• Movie
  • Spiderman Far From Home, Babak Baru Marvel Cinematic Universe

Spiderman Far From Home, Babak Baru Marvel Cinematic Universe

Tue, 05 February 2019
Spiderman Far From Home, Babak Baru Marvel Cinematic Universe

Hayo, siapa yang belum nonton Spiderman Far From Home yang dianggap sebagai penutup epic phase 3 di Marvel Cinematic Universe? Film terbaru Marvel yang dirilis bulan Juli 2019 tersebut telah menjadi perbincangan banyak orang. Pasalnya, Spiderman Far From Home juga merupakan awal dari fase baru film-film di jajaran Marvel Cinematic Universe (MCU) yang akan datang.

 

Resensi Film Spiderman Far From Home

Spiderman: Far From Home dibuka dengan atmosfer kedukaan dunia akibat gugurnya Tony Stark—Sang Iron Man, saat peperangan besar melawan Thanos di Avengers: Endgame. Begitu pula yang dirasakan Peter Parker atau Spiderman, karena ia kehilangan sosok yang selama ini menjadi panutannya. Meski demikian, Peter tetap berusaha untuk terus menjalankan tugasnya membantu kepolisian New York untuk membasmi kejahatan.

Di tengah rutinitasnya tersebut, Peter dikisahkan mengikuti study tour ke Eropa bersama teman-teman sekolahnya. Di tengah kesedihannya, Peter memutuskan untuk tidak membawa kostum Spiderman-nya dan berniat untuk benar-benar berlibur selama di Eropa. Sayangnya, takdir berkata lain. Liburannya dirusak oleh bahaya yang mengancam Bumi.

Disutradarai oleh Jon Watts, Spiderman: Far From Home digadang-gadang sebagai film Marvel Cinematic Universe (MCU) yang akan menutup fase ini dan meletakkan landasan ke fase selanjutnya. Di film ini pula diperkenalkan tokoh-tokoh maupun villain baru yang sebelumnya belum muncul di MCU.

 

Alasan Urbaners Harus Nonton Spiderman Far From Home

Tentunya ada banyak alasan pribadi buat lo yang mau nonton Spiderman Far From Home. Namun secara umum, ada alasan tertentu yang bikin film Marvel terbaru ini wajib banget lo simak dari awal sampai akhir. Nah, buat lo yang udah penasaran banget, ini dia alasannya!

  • Singkapkan Kelanjutan Kisah Avengers: Endgame

    Mengetahui kelanjutan kisah Avengers: Endgame mungkin jadi alasan utama bagi banyak orang untuk menonton Spiderman Far From Home. Ya, Marvel memang meletakkan film ini sebagai penutup epic phase 3 MCU sekaligus menjadi fondasi baru bagi fase keempat yang akan datang. Bisa jadi, tanpa menonton film ini, lo bakal kebingungan saat menonton jajaran film MCU selanjutnya!

  • Ada Banyak Plot Twist yang Bikin Terkejut

    Sebagai landasan baru fase keempat di MCU, wajar jika lo bakal mendapatkan kejutan-kejutan dari banyaknya plot twist yang ada di film ini. Plot twist tersebut benar-benar tak terduga dan amat mengejutkan, sehingga membuka banyak peluang tentang kemungkinan baru di film-film MCU mendatang. Dijamin deh, lo bakal terkejut lihat plot twist tersebut, apalagi yang ada di bagian paling akhir, tepat setelah kredit diputar. Jangan sampai terlewat ya!

  • Kesempatan Menyaksikan Perkembangan Karakter Peter Parker

    Seperti yang lo lihat di film Spiderman sebelumnya, Peter masih punya karakter yang bisa dibilang masih cupu dan belum berkembang sebagai superhero Marvel. Nah, di film ini, lo berkesempatan untuk menyaksikan perkembangan karakter Peter dari yang masih sangat kekanakan, menjadi jauh lebih dewasa di akhir film.

