• Movie
  • Yang Patut Ditunggu dari Sundance Film Festival 2019

Yang Patut Ditunggu dari Sundance Film Festival 2019

Mon, 28 January 2019
Yang Patut Ditunggu dari Sundance Film Festival 2019

Setiap tahunnya di Utah, Amerika Serikat digelar Sundance Film Festival. Pada 2019, festival ini kembali digelar. Sundance selalu punya ciri sendiri dibandingkan festival lain semacam Golden Globes atau Oscar. Bukannya menyorot film-film dengan deretan nama pesohor keluaran production house besar, festival ini justru membuat film indie jadi topik bahasan utama.

Kira-kira bakal seperti apa pecahnya Sundance Film Festival tahun ini?

 

What to expect

What to expect

Sundance bukan soal penghargaan. Memang ada beberapa awards yang bakal diberikan, tapi bukan itu poin utamanya. Festival film ini menarik karena dijadikan ajang premier beberapa film baru. Nggak cuma itu, panitia Sundance juga membuka panel diskusi dengan narasumber terbaik yang memang sudah punya nama dalam industri perfilman dunia.

Buat premier film, ada deretan judul film yang dijadwalkan tayang perdana di Sundance Film Festival 2019 ini. Salah satunya adalah Leaving Neverland, dokumenter soal Michael Jackson yang dibilang kontroversial. Ada juga Honey Boy yang ditulis bintang Transformer Shia LaBeouf. Buat yang suka film horor, ada Velvet Buzzsaw dari Dan Gilroy.

 

Geliat film indie

Belakangan film indie memang makin berkembang. Genre yang dipilih pun makin variatif, jadi nggak kalah seru dari rilisan production house besar. Aktor-aktris kelas A Hollywood juga banyak yang “turun gunung” buat meramaikan skema film indie. Semuanya makin terasa di Sundance Film Festival tahun 2019 ini.

Tahun ini, Sundance nggak ubahnya seperti bursa transfer. Banyak film yang laku dijual ke produser besar semacam HBO Films atau bahkan A24. Bahkan film-film itu terjual hanya sesaat setelah screening pertamanya di Sundance Film Festival 2019. Apa saja filmnya?

 

Semua sold out

Semua sold out

Ada lebih dari ratusan film yang diputar di sepanjang jalannya Sundance Film Festival, entah itu premier atau sekadar jadi bahan diskusi panel. Hebatnya, hampir semua tiket buat pemutaran film-film tersebut  sudah laku terjual. Kesempatan buat ikutan screening pertama film baru jelas membuat publik tertarik.

Bukan cuma laku tiketnya, film-film yang sudah naik layar di Sundance ternyata juga “laku” dalam konteks lain. Kebanyakan film indie di Sundance tahun ini ternyata sudah dibeli label besar. Mulai dari Late Night karya Mindy Kaling hingga The Souvenir yang dibintangi Tilda Swinton, semua sudah laku terjual setelah pemutaran perdana di Sundance.

Kalau Urbaners, mana nih film yang paling ditunggu di Sundance Film Festival 2019?

 

 

Source: The Wrap, Vox, The Atlantic

Ini 7 Alasan Menarik Kenapa Lo Harus Nonton Dark di Netflix

Thu, 03 September 2020
Deretan alasan buat lo nonton series Dark

Kalau cuma dibaca dari sinopsisnya saja, mungkin series Dark di Netflix tidak akan mencuri perhatian lo. Secara visual dari poster yang ada, Dark di interpretasi sebagai series yang cenderung bergenre misteri dan mistis.

Tapi percaya atau tidak, ini jauh berbeda dari ekspektasi di atas. Buat lo yang suka dengan series Netflix sebelumnya seperti Stranger Things, Dark adalah salah satu series yang kurang lebih – premisnya mirip dengan series tersebut.

Eits, ini bukan spoiler ya. Alih-alih memberitahukan lo ada apa saja di series Dark ini, di bahasan kali ini lo akan diberitahu kenapa lo mesti nonton series Dark ini. Penasaran? Daripada lo menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Karakter yang ‘Berisi’

alasan menarik buat nonton series Dark di Netflix

Credit Image: mariviu.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kurang lebih – premis yang ada di Dark mirip dengan yang ada di Stranger Things. Disebutkan ada sebuah kota kecil bernama Winden di Jerman dengan kejadian misterius ketika ada pembangunan pembangkit tenaga nuklir.

