Ngobrol sama Rei ‘Campess’ – Cerita Seru Campess Sebelum Berubah Jadi SSEMPAC - MLDSPOT

Ngobrol sama Rei ‘Campess’ – Cerita Seru Campess Sebelum Berubah Jadi SSEMPAC

Siapa yang nggak tahu drama perselisihan sepatu lokal Indonesia yang viral beberapa waktu lalu. Perdebatan waktu itu sempat membuat banyak persepsi bertebaran. Beberapa persepsi yang ada seperti:

“Padahal sama-sama local pride, tapi saling menjatuhkan”

“Yaudah lah ya, namanya juga bootleg, parodi – kenapa dia serius banget gitu sih?”

Berbagai persepsi senada dan seirama juga masih banyak lagi bro. Apakah lo mengikuti bagaimana Compass dan Campess bersaing? Memang sih seru banget – tapi pasti ada hikmahnya untuk kedua brand lokal tersebut.

Nah bicara soal originalitas, tim MLDSPOT sempat ngobrol nih sama Rei, perihal kemarin bisa debat sama Compass. Sebagai pemilik dari Campess sendiri, apa tanggapan Rei dengan masalah ini ya? Daripada menebak-nebak sendiri, simak obrolan kita sama Rei sampai habis ya!

Ngobrol Seru sama Rei – Cerita Awal Terciptanya Campess

Setelah perdebatan kemarin, apa yang mau diberikan oleh Campess setelah berganti nama jadi Ssempac? Simak keseruan ngobrol tim MLDSPOT dengan Rei disini, bro!

 

Percaya atau nggak – tim MLDSPOT memang tanya sama Fierreza Ramadhan Putra atau yang akrab disapa Rei ini perihal Campess dengan Compass kemarin itu, dan ternyata jawabannya cukup masuk akal; Rei bisa membuat Campess ini ternyata berdasarkan dari keresahannya yang kepengen punya sepatu merk lokal dengan harga yang terjangkau.

Semua bermula dari Rei yang nggak kedapetan produk Compass yang seri Pop Meets Pop atau yang biasa disebut PMP. Karena sepatu tersebut emang limited dan sekalinya ada, harganya pasti selangit. Kalo dibandingin sama harga retail nya, udah pasti kelewat jauh!

Maklum, saat itu, sepatu Compass seri ini memang lagi laris manis – baik untuk mereka yang mau pakai sendiri atau untuk consignment store lagi. Alhasil, harga resell nya jadi tinggi banget.

Dari keresahan Rei itulah muncul gagasan, kalau Rei ingin menciptakan brand lokal memang benar-benar sesuai dengan visi-misi yang ada – untuk publik lokal, untuk netizen Indonesia dengan harga yang sesuai, ketersediaan barang yang benar adanya. Maka dari itulah Campess hadir.

“Awalnya sih iseng-iseng saja, tapi ternyata iseng ini akhirnya berhadiah seperti ini – jadi ya yaudah gua gas seriusin aja sekalian!” Kata Rei. Dari iseng ternyata bisa inspiratif ya, bro!

Jadi Perbincangan Panas Di Skena Hypebeast Lokal

Setelah perdebatan kemarin, apa yang mau diberikan oleh Campess setelah berganti nama jadi Ssempac? Simak keseruan ngobrol tim MLDSPOT dengan Rei disini, bro!

 

Fenomena membuat brand parodi atau bootleg memang nggak cuma di Indonesia saja. Di luar sana – bahkan di skena hypebeast, parodi dan bootleg jadi bumbu menarik tersendiri di industri tersebut. Mungkin jadi lebih segar saja sih, persaingannya.

Namun nggak hanya Compass dan Campess saja yang berdebat. Di skena hypebeast, belum lama ini ada Nike yang menggugat Warren Lotas karena karyanya yang dinilai menjiplak desain dari salah satu seri di Nike SB Dunk Low.

Tapi momen tersebut jadi intrik tersendiri buat industri kreatif di mana originalitas memang dipertanyakan. Tapi biasanya, para pelaku parodi atau bootleg – punya cara tersendiri untuk tetap mempunyai originalitas.

Sama halnya eperti Campess – yang akhirnya di shutdown karena laporan dari Compass yang bertubi-tubi. Well, sepertinya hal ini bukan jadi masalah besar untuk Rei – karena akhir tahun 2020 – atau memasuki 2021 ini, Rei punya Kejutan, bro!

Epic Comeback Yang Ditunggu-tunggu

Perdebatan sama Compass kemarin pun nggak diambil pusing sama Rei. Meskipun HAKI dari brand Campess sudah diclaim oleh brand pesaingnya. Menurutnya, banyak sekali hal yang bisa diambil sebagai hikmah dari perselisihan itu. Jadi menurutnya, hal tersebut jadi bekal tersendiri buat karya mereka selanjutnya.

Setelah comeback dengan nama Ssempac – yang juga ternyata kebalikan dari nama Campess ini sudah diumumin di media sosialnya. pastinya para penggemar hypebeast lokal menyambut dengan baik dan menunggu banget perilisan karya Rei ini.

Rencananya, Ssempac bakal merilis sepatu barunya di awal tahun ini, bro. Sempat ada teaser juga di instagram pribadi milik Rei untuk outsole dari sepatu terbaru setelah re-branding ini. Kabarnya sih bakalan menggandeng beberapa influencer lokal – salah duanya Isser Whitey James dan Dr Tirta.

Yang jelas, pasti lo penasaran kan sama sepatunya nanti bakal kayak apa? bakal kayak apa ya sillhouette sneakers epic comeback nya Ssempac ini? Apakah akan parodi dari brand-brand lain atau perdana meluncurkan desain terbarunya? Atau mungkin malah kolabs sama MLDSPOT? Tungguin aja ya, bro!

Time Spent
4