Merawat Semangat Kolaborasi di Tengah Pandemi Ala Ageless Galaxy - MLDSPOT

Merawat Semangat Kolaborasi di Tengah Pandemi Ala Ageless Galaxy

Di tengah pandemi seperti sekarang, industri fesyen juga terasa dampak yang cukup berpengaruh. Misalnya tidak bisa bikin acara kayak fashion show, bazaar, atau marketplace, yang biasanya jadi ajang buat merek-merek baju untuk unjuk gigi dan jualan. Misalnya di Jakarta seperti Jakcloth, Brightspot Market, Wall of Fades, atau Pop Up Market yang tidak bisa membuat event offline karena pandemi ini.

Dari sini pun brand-brand fashion dan penyelenggara event memutar otak untuk bisa tetap bertahan selama pandemi. Selain jualan online, penyelenggara acara mulai dengan acara-acara berbasis virtual untuk tetap bisa mengajak fashion brand lokal untuk berjualan di acaranya. Belum lagi inovasi-inovasi dan kolaborasi yang dijalankan untuk tetap relevan dan survive selama pandemi.

Salah satunya adalah Ageless Galaxy, nih, bro. Ageless Galaxy adalah buah pemikiran dari dua co-founder-nya, Tamish Aswani dan Giorgi Krisno. Dihantam pandemi COVID-19 saat punya rencana-rencana besar untuk 2020, Ageless Galaxy tetap bisa bertahan dengan berbagai cara dan solusi kolaboratif dengan rekan-rekannya di industri fesyen dan kreatif.

 

Dari Agensi Kreatif Jadi Fashion Brand

ageless galaxy jadi inspiring product

 

Perjalanan terbentuknya Ageless Galaxy sendiri cukup beda, nih, bro, sama brand-brand fashion lainnya. Mengusung konsep yang kental dengan nuansa luar angkasa, konsep ini pertama kali dicetuskan oleh Tamish yang pada saat itu sedang mengerjakan tugas akhir untuk kuliahnya di Kanada. Ageless Galaxy sempat terkubur beberapa tahun karena Tamish didiagnosis menderita kanker stadium 4 yang membuatnya harus berobat.

Setelah sembuh, Tamish yang sebelumnya kembali ke Jakarta menemukan lagi konsep Ageless Galaxy yang lama ditinggalkan dan mengajak Giorgi yang merupakan teman lamanya untuk memulai lagi buah pemikirannya yang sempat tertinggal karena ia yang fokus sama kesehatannya. Namun, mereka membangun Ageless Galaxy bukan sebagai brand fashion di awal, tapi sebagai agensi kreatif dulu.

Tamish sudah punya klien pribadi masing-masing yang memberikan komisi untuk pekerjaan desain dan kreatif lainnya. Dari situ, ia dan Giorgi memutuskan bahwa Ageless Galaxy akan dibangun sebagai agensi kreatif dulu untuk menghimpun modal buat memproduksi pakaian.

“Untuk misalnya punya brand lo mesti ada produksi dan lain-lain, gue sama Tamish enggak ada duit sama sekali dan kita enggak mau ada investor sama sekali atau dari bank,” terang Giorgi.  Agensi kreatif Ageless Galaxy dimulai pada 2013 dan butuh dua tahun sampai akhirnya mereka merilis koleksi pertamanya di 2015 dengan nama POD Collection 001.

Lima tahun setelah koleksi pertamanya, Ageless Galaxy sudah mengeluarkan 12 koleksi utama yang selalu memasukkan unsur-unsur outer space inspired ala Ageless Galaxy ke dalam grafis-grafis di produk mereka. Belum lagi koleksi-koleksi kapsul dan kolaborasi dengan banyak kolaborator.