    Tentunya, kedewasaan Peter tidak berkembang begitu saja tanpa adanya masalah. Kematian Tony Stark di Avengers: Endgame juga menjadi salah satu aspek penting yang mendewasakan Peter di film ini. Selain itu, teman-teman yang ada di sekitarnya juga memberikan dukungan penting untuk kedewasaan Peter sebagai seorang superhero.

  • Kemunculan Tokoh Baru Dari Jagad Marvel Ke Layar Lebar

    Bukan MCU namanya jika tak punya stok karakter untuk diangkat ke layar lebar. Nah, di Spiderman Far From Home, giliran Mysterio yang muncul sebagai lawan main Spiderman. Banyak spekulasi yang beredar terkait dengan kemunculan Mysterio di film ini. Apa pun dugaan penggemarnya, yang jelas MCU sudah menyiapkan kejutan-kejutan baru lewat hadirnya tokoh-tokoh anyar tersebut.

  • Ciamik Penggabungan Drama Romansa dan Aksi Superhero

    Seperti banyak film superhero lainnya, sisi romansa sang karakter utama selalu diberi porsi yang cukup. Namun yang membuat lo wajib menonton film ini adalah sisi romansa antara Peter dan ‘MJ’ tidak seperti film Spiderman versi jadul yang lo lihat dulu, sebab di sini ‘MJ’ bukanlah Mary Jane Watson, melainkan Michelle Jones. Dan yang lebih mengejutkan lagi, sebenarnya Michelle sudah tahu kalau Peter adalah Spiderman! Oleh sebab itu, perkembangan romansa mereka berdua benar-benar nggak boleh lo lewatkan disini.

 

Kelanjutan Spiderman Far From Home

Keseruan yang dihadirkan oleh Spiderman Far From Home memang sangat menarik, dari menit pertama hingga post credit diputar, wajar saja jika lo pasti terpukau di setiap adegannya. Lantas, bagaimana kelanjutan film ini nantinya? Pastinya lo sebagai penggemar MCU udah nggak sabar lagi kan ingin tahu?

Seperti halnya jajaran film dari Marvel Cinematic Universe, di akhir film setidaknya akan mengisahkan kelanjutan dari Spiderman di masa mendatang. Tak tanggung-tanggung, ada dua buah spoiler yang bisa lo saksikan sebagai inti dari permasalahan yang terjadi di masa mendatang.

Spoiler pertama yang Marvel tunjukkan, jelasnya langsung membuat terperangah para penggemar Spiderman. Marvel memperlihatkan kemunculan Jonah Jameson sebagai sosok seseorang yang tidak menyukai Spiderman, membuat penonton teringat akan film Spiderman lawas yang dibintangi Tobey Maguire. Spoiler ini dimulai dengan adegan yang mana Peter mengajak MJ bergelayutan di antara gedung-gedung tinggi di New York. Setelah puas berayun, mereka berdua akhirnya berhenti di sebuah trotoar, tepat di bawah billboard LCD besar yang beberapa saat kemudian memunculkan sebuah video.

Video tersebut memperlihatkan bagaimana Spiderman dengan sadis membunuh Mysterio. Setelah video diputar, Jameson yang adalah pemimpin redaksi situs berita Daily Bulge, mengumumkan bahwa Spiderman adalah sosok penjahat. Di video tersebut juga terlihat bahwa identitas Spiderman yang sesungguhnya terungkap!

Dari spoiler pertama saja sudah banyak kejutan yang menjadi tanda tanya penonton, namun masih dilanjutkan lagi dengan spoiler kedua. Pada spoiler kedua, terlihat adegan Nick Fury sedang berada di pesawat luar angkasa bersama bangsa Skrull. Ternyata, Nick dan Hill yang ada di Bumi sebenarnya adalah Talos—si pemimpin Skrull, dan istrinya.

