• Music News
  • Dave Grohl Beri Clue Soal Album Baru Foo Fighters

Dave Grohl Beri Clue Soal Album Baru Foo Fighters

Thu, 14 May 2020
Personil lengkap Foo Fighters

Sepertinya tahun 2020 ini akan jadi tahun penuh kejutan untuk industri musik. #MumpungLagiDirumah saja, para musisi jadi lebih produktif berkarya, bahkan linimasa media sosial juga belakangan ini sering dikejutkan dengan kolaborasi yang nggak disangka-sangka. Sudah banyak rilisan-rilisan album baru walaupun kita belum memasuki paruh kedua tahun ini.

Dalam sebuah wawancara virtual, Dave Grohl juga mengejutkan para penggemar Foo Fighters, bahwa album ke-10 band ini sedang digarap dan punya nuansa yang benar-benar berbeda. Kalau lo juga salah satu dari sekian banyak penggemar band rock yang satu ini, lo harus siap-siap diberi suguhan karya yang disebut Grohl akan mengusung sentuhan musik yang sedikit berbeda dari yang sering dibawakan oleh Foo Fighters sebelumnya.

 

Lebih Fun untuk Didengarkan

Potret Dave Grohl dengan tampilan kasual andalannya

Sudah berkarya selama hampir 25 tahun dengan musik-musik rock dengan tone dark, akhirnya hadir juga tanda-tanda munculnya album baru setelah “Concrete and Gold” di tahun 2017. Karya yang akan menjadi album ke-10 Foo Fighters ini memang sedang digarap dengan sentuhan yang berbeda. Para personil mencoba lebih santai dan menghasilkan karya-karya yang rileks dan menyenangkan untuk didengar para penggemar.

Wawancara di Radio L. 98.7 menjadi tempat Grohl membocorkan beberapa info terkait album baru mereka ini. Grohl menjamin track-track yang digarap di album baru ini adalah lagu-lagu rock sing-along yang menyenangkan untuk dibawakan, apalagi di panggung-panggung konser. Dia sendiri mengaku nggak sabar untuk segera menyuguhkan karya ini ke para penggemar.

 

Bernuansa “David Bowie”

Dave Grohl terlihat bernyanyi penuh semangat di atas panggung

Clue paling besar yang diberikan Grohl adalah nuansa dance pada album baru Foo Fighters ini. Grohl bahkan menyebutkan album David Bowie “Let’s Dance” di tahun 1983 sebagai referensi yang paling mendekati dengan gaya musik di album terbaru mereka. Grohl dan personil Foo Fighters nampaknya benar-benar ingin bersenang-senang dengan album baru yang mereka garap ini.

Tapi Grohl juga menegaskan bahwa nuansa rock masih tetap terasa dan menyebutkan bahwa sekalipun lagu-lagu baru mereka nanti dapat membuat lo jadi ingin menari, namun dapat dipastikan alirannya nggak ke arah EDM atau disko. Foo Fighters sendiri merasa ini jadi proses rekaman dan penggarapan yang paling menyenangkan karena nuansa musik yang nggak biasa ini sendiri.

 

Belum Ada Nama dan Tanggal Rilis

Penampilan enerjik dari Foo Fighters dalam salah satu konsernya

Dalam wawancara di mana Dave Grohl membocorkan beberapa informasi terkait album baru Foo Fighters ini, Grohl belum dapat memastikan buat lo dan para penggemar lainnya soal tanggal rilisnya. Namun, satu hal yang dipastikan oleh Grohl sendiri yakni ada kemungkinan besar album ini akan dirilis di tahun ini. Jadi, tunggu saja, Bro!

Selain itu, untuk nama album yang diklaim akan jadi super fun ini juga belum benar-benar ditentukan oleh Foo Fighters sendiri. Masih banyak hal yang perlu disesuaikan lagi dengan album terbaru ini. Semoga saja segera ada bocoran lain terkait album ke-10 Foo Fighters ini, sehingga para penggemar nggak terus-terusan dibuat penasaran.

