Trending
Rabu, 27 September 2017

Film Turah Wakili Indonesia di Piala Oscar 2018

  • Share
  • fb-share
Film Turah Wakili Indonesia di Piala Oscar 2018

Setiap tahun, Oscar memberi kesempatan bagi film berbahasa non-Inggris untuk memenangkan piala bergengsi mereka. Ratusan negara akan mengirimkan satu perwakilan film resmi, yang kemudian dipilih menjadi sekitar lima nominasi. Nah, sejak 1987, Indonesia ikut mengirimkan film ke Oscar. Tahun ini, Turah dipilih untuk mewakilkan Indonesia di ajang penghargaan paling bergengsi bagi insan film tersebut.

 

Dipilih dari Hasil Seleksi Ketat 130 Film

Pemilihan Turah sebagai perwakilan Indonesia di ajang Oscar bukannya tanpa alasan. Turah termasuk satu dari 130-an film yang diseleksi oleh komite bentukan Persatuan Produser Film Indonesia (PPFI). Christine hakim, salah satu anggota komite, mengatakan bahwa Turah dipilih karena memiliki karakter yang kuat.

Nggak cuma itu, pesan yang disampaikan oleh Turah pun sangat relevan dengan krisis kemanusiaan yang terjadi di dunia. Mengusung tema sosial, Turah dianggap sangat unggul dalam menceritakan krisis nilai-nilai moral melalui kejujuran dan kesederhanannya. Apalagi memang tema-tema seperti itulah yang biasanya diincar oleh Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS), penyelenggara Oscar yang menunjuk PPFI sebagai perwakilan di Indonesia.

 

Cerita Konflik Sosial di Kampung Tirang

Disutradarai oleh Wicaksono Wisnu Legowo, Turah bercerita tentang konflik sosial di Kampung Tirang, Tegalsari, Kota Tegal. Warga Kampung Tirang diceritakan sudah terlalu banyak mengalami kekalahan. Mereka bahkan bisa hidup karena bantuan juragan kaya raya bernama Darso dan Pakel. Tapi, perubahan mulai muncul berkat Turah dan Jadag. Mereka tidak takut untuk berontak dan mendorong warga Kampung Tirang untuk memperjuangkan kemenangan.

Film Turah dibawakan dalam Bahasa Jawa berlogat Tegal. Seluruh tokohnya diperankan oleh seniman teater asal kota tersebut, seperti Ubaidillah sebagai Turah, Slamet Ambari sebagai Jadag, Yono Daryono sebagai Karso, Rudi Iteng sebagai Pakel, Narti Diono sebagai Kanti, dan sebagainya.

 

Belum ada info resmi apakah Turah berhasil menembus nominasi Oscar tahun ini. Tapi pihak PPFI cukup optimis bahwa Turah bakal bisa menembus babak sepuluh besar. Kita doakan bareng-bareng ya, Urbaners!

 

 

Sources: cnnindonesia.com, jawapos.com

Comments
SRI YAYA ASTUTI
Dipilih dari Hasil Seleksi Ketat 130 Film
SAMSUL BAHRI
Cerita Konflik Sosial di Kampung Tirang