Kisah Owner Otello Gelatology Bawa Gelato Asli Italia ke Semarang - MLDSPOT

Kisah Owner Otello Gelatology Bawa Gelato Asli Italia ke Semarang

Urbaners, sebagai penduduk Indonesia, pasti lo udah ngerti, panas dan gerah menjadi hal biasa di negara tropis ini. Gelato bisa jadi pilihan yang tepat buat menyejukkan tubuh dan pikiran. Sedikit berbeda dari es krim, gelato punya porsi susu yang lebih banyak dan porsi krim dan telur yang lebih rendah.

Nah, Otello Gelatology Sorbetteria yang ada di Kota Semarang hadir buat menawarkan berbagai varian gelato dengan rasa lokal. Yuk, simak perjalanan Otello Gelato membawa ilmu pembuatan gelato dari Italia ke Kota Semarang!

 

Pertahankan Resep Italia, Kembangkan di Semarang

Otello Gelato, gerai gelato otentik di Kota Semarang

Pembukaan gerai gelato ini pada awalnya berawal dari ketidaksengajaan lho, Bro. Saat itu, Kartika Sulistiowati, mendapat tawaran untuk menjadi agen penjualan mesin pembuat gelato. Sebagai bagian edukasi, Kartika pun berangkat mempelajari cara pembuatan gelato langsung bersama sang master di Italia, tepatnya di Kota Bologna. Prinsipnya, bisnis ini nggak hanya menjual, tapi juga membekali pelakunya dengan pengetahuan. Kartika pun mengambil kursus singkat kelas advance.

Dari apa yang Kartika pelajari, ia menjadi sadar bahwa di Semarang, kota asal dan tempat tinggalnya, belum ada gelato yang dari segi tekstur maupun rasa benar-benar bagus. Muncullah keinginan untuk menghadirkan cita rasa gelato yang otentik di Kota Semarang.

Di samping itu, mesin demo yang ia miliki hanya digunakan ketika klien datang, jadi ada masanya ketika alat tersebut nggak beroperasi. Tentunya akan lebih menguntungkan kalau mesin ini bisa dimanfaatkan setiap harinya. Maka, setahun kemudian, yaitu pada tahun 2018, didirikanlah Otello Gelatology Sorbetarian. Pssst, nama Otello itu ternyata diambil dari nama penemu alat pembuat gelato otomatis pertama, yaitu Otello Cattabriga.

 

Andalkan Kekayaan Rasa dan Resep Asli Italia

Keistimewaan Otello Gelatology terletak pada kekayaan rasa dan tekstur yang dihasilkan dari resep asli Italia. Terdapat 24 rasa yang disajikan berganti-gantian setiap minggu. Rasa-rasa tersebut dibagi menjadi dua kategori, yakni classic dan premium. Rasa-rasa classic masih menjadi favorit banyak orang, seperti Chocolate, Vanilla, Coconut, Strawberry Milk, Oreo dan Rocky Road. Sementara itu, varian premium adalah rasa yang membutuhkan bahan-bahan khusus dan memiliki biaya produksi cukup tinggi. Sebut saja beberapa di antaranya adalah Ricotta, Hazelnut, Cassava & Cheese, Pistachio, Matcha, dan Chocolate Cashew.

Varian rasa premium di Otello Gelato

Otello memiliki komitmen untuk menyediakan satu rasa baru setiap bulannya. Berani bereksperimen dan nggak berhenti mengembangkan serta menciptakan resep baru menjadi kunci inovasi mereka. “Pilihan rasa gelato sebenarnya nggak terbatas, tergantung dari kreativitas kita masing-masing. Kalau customer suka, pasti kita pertahankan. Misalnya, kita punya rasa Spirulina yang biasanya keluar ketika cuaca lagi panas-panasnya,” jelas Kartika, sang CEO.

Selain Spirulina, bulan Februari lalu Otello juga merilis Rose Flavour Special Valentine. Bunga mawar yang digunakan sebagai bahan gelato ini didapatkan oleh Kartika usai berkunjung ke Istanbul, Turki. Penggunaan bunga mawar asli ini memberikan sensasi aroma dan rasa istimewa yang akan muncul ketika lo menikmati gelato.

