coworking space. Yang paling utama, Ngalup.Co juga ingin menjadi sumber inspirasi bagi ekosistem bisnis dan kreatif di Indonesia. “Untuk membuat tempat ini tetap hidup, kami tetap konsisten membuat program maupun event rutin setiap harinya. Kemudian mencari project event dari corporate besar maupun pemerintah pusat,” pungkas Andin.

Punya slogan dalam bahasa Malangan, yaitu bahasa dengan kata-kata yang dibalik, Ngalup.Co mengajak untuk ‘Westalah... Ngalup Ae!’. Jika diterjemahkan secara harafiah, slogan ini berarti ‘Sudahlah, pulang saja’. Namun, maksud sebenarnya dari slogan tersebut adalah ‘Sudahlah, ke Ngalup.Co saja!’.

 

Jadi, tunggu apalagi? Buat lo yang mau tahu keseruan di Ngalup.Co, bisa intip Instagram-nya di  @ngalup.co.