• Movie
  • 4 Sutradara Terbaik Indonesia dengan Segudang Prestasi Membanggakan

4 Sutradara Terbaik Indonesia dengan Segudang Prestasi Membanggakan

Fri, 24 January 2020
Mouly Surya saat mengarahkan Marsha Timothy dalam film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak.

Film Indonesia saat ini memang udah nggak boleh dianggap sebelah mata lagi. Sudah banyak sekali film Indonesia yang terkenal sampai di luar negeri. Sebut saja seperti ‘Pengabdi Setan yang sampai diputar di beberapa negara mulai dari Thailand hingga Jepang. Kesuksesan film Indonesia tersebut tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain memiliki cerita yang menarik, akting apik dari para aktor dan aktris, sentuhan tangan dingin dari sutradara juga sangat menentukan kesuksesan suatu film.

Indonesia memiliki sejumlah sutradara terbaik yang telah menghasilkan karya-karya yang keren. Inilah empat sutradara Indonesia dengan prestasi mendunia yang perlu lo ketahui:

 

Joko Anwar

Joko Anwar selalu merilis film yang populer dan miliki jutaan penonton.

Nama Joko Anwar tentunya sudah nggak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sutradara yang satu ini telah merilis banyak karya terkenal seperti ‘Pengabdi Setan’, Janji Joni, Gundala dan yang terbaru adalah Perempuan Tanah Jahanam’. Joko Anwar memang paling jago membuat cerita horor yang mengerikan dan bisa mengguncang emosi penontonnya. Nggak heran jika film horornya seperti ‘Pengabdi Setan’ dan ‘Perempuan Tanah Jahanam’ selalu laris dan ditonton jutaan penonton.

 

Angga Dwimas Sasongko

Angga Dwimas Sasongko juga menjadi salah satu sutradara terbaik Indonesia yang perlu diketahui.

Sutradara yang satu ini juga memiliki pengaruh besar dalam industri perfilman Indonesia. Angga Dwimas Sasongko pun mulai dikenal dengan karya-karya suksesnya seperti ‘Surat dari Praha, Filosofi Kopi, Wiro Sableng 212 dan yang paling terbaru adalah ‘Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini yang sedang diperbincangkan. Sutradara berusia 35 tahun ini juga telah mengumpulkan banyak penghargaan mulai dari Piala Maya hingga Festival Film Bandung.

 

Hanung Bramantyo

Karya dari Hanung Bramantyo pastinya sudah dikenal oleh banyak orang Indonesia.

Hanung Bramantyo selalu memproduksi karya-karya film yang berkualitas dan populer. Misalnya saja ‘Jomblo’, ‘Get Married, Ayat-Ayat Cinta, Perahu Kertas,Kartini, Bumi Manusia dan yang paling terbaru adalah ‘Habibie & Ainun 3’. Suami dari Zaskia Adya Mecca ini juga telah memiliki banyak prestasi dan penghargaan. Ia pernah membawa pulang Piala Citra sebanyak dua kali dari filmnya ‘Brownies dan ‘Get Married’ sebagai Sutradara Terbaik.

 

Mouly Surya

Lewat film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak nama Mouly Surya mulai dikenal oleh banyak orang.

Sutradara yang satu ini mungkin masih cukup asing bagi lo kan Urbaners? Tapi saat mendengar karya filmnya pasti lo semua tahu. Mouly Surya adalah sutradara dari film ‘Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak’ yang terkenal. Lewat film ini nama Mouly Surya mulai diperhitungkan menjadi salah satu sutradara terbaik di Indonesia. Film yang satu ini juga sempat diputar di festival film internasional seperti Festival Film Cannes 2017. Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak juga meraih banyak penghargaan seperti Asian World Film Festival 2018.

 

Itulah empat sutradara terbaik dari Indonesia yang sudah membuat banyak karya-karya keren dan prestasi segudang. Siapa sutradara favorit lo Urbaners?

 

 

Sources: idntimes.com, keepo.me

6 Serial Kartun Dewasa Penuh dengan Dark Humour

Thu, 13 August 2020
Seorang pria memegang remote tv sambil memegang semangkuk snack

Siapa bilang kalau kartun hanya bisa ditonton anak kecil? Nyatanya, sekarang ini genre kartun semakin populer di kalangan orang dewasa. Ada yang menyukai kartun tipe anime, ada juga yang menyukai kartun yang penuh dengan dark humour. Nah buat lo penyuka dark humour, ini dia 6 serial kartun dengan penyampaian dark humour paling baik tanpa membuat penonton merasa nggak nyaman.

