Inspiring Places
Selasa, 06 April 2021

Rumah Baru Pesepeda: House of The Rising Sun

  • Share

Kalo dilihat kebelakang, tren sepeda di Indonesia jadi naik banget sejak tahun 2010-an gara-gara sepeda fixed gear atau yang dikenal dengan fixie. Hampir setiap minggu, jalanan Jakarta dipenuhi sama warna-warni frame fixie beserta aksesoris yang keren-keren banget. Penjualan sepeda pun semakin rame lagi, baik di toko maupun forum jual beli online.

Lalu, sekarang saat banyak orang udah mulai keranjingan sepedaan lagi, tipe-tipe pesepeda jadi makin banyak dan beragam. Ada yang suka bawa sepeda lipat, gowes mountain bike, road bike, atau yang masih setia sama fixie. Pastinya, skena sepeda jadi ramai banget.

Masalahnya cuma satu – belum ada tempat yang mampu mengumpulkan dan merangkul semua pesepeda dari berbagai kalangan. Coba, deh, bayangin, ada satu tempat di mana lo bisa liat-liat sepeda keren sambil nongkrong bareng temen dan kenalan sama pesepeda lainnya. Seru banget kan? Coba simak artikel ini – karena lo akan berkenalan dengan House of The Rising Sun, rumahnya para pesepeda!

Hub Pesepeda Jabodetabek Buat Senang-senang

House of The Rising Sun

Hal ini juga dirasakan sama empat orang teman dari skena sepeda fixie yaitu Arief, Mamad, Ditto, dan Gibran. Walau sempat terpencar ketika tren fixie mulai surut, tren sepeda yang meledak lagi setelah pandemi membawa mereka kembali berkumpul dan brainstorming apa yang bisa mereka bawa bagi skena sepeda?

“Gimana kalo kita buat toko sepeda yang bikin kita bisa ngumpul lagi, nih?” tanya Arief kepada ketiga rekannya. Dari situ tercetuslah ide untuk membuat House of The Rising Sun (HoTRS), sebuah toko yang juga menjadi hub untuk para pesepeda berkumpul dan bersenang-senang.

Berlokasi di Panglima Polim III, Melawai, bikin HoTRS cukup gampang diakses sama pesepeda dari wilayah Jabodetabek. Mengingat, para pesepeda zaman sekarang udah biasa melahap rute bersepeda puluhan kilometer atau bahkan ratusan kilometer.

Kata “house” yang berarti rumah melambangkan tujuan HoTRS untuk menjadi rumah bagi para pesepeda. Hal ini terasa dari suasana toko yang homey dan hangat, sampai furnitur di dalamnya bernuansa rumahan. Sedangkan, “the rising sun” mengacu pada tren sepeda di Indonesia yang seperti matahari, sempat tenggelam namun sudah terbit lagi.

Uniknya, ‘House of The Rising Sun’ juga merupakan judul lagu dari The Animals yang terputar di playlist ketika Arief dkk sedang brainstorming.

Mau Beli Ayo, Mau Nongkrong Juga Ayo

House of The Rising Sun

HoTRS ingin menjadi toko yang ramah dan tidak intimidatif bagi semua pesepeda. Hal ini menjadi penting buat mereka, mengingat banyak toko sepeda biasa yang tidak memiliki engagement dengan pelanggannya. Sehingga pelanggan pun sungkan untuk sekedar bertanya harga atau melihat-lihat saja.

Cara HoTRS memperlakukan konsumen sebagai “teman” ini lah yang membuat HoTRS punya kualitas spesial dari toko-toko sepeda lainnya. Buat yang masih belum terlalu paham tentang sepeda atau bingung memilih sepeda, staf HoTRS terbuka buat menjawab pertanyaan atau sekadar ngobrol-ngobrol.

Enggak heran kalo liat banyak pesepeda yang mampir kesini buat nongkrong dan ngobrol sama Arief, Ditto, Mamad, dan Gibran. “Kalau datang kesini nggak perlu langsung beli kok, mau ngobrol atau lihat-lihat dulu nggak masalah banget.” jelas Arief.

Tidak hanya menjual sepeda full bike hingga parts dan aksesoris, HoTRS juga memiliki jasa bengkel sepeda. Bengkel yang dioperasikan oleh dua montir handal ini melayani jasa servis untuk semua jenis sepeda.

Montir-montir di HoTRS tidak berasal dari toko sepeda konvensional, hal ini yang menyebabkan kinerjanya lebih fleksibel untuk menghadapi berbagai jenis sepeda. Selain itu, HoTRS juga memiliki berbagai koleksi merchandise mulai dari apparel hingga sticker yang desainnya menarik.

Layaknya sebuah rumah, toko ini ingin menjadi tempat yang hangat bagi para pesepeda yang menyediakan kebutuhan mereka mulai dari parts, service, hingga teman yang menyenangkan. Semuanya sudah tergambar melalui tagline: “Where the smile always shine.”

Semua hal yang dilakukan HoTRS untuk menciptakan toko yang nyaman bagi pesepeda bukanlah gimmick semata. Arief dkk. ingin menciptakan lingkungan yang positif dan menyenangkan di skena sepeda Indonesia. HoTRS adalah caranya untuk memberikan timbal balik kepada kultur  yang telah membesarkannya.

Kalau mau tahu lebih jauh seperti apa suasana di House of The Rising Sun, pastikan jangan ngelewatin MLDSPOT TV Season 7 Episode 1 ‘Merekam Kultur Sepeda’ di YouTube channel MLDSPOT TV. Subscribe juga YouTube channel MLDSPOT TV dan follow @mldspot di Instagram. Get yourself inspired by MLDSPOT.

Comments

Pesepedah makin asiik
harga gak bohong