Home Movie Kucumbu Tubuh Indahku Resmi Wakili Indonesia ke Oscar 2020
Pengumuman Film Kucumbu Tubuh Indahku yang Terpilih Sebagai Karya Anak Bangsa Lolos ke Ajang Oscar 2020.

Kucumbu Tubuh Indahku Resmi Wakili Indonesia ke Oscar 2020

Tuesday, September 24, 2019 - 14:05
Bagikan
Facebook Twitter Email

Industri perfilman Indonesia kembali mencuri perhatian dunia lewat Kucumbu Tubuh Indahku karya Garin Nugroho. Film karya anak bangsa ini diumumkan secara resmi bakal mewakili Indonesia ke Oscar 2020. Ajang bergengsi ini rencananya bakal digelar pada 9 Februari 2020 di Dolby Theatre Hollywood, Los Angeles. Lo bakal semakin bangga karena ini adalah satu-satunya film Indonesia yang bakal bersaing ketat dengan film-film berkualitas lainnya di ajang Oscar 2020.

 

Diboikot di Negeri Sendiri

Mengusung kesenian tari Lengger asli Banyumas, Jawa Tengah, film ini sempat menuai kontroversi karena dianggap sarat dukungan untuk LGBT. Pasalnya, pertunjukkan tari Lengger umumnya dibawakan oleh pria yang menampilkan gerakan gemulai dan berlenggok seperti halnya wanita. Nggak tanggung-tanggung, beberapa bioskop di kota Depok, Pontianak, dan Kubu Raya dilarang menayangkan film yang dibintangi oleh Muhammad Khan dan Sujiwo Tejo ini.

 

Film Layar Lebar yang Kental dengan Pesan Moral

Dua Pemain Film Kucumbu Tubuh Indahku Mencontohkan Gerakan Tari Lengger

Film Kucumbu Tubuh Indahku menampilkan sejumlah adegan percintaan yang unik, tetapi nggak terlalu vulgar. Nggak hanya memperkenalkan kehidupan penari Lengger, film yang resmi dirilis pada 18 April 2019 lalu ini juga punya pesan moral yang sangat kuat dan relevan dengan kehidupan masyarakat tanah air. Salah satunya hal-hal terkait kemunafikan di mana orang-orang yang merasa beriman boleh menyingkirkan hak dari orang-orang yang dianggap nggak bermoral di bumi milik Tuhan.

 

Siap Bersaing Ketat di Kategori International Feature Film

Gelaran Oscar 2020 menghadirkan kategori baru, yaitu International Feature Film. Dulunya, ini adalah kategori Best Foreign Language Film. Film Kucumbu Tubuh Indahku nantinya bakal bersaing ketat dengan film-film lainnya di kategori tersebut. Termasuk film kontroversi Parasite dari Korea Selatan dan film asli Jepang berjudul Weathering with You. Sebelumnya, film-film ini sudah lebih dulu bersaing di negara asalnya untuk bisa mewakili ke ajang Oscar 2020.

 

Sudah Meraih Banyak Penghargaan Internasional

Garin Nugroho Saat Pemutaran Film Kucumbu Tubuh Indahku di Festival Film Internasional Venezia

Kalau lo belum tahu, sebenarnya Kucumbu Tubuh Indahku sudah banyak meraih penghargaan internasional. Film ini bahkan sudah ditayangkan di lebih dari 30 festival film internasional. Termasuk di Festival Film Internasional Venezia ke-75. Dikenal oleh dunia dengan judul Memories of My Body, film Garin Nugroho ini sukses membawa piala Venice Independent Film Critic 2018, Film Terbaik di Festival Des 3 Continents 2018, serta Asia Pacific Screen Awards 2018.

 

Apakah Kucumbu Tubuh Indahku bakal sukses menembus persaingan ratusan negara di kompetisi Oscar 2020 nanti? Gimana menurut lo, Urbaners?

 

 

Sources: tirto.id, cnnindonesia.com