Spoiler kedua ini mengajak penonton untuk berspekulasi apakah kelanjutan phase 4 MCU akan berhubungan dengan petualangan kosmik, sesuatu yang lebih besar dari Bumi? Jelas spoiler ini tak kalah menariknya sebagai pembuka phase 4 MCU ke depannya.

 

Film Marvel Cinematic Universe yang berkaitan dengan Spiderman Far From Home

Seperti yang Urbaners ketahui selama ini, masing-masing film superhero di MCU tidak pernah benar-benar berdiri sendiri. Tiap film memiliki hubungan dengan film lainnya. Lantas, kalau lo semua bertanya-tanya tentang film apa saja yang punya kaitan dengan Spiderman Far From Home ini, lo bisa cari tahu lebih dalam berikut ini.

  • Captain America: Civil War

    Tom Holland yang didapuk sebagai reinkarnasi Spiderman versi baru di MCU muncul pertama kali di Captain America: Civil War. Inilah kali pertama saat Tony Stark a.k.a Iron Man, meminta bantuan Spiderman untuk bertarung bersamanya. Meski hanya muncul dalam porsi yang tak terlalu banyak, namun film ini cukup mampu memperkenalkan Peter sebagai Spiderman dan menunjukkan bakatnya ke film Spiderman pertama milik MCU, Spiderman: Homecoming.

  • Spiderman: Homecoming

    Film ini merupakan penanda bahwa Spiderman menjadi salah satu karakter penting di jajaran MCU. Meski Spiderman sempat diperkenalkan secara singkat di Civil War, Homecoming difokuskan pada perkembangan awal Peter Parker sebagai Spiderman.

  • Avengers: Infinity War

    Peter mungkin tak menyangka jika di film ini dia menjadi bagian besar dari sebuah peperangan cosmic melawan Thanos. Bahu-membahu bersama Iron Man, Spiderman berjuang sekuat tenaga untuk melindungi Bumi. Film ini menjadi landasan untuk film Avengers: Endgame, yang mana Spiderman mendapatkan peran yang lebih besar lagi.

  • Avengers: Endgame

    Sebagai kelanjutan pertempuran melawan Thanos untuk mengembalikan penduduk Bumi yang lenyap, film ini jadi dasar penting pembentukan karakter Spiderman versi MCU di film Spiderman: Far From Home.

 

Nah, Urbaners udah makin paham kan tentang Spiderman: Far From Home ini? Buat lo yang udah pada nonton, nggak ada salahnya nonton lagi. Apalagi yang belum, lo mesti buru-buru nonton dan pantengin ini film. Selamat menikmati ya!

 

 

Sumber:

hot.detik.com/movie/d-4083339/yang-perlu-diketahui-tentang-spider-man-far-from-home
suryamalang.tribunnews.com/2019/05/08/sinopsis-film-spider-man-far-from-home-ungkap-kisah-peter-parker-setelah-avengers-endgame
tirto.id/sinopsis-spider-man-far-from-home-yang-tayang-3-juli-2019-edfZ

Baru dan Beda, Ini yang Harus Lo Tahu Soal Zack Snyder's Justice League

Fri, 07 August 2020
Superman, Wonder Woman, Batman, Cyborg, Flash, dan Aquaman berdiri di atas tanah berbatu

DC Universe tampaknya mulai bangkit, terlebih sejak kesuksesan film “Joker” yang membawa Joaquin Phoenix memenangkan piala Oscar. Muncul lagi kabar baik dari DC Universe yang mengumumkan bahwa film “Justice League” versi Zack Snyder akan dirilis tahun 2021 di platform streaming HBO Max. Nggak sabar rasanya melihat kembali aksi Superman dan kawan-kawan dalam film terbaru ini.