 

BoJack Horseman

Karakter kuda BoJack Horseman sedang memarahi dua orang wanita dan satu karakter ayam putih

Jangan tertipu dengan konsep karakter manusia dan binatang yang hidup berdampingan. Memang terlihat lucu, tapi lo juga akan mengikuti segala masalah yang timbul dari sifat narsis dan impulsif BoJack, seorang aktor yang sudah nggak terlalu populer. Lewat referensi pop culture serta isu-isu kesehatan mental yang dikemas dalam bentuk komedi, lo bisa tertawa dan merenung dalam waktu bersamaan sambil berpikir “Am I BoJack?”

 

Rick and Morty

Karakter Rick and Morty dalam pusaran hijau sedang menjelajah waktu

Salah satu komedi paling absurd yang pernah ada. Serial kartun ini menceritakan perjalanan waktu yang dilakukan oleh seorang ilmuwan alkoholik dengan cucunya yang naif. Jangan nonton serial kartun ini tanpa konteks, lo nggak akan paham karena banyaknya adegan-adegan imajinatif namun berkesinambungan kalau lo teliti lebih lanjut. Serial kartun ini memang dibuat untuk audiens dewasa karena mengusung komedi seputar existential crisis dan humor-humor jorok.

 

Futurama

Seorang pria dengan seorang wanita bermata satu dan satu robot dalam kartun Futurama

Satu lagi nih serial kartun yang mengangkat konsep perjalanan waktu. Kalau lo suka film sci-fi, bisa dipastikan lo akan menikmati serial kartun “Futurama”. Futurama bercerita tentang seorang pengantar pizza di tahun 2000 yang membeku dan baru bangun di tahun 3000.

Selain harus beradaptasi sebagai manusia “purba” dan bertemu dengan karakter-karakter manusia yang sudah menyerupai alien, lo akan melihat bagaimana manusia-manusia modern ini ternyata tetap saja melakukan kesalahan yang sudah pernah terjadi di tahun 2000. Futurama sukses menggabungkan unsur storytelling dengan komedi sebagai kritik sosial.

 

South Park

Empat karakter utama dari serial kartun South Park mengenakan pakaian dingin di tengah jalanan bersalju

Bertahan selama 20 tahun dan tetap dicintai penontonnya, “South Park” adalah contoh nyata dari serial kartun yang sukses sebagai modern satire. Tetapi, South Park juga seringkali tersandung kontroversi karena humornya yang dianggap terlalu offensive dan nggak cukup sensitif terhadap isu-isu nyata yang terjadi sekarang ini. Take it with a grain of salt, ikuti kisah Cartman, Kyle, Stan, dan Kenny yang suka ngomong kasar namun memiliki opini-opini anti mainstream soal pop culture dan selebriti Hollywood.

 

Family Guy

Griffin sedang di depan garasi

Serial kartun ini dibuat oleh Seth MacFarlane dan sudah beberapa kali mendapat nominasi Emmy Award. “Family Guy” khusus dibuat sebagai sindiran keras untuk orang-orang yang mengharapkan tontonan dengan pesan moral sesuai dengan nilai-nilai kekeluargaan di Amerika Serikat.

Melalui cerita sebuah keluarga disfungsional dengan dua anak remaja yang awkward, satu balita yang jahat dan jenius, dan satu anjing yang bisa berbicara dan bijak, lo bisa melihat komedi slapstick dan humor dewasa. Family Guy akan membawa lo ke perasaan antara lucu dan menjijikkan. 

 

Big Mouth

Seorang murid SMP di serial kartun Big Mouth bersama Hormone Monster miliknya

Setiap orang dewasa punya pengalaman puber yang memalukan, inilah konsep yang diangkat dalam serial kartun “Big Mouth”. Alasan mengapa serial kartun ini nggak cocok ditonton oleh anak kecil adalah karena humor seputar seks yang terlampau dewasa.

Dalam Big Mouth, lo akan melihat sekelompok murid SMP yang memasuki puber dan mulai penasaran dengan seksualitas mereka. Masing-masing memiliki Hormone Monster yang memberikan mereka arahan selama puber, walau sebetulnya arahan itulah yang menjerumuskan remaja-remaja ini ke jurang masalah.

 

 

 

Sources: IGN, Man of Many, Collider