Ngaku Movie Goers? Ini Dia Aplikasi Update Film Wajib buat Lo!

Perkembangan industri perfilman Indonesia bisa dibilang sedang mengalami kebangkitannya dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini antara lain ditandai dengan munculnya deretan film yang berhasil menembus festival-festival film internasional. Bahkan, ada pula beberapa film yang dibeli hak siarnya oleh perusahaan distributor film mancanegara.

Nggak berhenti sampai di situ, belakangan industri film kita juga didukung dengan kehadiran sebuah platform yang memudahkan siapa saja untuk memperkaya informasi seputar film-film terbaru. Entah seputar film apa yang sedang populer, sebanyak apa penontonnya, atau sebagus apa rating film tersebut, semua bisa lo peroleh cukup dengan satu aplikasi.

Yup, Cinepoint merupakan sebuah produk digital app yang secara berkala menyediakan update terkini seputar film-film box office lokal. Lebih tepatnya, lo bisa melihat sekaligus berkontribusi memberikan rating untuk semua film yang diputar di bioskop Tanah Air melalui aplikasi ini.

Kemunculan Cinepoint berawal dari akun Twitter @BicaraBoxOffice. Seiring berjalannya waktu, Sigit Prabowo selaku sosok admin di baliknya akhirnya terdorong untuk membuat platform yang lebih cocok dalam memenuhi kebutuhan informasi seputar film.

Menariknya lagi, Cinepoint ternyata menjadi satu-satunya aplikasi di Indonesia yang menyediakan data-data film secara lengkap dan komprehensif, baik untuk penikmat maupun pegiat film. Meski belum lama diluncurkan, aplikasi ini sekarang sudah memiliki hingga 30 ribu user. Sutradara seperti Joko Anwar pun kerap membahas seputar aplikasi ini di Twitter loh, Urbaners.

Founder Cinepoint sedang berbicara dengan host MLDSPOT TV di sebelah rak berisi film

 

Upaya Mendukung Ekosistem Perfilman yang Sustainable

Basically, cara kerja Cinepoint nggak jauh beda dengan situs atau aplikasi seperti Rotten Tomatoes, Metacritic, IMDb, dan Cinema Score. Aplikasi ini menggunakan mekanisme exit poll, yang masih banyak menjadi acuan untuk menilai kualitas film di Amerika Serikat.

Oh iya, mau meluruskan sedikit nih biar lo nggak salah kaprah, Urbaners. Exit poll secara garis besar bisa diartikan sebagai survei yang dilakukan segera setelah si pemilih meninggalkan tempat pemungutan suara. Dalam hal ini, tempat pemungutan suara yang dimaksud adalah bioskop tempat lo menonton. So, jangan heran kalau lo diminta untuk langsung memberi rating saat lo kelar menonton atau minimal nggak jauh dari lokasi bioskop, soalnya Cinepoint bakal langsung memindai posisi lo.

Tapi sebelum itu, pertama-tama lo akan diminta untuk registrasi dengan nomor HP dan verifikasi melalui SMS terlebih dahulu. Kemudian, masukkan nama bioskop tempat lo nonton beserta scan tiket. Selanjutnya, masukkan judul film yang lo tonton plus jamnya dan nomor tempat duduk. Terakhir, baru deh lo bisa menilai film yang lo tonton dengan memutar angka 1 sampai 10.

FYI, untuk setiap rating yang lo berikan, lo akan mendapat sejumlah poin dari Cinepoint. Untuk film Indonesia, lo akan memperoleh 7 poin. Sebaliknya untuk film luar, lo akan memperoleh 5 poin. Setiap minggunya, lo pun berkesempatan untuk mendapat hadiah dari aplikasi ini.

Biasanya, Cinepoint bakal memperbarui data box office charts di setiap minggu. Hasil yang ditampilkan ada yang lokal, internasional, dan ada juga yang gabungan, tergantung ketersediaan data. Terlepas dari itu, khusus untuk rating di minggu pertama penayangan film, data-datanya akan digabungkan menjadi Cinepoint Flash.

Overall, Cinepoint hadir sebagai aplikasi all-in-one yang menyediakan data jumlah penjualan tiket, trailer, jadwal tayang, daftar bioskop, hingga rating film. Namun demikian, semua data tersebut belum bisa didapat dari kerja sama dengan jaringan bioskop lokal, melainkan didapat dari materi press release maupun langsung dari produser film terkait.

Tampilan aplikasi Cinepoint di iPad

 

Last but not least, Sigit menyimpulkan pula bahwa data-data Cinepoint bisa menjadi sarana edukasi bagi masyarakat umum sekaligus membantu orang-orang untuk menentukan film yang ingin disaksikan. “Bagus juga buat filmmaker untuk mengundang investor,” tambahnya.

 

Gimana, sudah download Cinepoint di Google Play Store atau Apple App Store belum, Urbaners? Sambil download, tonton video pembahas kami selengkapnya bersama Sigit di MLDSPOT TV Season 5 episode 4 dengan tema “Cinema Society” di YouTube Channel MLDSPOT TV. Jangan lupa subscribe, and get yourself inspired!