 

Beda dari Sebelumnya, Tanpa Reshoots

Para pemeran utama film Justice League tengah berpose berdampingan di panel Comic Con

Buat lo yang belum tahu, Zack Snyder adalah sutradara dari Justice League sebelum akhirnya digantikan oleh Joss Whedon. Meski seluruh proses syuting dan pengambilan gambar sudah rampung per Februari 2017, Joss Whedon dan Warner Bros mengubah sebagian besar dari film Justice League karya Zack Snyder di tahap post-production yang prosesnya memakan waktu cukup lama.

Apa saja yang nggak ditampilkan di film Justice League yang sudah dirilis? Well, cukup banyak. Zack Snyder mengungkapkan bahwa banyak sekali plot dan adegan yang mendukung jalan cerita dari masing-masing karakter, salah satunya seperti adegan flashback Cyborg sebelum kecelakaan yang menimpanya.

Nggak tanggung-tanggung, Justice League Zack Snyder’s Cut juga akan menampilkan sosok Superman dalam kostum hitam yang ikonik. Semua ini akan digabungkan tanpa proses reshoots sama sekali. Snyder telah mengumpulkan tim yang sama seperti saat produksi di tahun 2016-2017 untuk merombak film ini menjadi baru. Lo juga nggak akan melihat frame karya Joss Whedon di dalamnya. Jadi, ini benar-benar Justice League versi Zack Snyder, Bro!

 

Karakter-karakter Baru

Ryan Reynolds sebagai Green Lantern mengenakan topeng hijau dan kostum ketat hijau

Justice League versi Zack Synder juga akan lebih ramai karena memiliki tambahan karakter-karakter baru. Darkseid, salah satu penjahat paling kuat di DC Universe, akan muncul melawan para superheroes. Selain itu, Snyder juga merilis cuplikan adegan film yang menampilkan Atom, Martian Manhunter, dan Green Lantern.

Steppenwolf yang menjadi penjahat utama di film Justice League juga akan mengalami sedikit perubahan dalam bentuk kostum dan fisik. Snyder mengatakan bahwa ia berniat untuk membuat Steppenwolf dengan tampilan yang lebih klasik dan menyeramkan, sesuai dengan citra Steppenwolf sebagai makhluk kuno.

 

Durasi Panjang dengan Plot yang Lebih Dalam

Batman (Ben Affleck) dan Wonder Woman (Gal Gadot) berdampingan melihat musuh

Kritikan pedas yang diterima oleh film Justice League tahun 2017 adalah soal plot yang berantakan dan kurangnya konsistensi jalan cerita. Zack Snyder memastikan kalau Justice League garapannya akan mengupas cerita para superheroes ini dengan lebih dalam dan menjadikan filmnya lebih sinergis.

Belum ada kepastian mengenai nama resmi film garapan Zack Snyder ini. Namun yang jelas, Snyder nggak mau merilis “film pendek”. Bisa dipastikan Justice League versi miliknya akan berdurasi sekitar 3 jam, atau setidaknya 214 menit.

 

Dukungan Penuh dari Fans dan Aktor

Zack Snyder berbincang dengan Ben Affleck di belakang kamera

Film Justice League versi Zack Snyder sendiri diumumkan ketika acara nonton bareng melalui Zoom yang dihadiri oleh Zack Snyder, Deborah Snyder, dan Henry Cavill. Reaksi positif datang dari para netizen, terutama para fans DC yang merasa kecewa dengan hasil akhir film Justice League yang dirilis tahun 2017. Ini juga menjadi hadiah bagi para penggemar setelah sebelumnya tagar #ReleaseTheSnyderCut menjadi viral.

Aktor-aktor yang tergabung dalam proyek Justice League, mulai dari Henry Cavill, Jason Momoa, hingga Ben Affleck, ikut mendukung dan merayakan kabar baik ini melalui media sosial. Lo bisa melihat lebih banyak cuplikan film “Justice League Zack Snyder’s Cut” di acara virtual DC Fandome tanggal 22 Agustus 2020 mendatang.

 

 

 

 

Sources: Insider, CNET, Variety.