Trending
Kamis, 23 Februari 2017

6 Film Musikal Indonesia Terbaik

  • Share
  • fb-share
6 Film Musikal Indonesia Terbaik

Film musikal kembali melebarkan sayapnya di puncak Box Office. Yang terbaru adalah La La Land.  Film yang dibintangi  Ryan Gosling dan Emma Stone menyabet 7 piala Golden Globe 2017 dan meraih nominasi 14 piala Oscar 2017. 

Di Indonesia, film musikal sudah ada sejak 1950-an. Berbeda dengan film konvensional, film musikal lebih sering dibintangi oleh musisi itu sendiri. Hebatnya, film musikal ini kerap membawa karier pemerannya kian berkibar terutama di dunia musik.

Berikut 7 film musikal terbaik Indonesia yang bisa Urbaners simak.

 

Tiga Dara

Dirilis pada 1957, film arahan sutradara Usmar Ismail ini melambungkan karier Chitra Dewi, Mieke Wijaya dan Indriati Iskak. Mengkisahkan percintaan gadis di era 50-an yang terkesan malu-malu, polos dan santun. Kemarahan sang nenek yang dijadikan candaan gadis-gadis belia itu memunculkan unsur komedi.

 

Kantata Takwa (2008)

Film ini bentuk protes dari seniman Indonesia atas ideologi pemerintah orde baru yang kerap menculik aktivis. Film ini mencapai klimaksnya ketika adegan eksekusi personel "Kantata" oleh pasukan bermasker. Seperti adegan Jockie Surjoprajogo tewas dipukuli di rumahnya, Setiawan Djodi tewas dibekap dengan bantal saat tidur, Sawung Jabo tewas ditembak di sebuah jalan buntu, dan Iwan Fals dieksekusi dengan dicabut giginya satu persatu.

 

Ini Kisah Tiga Dara

Film karya Nia Dinata ini diilhami dari film Tiga Dara milik Usmar Ismail. Shanty Paredes, Tara Basro, dan Tatyana Akman lebih menonjolkan nilai feminisme dalam kehidupan modern. Berbeda dengan film Tiga Dara yang kental nuansa era 50-an.

 

Generasi Biru (2009)

Film musikal ini mengungkap perjalanan karier bermusik Kaka, Bimbim, Ivanka, Ridho dan Abdee yang tergabung dalam grup SLANK. Sutradara Garin Nugroho menggambarkan perjuangan personel SLANK dalam melawan kekerasan hidup salah satunya Narkoba.

 

Biarkan Bintang Menari

Biarkan Bintang Menari adalah judul lagu yang dijadikan cerita film. Kisah persahabatan hingga dewasa. Persahabatan Grey (Ariyo Wahab) dan Neyna Neviana (Ladya Cheryl) terpisah hingga bertemu kembali di usia dewasa. Perbedaan lifestyle desa dan kota menjadi persahabatan ini harus dibangun dari awal.

 

Cahaya Kecil

Rocker Andy /Rif beradu akting dengan penyanyi muda Petra Sihombing. Film ini mengekspos kekecewaan anak (Gilang) kepada ayahnya (Arya) yang dipenjara karena narkoba. Gilang yang berhasil menjadi penyanyi terkenal tetap tak mengakui ayahnya. Hingga akhirnya lagu berjudul Cahaya Kecil membuat hubungan keduanya membaik.

 

 

Source: filmindonesia.or.id liputan6.com

Comments
RAHARDJO TEONOVI
Di Indonesia, film musikal sudah ada sejak 1950-an. Berbeda dengan film konvensional, film musikal lebih sering dibintangi oleh musisi itu sendiri. Hebatnya, film musikal ini kerap membawa karier pemerannya kian berkibar terutama di dunia musik.
Sarinah
Mantap boss