Namun, Kartika mengakui bahwa ada kesulitan tersendiri ketika menyelaraskan cita rasa antara lidah Indonesia dan luar negeri. Orang Indonesia cenderung nggak suka terlalu manis. Sedangkan kadar kemanisan gelato di Italia bisa 1,5 hingga 2 kali lipat. “Karena itulah, kami coba mewujudkan rasa gelato dari berbagai produk makanan atau cemilan dalam negeri yang udah terkenal. Beberapa contoh rasanya adalah rujak, tape keju, dan tape ketan yang banyak diburu setiap weekend,” tambah Kartika. 

Otello Gelato memiliki 3 varian ukuran, yaitu large, medium dan small

Proses eksperimen rasa ini termasuk unik. Untuk menciptakan rasa rujak, semua elemen perlu dilibatkan guna memberi rasa yang nyata. Bahan-bahan seperti terasi, garam, bawang, bahkan cabai untuk membuat sambal rujak pun benar-benar harus diulek agar bisa diproses dalam satu mesin dan digiling bersama buah-buahan. Yang membuat rujak menjadi istimewa, akan ada pop up rasa dari berbagai elemen yang muncul di setiap sendokan gelato.

Otello nggak hanya menyediakan rasa manis dan asam, tapi juga berani menawarkan rasa savoury (gurih) pada gelato. “Kami pernah mengeluarkan menu Peanut Banana Bacon. Bacon-nya diganti smoked beef. Rasa yang pertama akan muncul adalah manis peanut banana, terakhir ngunyah potongan sprinkled smoked beef-nya,” ujar Kartika. Menu nyentrik ini adalah salah satu hasil racikan Kartika bersama chef andalannya yang banyak digemari anak muda.

 

Meluruskan Persepsi yang Salah

Banyak masyarakat yang menilai jika mengkonsumsi es ketika musim hujan bisa menyebabkan batuk, pilek dan flu. Namun, menurut Kartika, penggunaan bahan kimia dan artificial dalam bahanlah yang bisa memicu penyakit. Melalui produknya, Otello Gelatology juga ingin meluruskan persepsi masyarakat yang salah. Ia menjamin produk gelato Otello menggunakan 100% bahan alami yang aman dikonsumsi. Bahan dasar gelatonya pun diimpor langsung dari Italia menggunakan pengental/stabilizer alami dan buah-buahan segar. “Bahan yang kami gunakan jujur, tanpa ada pengawet sama sekali. Nggak bikin batuk. Flavour-nya jadi original dan fresh”, ungkap Kartika.

Otello Gelato menggunakan buah-buahan asli untuk produknya yang sehat dan segar

Selain itu, Otello Gelatology ingin bisa menaikkan kebiasaan makan gelato pada masyarakat. Dengan kandungan susu, buah segar, dan sekitar 200 kalori, lo bisa ngerasa kenyang meski cukup hanya dengan satu mangkok gelato, Bro!

 

Suasana Homey yang Asik buat Nongkrong

Gerai Otello Gelatology cukup luas dan terbagi menjadi area indoor dan outdoor dengan kapasitas hingga 50 orang. Tembok putihnya dihiasi jajaran foto yang menampilkan cerita. Mereka juga sering menggelar berbagai kegiatan seperti gelato class. Rak-rak kayu dan meja kursi kayu memberikan kesan raw, ditambah dengan sofa merah panjang yang nyaman mengingatkan lo akan rumah. Selain itu, ada juga kursi berwarna warni serta dekorasi unik yang memberikan sentuhan ceria. Desain interior yang santai ini bikin setiap pengunjung merasa betah buat berlama-lama menikmati gelatonya.

Interior gerai didominasi warna putih dengan sentuhan dekorasi berwarna ceria

Melihat kebutuhan dan permintaan masyarakat, Otello juga menyediakan beragam makanan berat, camilan, hingga varian kopi dan teh. Selain memiliki menu Sorbet, sebentar lagi Otello Gelatology Sorbetarian akan mengeluarkan produk gelato baru yang cocok untuk para vegetarian karena less sugar dan vegan-friendly.

Pasti udah mulai ngiler dan pengen cobain langsung kan, Bro? Datang aja langsung ke Otello Gelatology Sorbetteria di Jalan Setiabudi 115, Semarang. Cek juga akun Instagram-nya di @otellogelato!