 

Rajin Kolaborasi Sebelum dan Saat Pandemi

ageless galaxy jadi inspiring product

 

Berkolaborasi bukan hal yang asing buat Ageless Galaxy. Sejak pertama kali berdiri, mereka menyadari pentingnya kolaborasi dengan pihak-pihak yang menurut mereka punya visi yang sejalan untuk menjaga relevansi Ageless Galaxy sebagai sebuah brand. “Dari sisi kolaborasi sendiri, kebanyakan karena kita kenal sama orang-orangnya and we find them very interesting, we just vibe up and the end of the day kita kayak let’s do something, gitu.”

Kolaborator Ageless Galaxy pun bukan cuma merek-merek fesyen dalam negeri, tapi juga luar negeri. Kategorinya pun juga bukan di industri fesyen aja, tapi juga di industri food & beverages sampai otomotif. Misalnya kolaborasi Ageless Galaxy bareng UNION Group dan Common Grounds; yang dua-duanya dirilis saat pandemi ini.

Dari sisi fesyennya sendiri, Ageless Galaxy udah berkolaborasi sama fashion brand internasional besar kayak Patta dari Belanda dan Pestle & Mortar Company dari Malaysia yang bukan cuma berhasil menarik perhatian pelanggan-pelanggan setianya di Indonesia, tapi juga di luar negeri.

Khususnya selama pandemi ini, mereka mengeluarkan beberapa inovasi untuk mengatasi terbatasnya ruang gerak selama pandemi. Misalnya yang paling ramai kemarin adalah live shopping bersama Adityalogy yang bertransformasi jadi live talks di IGTV bareng kolaborator-kolaborator Ageless Galaxy seperti ilustrator Dalek atau Benny Gold.

Pandemi ini juga enggak menghentikan salah satu rencana dan pencapaian mereka di 2020 yaitu membuka toko. Setelah sempat tertunda, September 2020 kemarin Ageless Galaxy membuka toko pertama mereka di Kemang, Jakarta Selatan. Dengan adanya toko, mereka menawarkan private shopping yang bisa di-booking melalui email.

Ke depannya Ageless Galaxy juga sudah dalam proses kolaborasi dengan brand besar lain yang ditargetkan rilis akhir tahun ini. Kemudian, rencana lain yang harus ditunda karena pandemi ini adalah melakukan roadshow dan buka pop-up store di kota-kota besar Indonesia. Mereka ingin bisa membangun koneksi dengan pelanggan di luar Jakarta dan juga brand-brand fashion di luar Jakarta untuk semakin memperluas jaringannya.

“Kita ngerasa kalau kita Jakarta banget, nih. Tapi, selain kita dari Jakarta kita juga dari Indonesia. Gue ngerasa there’s a bit of disconnect antara kita dari Jakarta sama brand-brand lain dari Bandung, Surabaya, Palembang, dan Makassar yang sebenernya banyak banget dan menarik juga.” Inilah yang melatarbelakangi keinginan Ageless Galaxy untuk ke luar dari Jakarta dan memperkenalkan brand-nya lebih luas.

“Kita pengin reach out aja ke mereka supaya kita bisa have more friends,” ujar Giorgi saat menjelaskan rencana roadshow yang mau mereka lakukan,” ujar Giorgi.

Gimana? Keren banget, kan, salah satu pionir local brand di Indonesia ini. Yakin, deh, pasti beberapa dari kalian udah pernah lihat bajunya Ageless Galaxy atau malah punya di lemari. Cerita soal Ageless Galaxy dari mulai berdiri sampai akhirnya mereka buka toko masih banyak bisa kalian temuin dalam episode MLDSPOT TV kali ini. MLDSPOT TV Season 6 #MauLagiDimanapun Episode 10 membahas tuntas Ageless Galaxy dan hadir dalam bentuk baru yang disesuaikan dengan situasi pandemi dan PSBB.

Ageless Galaxy juga berkesempatan ngasih tips untuk lo semua yang terinspirasi dan pengin mulai bikin brand fashion-nya sendiri nanti. Terlebih, gimana bisa bikin brand fashion yang sustainable untuk jangka waktu lama. So, pastiin buat nonton video Ageless Galaxy hanya di YouTube Channel MLDSPOT TV. Remember always Get Yourself Inspired with MLDSPOT TV!

Time Spent
4