• Movie
  • Yang Patut Ditunggu dari Sundance Film Festival 2019

Yang Patut Ditunggu dari Sundance Film Festival 2019

Mon, 28 January 2019
Yang Patut Ditunggu dari Sundance Film Festival 2019

Setiap tahunnya di Utah, Amerika Serikat digelar Sundance Film Festival. Pada 2019, festival ini kembali digelar. Sundance selalu punya ciri sendiri dibandingkan festival lain semacam Golden Globes atau Oscar. Bukannya menyorot film-film dengan deretan nama pesohor keluaran production house besar, festival ini justru membuat film indie jadi topik bahasan utama.

Kira-kira bakal seperti apa pecahnya Sundance Film Festival tahun ini?

 

What to expect

What to expect

Sundance bukan soal penghargaan. Memang ada beberapa awards yang bakal diberikan, tapi bukan itu poin utamanya. Festival film ini menarik karena dijadikan ajang premier beberapa film baru. Nggak cuma itu, panitia Sundance juga membuka panel diskusi dengan narasumber terbaik yang memang sudah punya nama dalam industri perfilman dunia.

Buat premier film, ada deretan judul film yang dijadwalkan tayang perdana di Sundance Film Festival 2019 ini. Salah satunya adalah Leaving Neverland, dokumenter soal Michael Jackson yang dibilang kontroversial. Ada juga Honey Boy yang ditulis bintang Transformer Shia LaBeouf. Buat yang suka film horor, ada Velvet Buzzsaw dari Dan Gilroy.

 

Geliat film indie

Belakangan film indie memang makin berkembang. Genre yang dipilih pun makin variatif, jadi nggak kalah seru dari rilisan production house besar. Aktor-aktris kelas A Hollywood juga banyak yang “turun gunung” buat meramaikan skema film indie. Semuanya makin terasa di Sundance Film Festival tahun 2019 ini.

Tahun ini, Sundance nggak ubahnya seperti bursa transfer. Banyak film yang laku dijual ke produser besar semacam HBO Films atau bahkan A24. Bahkan film-film itu terjual hanya sesaat setelah screening pertamanya di Sundance Film Festival 2019. Apa saja filmnya?

 

Semua sold out

Semua sold out

Ada lebih dari ratusan film yang diputar di sepanjang jalannya Sundance Film Festival, entah itu premier atau sekadar jadi bahan diskusi panel. Hebatnya, hampir semua tiket buat pemutaran film-film tersebut  sudah laku terjual. Kesempatan buat ikutan screening pertama film baru jelas membuat publik tertarik.

Bukan cuma laku tiketnya, film-film yang sudah naik layar di Sundance ternyata juga “laku” dalam konteks lain. Kebanyakan film indie di Sundance tahun ini ternyata sudah dibeli label besar. Mulai dari Late Night karya Mindy Kaling hingga The Souvenir yang dibintangi Tilda Swinton, semua sudah laku terjual setelah pemutaran perdana di Sundance.

Kalau Urbaners, mana nih film yang paling ditunggu di Sundance Film Festival 2019?

 

 

Source: The Wrap, Vox, The Atlantic

Tom Holland Dirumorkan Muncul di Venom 2

Tuesday, December 31, 2019 - 15:28
Tom Holland berperan sebagai Spider-Man dalam kostum merah-biru, berdiri di dekat kereta api

Berkat karakter Spider-Man yang dimainkannya, Tom Holland sukses menjadi salah satu fan favorite di Marvel Cinematic Universe (MCU). Untungnya Sony dan Marvel berhasil mencapai kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak, sehingga Spider-Man pun bakal tetap bisa muncul di film-film MCU berikutnya.

Tapi ternyata ada film lain yang rumornya juga bakal “didatangi” oleh Tom Holland, yaitu Venom 2. Saat ini, sekuel dari Venom tersebut memang sedang dalam masa produksi. Tom Holland dikabarkan bakal muncul sebagai cameo.

 

Bagian dari Kesepakatan Sony dan Marvel

Ilustrasi Spider-Man yang sedang melawan Venom. Tampak Venom sedang mencekik Spider-Man

Pada bulan Agustus 2019 lalu, Sony dan Marvel sempat mengalami konflik yang membuat fans Spider-Man cukup was-was. Mengingat pengembangan film Spider-Man versi 2012 dan 2014 yang dinilai kurang berhasil, Sony pun memutuskan buat “meminjamkan” Spider-Man kepada Marvel. Namun, karena isu pembagian keuntungan, deal tersebut pun sempat bermasalah.

Untungnya, sekitar dua bulan kemudian, telah dikonfirmasi bahwa Sony dan Marvel telah mencapai kesepakatan. Spider-Man pun bisa muncul di film-film Marvel berikutnya! Nah, sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, kabarnya Spider-Man bakal muncul di film Venom 2.

 

Masih dalam Tahap Awal Negosiasi

Dikutip dari situs Cinemags.co.id, kabarnya saat ini Tom Holland masih dalam tahap awal negosiasi untuk membahas kemunculannya di Venom 2. Jadi, belum bisa dipastikan 100% apakah pria asal Inggris tersebut bakal benar-benar menjadi cameo. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kemungkinannya cukup besar. Apalagi saat ini memang Venom 2 masih memasuki tahap produksi dalam pengerjaannya. Everything can happen!

 

Belum Pasti Tom Holland Bakal Muncul Seperti Apa

Tom Holland sebagai Spider-Man, dalam kostum merah-biru, berjongkok di dekat pesawat

Walaupun kemungkinan Tom Holland muncul di Venom 2 cukup besar, belum diketahui juga secara pasti bentuk kemunculannya. Maksudnya, sampai sekarang pun belum ada bocoran apakah Tom Holland bakal muncul sebagai Spider-Man atau justru tanpa kostum. Tapi sepertinya fans nggak terlalu memperhatikan hal tersebut. Selama Sony nggak melepaskan ikatan antara Spider-Man dan Venom, kemungkinan besar fans bakal tetap happy.

 

Bagaimana menurut lo, Urbaners? Apakah lo termasuk tim yang excited menunggu kehadiran Tom Holland di film Venom 2 nanti?

 

 

Sources: media.skyegrid.id, hai.grid.id, cinemags.co.id