Kejadian misterius tersebut diiringi oleh sejumlah anak-anak dan remaja yang hilang. Di series Dark ini, kreatornya memberikan masing-masing latar belakang yang berbeda dengan kepribadian yang unik sehingga karakter di series Dark ini terasa lebih ‘berisi’.

 

Benang Merahnya ‘KUSUT’

alasan menarik buat nonton series Dark di Netflix

Credit Image: idntimes.com

Masih terkait dengan alasan pertama di atas, karena karakternya unik dan ‘berisi’ maka benang merah setiap series mesti diuraikan secara perlahan sehingga lo akan mendapatkan gambaran besarnya mau ke mana cerita dari Dark ini.

Lo akan dituntut untuk berpikir sedikit lebih kritis di mana di series ini terjadi time travel yang paralel. Makanya, buat lo yang suka nonton series sembari mikir ini ceritanya akan ke mana, Dark jadi rekomendasinya buat lo, nih!

 

Plot Twist Tidak Terduga

Ada yang bakal buat lo terheran-heran atau bahkan terkaget karena plot twist yang terjadi di series yang satu ini. Walau perlahan benang merah yang kusut bisa diurai, namun para penulis naskah Dark yaitu Baran bo Odar dan Jantje Friese sudah menyiapkan plot twist yang di luar dugaan lo.

Makanya, sebaiknya ketika lo mau memulai menonton atau mengikuti series ini, disarankan lo tidak perlu memiliki ekspekstasi apapun walau sudah membaca sinopsisnya. Nikmati kemelut yang ada di series Dark ini.

 

Fiksi-Narasi Untuk Sejarah Manusia

alasan menarik buat nonton series Dark di Netflix

Credit Image: indiewire.com

Series Dark ini sedikit banyaknya menampilkan apa yang terjadi pada tahun 1987, 1954 sampai 1921 dan masih banyak lagi. Sejarah manusia dibalut dengan cerita fiksi yang menarik dan juga narasi yang tidak membosankan.

Perang, wabah, revolusi – jadi salah satu bagian warna dari series Dark ini. Oleh karena itu, dari hal-hal ini juga menjadi rekomendasi buat lo untuk nonton series yang satu ini.

 

Sisi Romance yang Kental

Biar semakin berwarna, ditambah dengan kepribadian masing-masing karakter yang unik – series Dark semakin lengkap dengan cerita-cerita percintaan di beberapa karakter di dalamnya. Namun, ada yang beda di soal percintaan di universe Dark.

Apa perbedaannya? Eits tidak mau spoiler, lebih baik lo nonton series ini secepatnya!

 

Silsilah Keluarga Super Ribet

Biar semakin kusut benang merahnya – hubungan keluarga di universe Dark ini juga ditampilkan seruwet mungkin. Hal ini terkait dengan berbagai momen di mana keluarga menjadi salah satu faktor betapa kusutnya benang merah yang ada.

 

Sinematografi dan Setting yang Oke

Ini sedikit teknis, sih – tapi lo mesti tahu kalau sinematografi dan setting di series Dark ini benar-benar dipikirkan dengan matang sehingga saat dieksekusi, semuanya jadi oke. Bahkan, series ini bisa dibilang setara dengan film sci-fi besutan orang-orang Hollywood.

Itu kenapa ada fakta menarik terkait biaya produksinya mencapai lebih dari 1 milyar. Semua hal yang ada, benar-benar diatur sedemikian rupa sehingga series ini begitu menarik untuk ditonton.

Nah, bagaimana nih? Dari segala penjelasan yang ada di atas – apakah lo semakin penasaran dengan series Dark ini? Daripada lo penasaran dan malah menebak-nebak sendiri sebenarnya Dark ini seperti apa, langsung saja temukan waktu senggang lo buat nonton series ini!

 

Feature Image – dw.com