 

 

 

Sources: The Billboard, CNN Indonesia, Hai Grid

The Chainsmokers akan Jadi Host untuk Festival EDM Virtual Pertama

Fri, 29 May 2020
Salah satu penampilan panggung The Chainsmokers

Di tengah pandemi, banyak banget festival musik yang dibatalkan dan para musisi dengan kreatifnya menghadirkan konser virtual yang bisa lo nikmati #MumpungLagiDirumah saja. Konser virtual EDM yang diselenggarakan oleh Sirius XM ini diberi judul DisDance. Sekilas terdengar seperti “distance,” sesuai dengan kondisi terkini kita semua. Festival EDM virtual pertama ini dibawakan langsung oleh The Chainsmokers.

 

Akan Berlangsung Selama Tiga Hari

Andrew Taggart dan Alex Pall tersenyum ke kamera dalam salah satu panggung mereka

Keseruan dari festival virtual DisDance ini berlangsung selama tiga hari. SiriusXM secara eksklusif menunjuk Andrew Taggart dan Alex Pall dari The Chainsmokers untuk meramaikan festival EDM ini dari rumah mereka. Festival EDM ini berlangsung pada 22 hingga 24 Mei 2020 lalu. Disiarkan secara langsung dari saluran BPM milik SiriusXM.

Festival virtual ini sukses jadi obat rindu para pecinta musik EDM dan yang nggak bisa kemana-mana, apalagi seru-seruan di festival dalam waktu dekat. Apalagi set musik EDM dimainkan dalam waktu yang cukup panjang, yakni tiga hari di akhir pekan. Waktu yang tepat Bro buat bersenang-senang dan melepas penat sejenak.

 

Jadi Bentuk Support untuk Industri Musik

Penampilan spektakular The Chainsmokers dengan tembakan kembang api dari sisi panggung

Festival virtual ini juga dilengkapi dengan set eksklusif milik Avicii di tahun 2011. Sedikit banyak dapat mengobati para penggemar musisi dengan nama asli Tim Bergling yang meninggal di tahun 2018 lalu. Set yang dijadikan penghormatan pada musisi EDM yang satu ini disambut positif para penggemar musik EDM.

Nggak hanya itu, panggung EDM virtual ini juga akan menyumbangkan keuntungan serta sejumlah donasi bagi MusicCares. Tujuannya untuk dapat mendukung para pekerja di industri musik yang membutuhkan dan terdampak dari adanya pandemi ini. Apalagi mengingat nggak ada lagi konser dan festival yang diadakan, beberapa pekerja di industri musik juga ikut merugi tanpa ada pekerjaan selama pandemi.

 

Line Up Musisi EDM Terbaik

Alex Pall dan Andrew Taggart berpose dengan apparel serba hitam

Nggak hanya dibawakan oleh musisi EDM terbaik seperti The Chainsmokers saja, Bro. Festival EDM virtual yang sudah berlangsung ini diramaikan jejeran musisi EDM yang nggak kalah keren dan eksklusif pula. Termasuk juga musisi-musisi EDM dengan nama besar seperti Afrojack, Alesso, Armin van Buuren, Gryffin, Kaskade, Krewella, Kygo, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nggak lupa juga musisi EDM yang populer dan lagu-lagunya banyak jadi hits, seperti Major Lazer, Marshmello, Martin Garrix, Steve Aoki, juga Tiësto. Ada juga set ekslusif milik Avicii yang tadi sempat disebutkan di atas. Ini adalah penampilan Avicii dalam acara eksklusif milik SiriusXM di tahun 2011.

Kebayang ya betapa serunya festival EDM yang disiarkan dari set masing-masing line up musisi EDM ini. Tujuannya pun nggak semata-mata untuk menghibur lo yang ada di rumah atau mengobati kerinduan lo akan ramainya suasana festival EDM. Tetapi sekaligus juga membantu dan memberi kontribusi berarti di tengah pandemi yang sedang berlangsung ini.

 

 

 

Sources: The Billboard, TicketNews, SiriusXm