• Movie
  • Surat Dari Praha Masuk Seleksi Nominasi Oscar

Surat Dari Praha Masuk Seleksi Nominasi Oscar

Fri, 07 October 2016

Academy Awards ke 89 memang masih diadakan tahun depan. Namun gaungnya sudah terasa mulai sekarang, khususnya Indonesia. Bagaimana tidak, Indonesia, melalui Persatuan Perusahaan Film Indonesia, memilih satu film untuk bisa diseleksi dalam nominasi Academy Awards atau sering disebut sebagai Piala Oscar. Adalah Surat Dari Praha yang masuk dalam tahap kategori Best Non-English Language Feature Film.

 

Dipilih langsung dengan regulasi ketat

Film Surat Dari Praha akan dikirimkan untuk masuk dalam tahap seleksi nominasi Academy Awards ke 89 mendatang. Pemilihan film ini bukan main-main. Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) mendaulat Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) untuk bekerja sama menjaring kontestan dari Indonesia. Bahkan, setiap proses yang dilakukan PPFI untuk memilih film terbaik diatur dalam peraturan yang dibuat oleh AMPAS.

Penilaian film harus dilakukan dengan obyektif, adil, dan berwibawa. Hal ini demi kepentingan bersama semua orang yang terlibat di dunia perfilman Indonesia dan mencapai kesepakatan yang mufakat.

 

Bukan pemilihan sembarangan

Dalam memilih, tim komite seleksi pun tak sembarangan. Tidak boleh ada anggota tim yang menjadi bagian dalam film yang dinominasikan. Tim yang beranggotakan aktor Reza Rahadian, sutradara Benni Setiawan, produser film Arnold J. Limansnax, Firman Bintang, Manoj Punjabi, Sheila Timothy, dan Zairin Zain, penulis naskah Musfar Yasin, pengarah fotografi Roy Lolang dan Yudi Datau, serta pengarah musik Thoersi Ageswara akhirnya sepakat memilih Surat dari Praha untuk mengikuti seleksi nominasi Academy Awards ke 89 mendatang.

Disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko, film ini berkisah tentang masyarakat Indonesia yang menjadi korban pengasingan di Praha, yang saat ini merupakan bagian dari Republik Ceko, pada tahun 1965. Presiden Soeharto yang saat itu berkuasa memberikan dua pilihan kepada mereka: tunduk dengan pemerintahan Soeharto atau mencabut kewarganegaraan mereka. Kisah ini dibalut dengan romantisme mendalam yang menyita perhatian khalayak ramai.

 

Lalu, apakah film Surat dari Praha berhasil menemukan jalan ke nominasi Academy Awards ke 89 nanti? Akankah publik internasional menerima film ini sebagai pemenang? Let’s cross our finger.

 

Source: suaramerdeka.com, jakartapost.com

Rekomendasi 4 Film Indonesia yang Rilis di Bulan Februari

Monday, February 17, 2020 - 17:23
Poster dari film Sebelum Iblis Menjemput: Ayat 2

Di bulan Februari ini terdapat cukup banyak film keren yang akan dirilis. Nggak hanya film dari luar negeri saja, di bulan ini ada sejumlah film Indonesia yang menarik untuk ditonton. Ingin tahu apa saja rekomendasi film Indonesia yang wajib ditonton di bulan ini? Yuk, cari tahu di bawah ini.

Milea: Suara dari Dilan

Karakter Dilan membonceng Milea saat naik motor

Film yang satu ini pastinya sudah sangat dinantikan oleh penggemar film romantis. Film yang diarahkan oleh Pidi Baiq dan Fajar Bustomi ini diperkirakan akan menjadi salah satu film paling laris di Indonesia di tahun 2020 ini. Apalagi jika melihat fakta bahwa dua film sebelumnya yaitu “Dilan 1990” yang dirilis tahun 2018 lalu ditonton hingga 6 juta orang. Film keduanya “Dilan 1991” yang dirilis pada tahun 2019 lalu mendapat penonton hingga 5 juta orang. Di film “Milea: Suara dari Dilan” akan kembali diceritakan seperti apa manis pahit hubungan dari Dilan dan Milea dari awal bertemu hingga berjuang untuk bisa bersama. Film yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla ini tayang pada 13 Februari.

 

Kajeng Kliwon

Selain film Milea: Suara dari Dilan, di tanggal 13 Februari juga dirilis film lain yang tidak kalah serunya yang berjudul “Kajeng Kliwon”. Meskipun dirilis menjelang Hari Valentine, tapi film ini merupakan film horor. Film ini bercerita tentang hubungan sepasang kekasih yang sedang mempersiapkan pernikahan. Namun, mereka tiba-tiba diganggu oleh makhluk mistis yang masuk ke dunia pada malam Kajeng Kliwon. Makhluk mistis itu disebut dengan Rangda dan terus mengancam kehidupan pasangan tersebut. Dibintangi oleh Amanda Manopo dan Chris Laurent, film ini juga diarahkan oleh sutradara Bambang Drias.

Toko Barang Mantan

Reza Rahadian dan Marsha Timothy berpose untuk poster film Toko Barang Mantan

“Toko Barang Mantan” merupakan film dengan genre komedi romantis yang pastinya cocok lo tonton bareng pasangan nih, Urbaners. Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris terkenal Indonesia seperti Reza Rahadian dan Marsha Timothy. Film ini mengisahkan tentang karakter Tristan yang berjuang ingin segera move on dari para mantannya. Salah satu cara yang dilakukannya untuk move on yaitu dengan menjual barang yang ia dapatkan dari mantannya. Namun, kehadiran tokoh Laras yang ternyata adalah salah satu mantan Tristan akan membuat film ini menjadi lebih seru lagi. Penasaran dengan kisah mereka? Tunggu film ini di bioskop pada 20 Februari nanti.

Sebelum Iblis Menjemput: Ayat 2

Chelsea Islan dengan ekspresi terkejut saat melihat tangan iblis

Buat lo yang suka dengan film horor pastinya udah nggak asing lagi dengan film ini kan? “Sebelum Iblis Menjemput: Ayat 2” merupakan film lanjutan dari “Sebelum Iblis Menjemput” yang dirilis pada tahun 2018 lalu. Film Garapan dari sutradara kondang Timo Tjahjanto ini masih akan bercerita tentang kisah horor yang terus meneror karakter utama, Alfie. Diperankan oleh aktris cantik Chelsea Islan, film ini menjadi salah satu film horor yang nggak boleh dilewatkan. Penasaran dengan cerita kelanjutan dari Alfie? Jangan lewatkan film ini di bioskop pada 27 Februari mendatang.

Itulah rekomendasi 4 film Indonesia yang harus lo tonton di bulan Februari ini. Sudah memutuskan ingin menonton film apa?

 

 

Sources: trto.id, id.bookmyshow.com, pikiran-rakyat.com