• Music Profile
  • Jevin Julian: Dari Tidak Rencana, Jadi Punya Banyak Rencana

Jevin Julian: Dari Tidak Rencana, Jadi Punya Banyak Rencana

Wed, 12 February 2020
Jevin Julian

Jevin Julian punya banyak title yang mengikutinya; mulai dari seorang beatboxer hingga produser musik. Di 2019 lalu dan akan dilanjutkan di tahun 2020 ini, ia juga bisa dibilang sebagai seorang penyanyi.

Album self-titled berisi sebelas lagu yang ia rilis di 2019, merupakan sebuah rencana yang tidak sengaja muncul. Awalnya, ketika asyik memproduksi berbagai macam single, ia disadarkan akan kuantitas karya yang makin banyak. Merangkumnya menjadi sebuah album, adalah hal yang dirasa perlu dilakukan untuk membuat karirnya tercatat.

Peran sebagai seorang penyanyi, bukanlah hal yang juga masuk ke dalam rencana. Awalnya, ia meminta Neonomora untuk menyanyikan komposisi yang ia ciptakan sebagai seorang produser musik. Bukannya memberi persetujuan, Neonomora malah menolaknya dan meminta Jevin untuk menyanyikannya langsung.

Dorongan itu membuat perjalanannya berubah bentuk. Dari orang di belakang layar, akhirnya ia keterusan untuk memainkan peran di depan; menjadi seorang performer.

Di debut album penuhnya, ada banyak jenis musik yang ia tampilkan lewat lagu-lagu di dalamnya.

Jevin Julian dan host MLDPODCAST berfoto di belakang meja yang berisikan cangkir dan donat

“Ya, ini perkenalan gue. Kayak nggak ada satu garis merah yang sama. Banyak banget macem-macemnya, colour-nya juga bermacam-macam. Cuma mau kasih tahu warna apa yang mungkin gue buat,” katanya menjelaskan materi yang ada di debut album itu.

Di MLDPODCAST Season 1 Episode 4, Jevin juga menceritakan rencana masa depannya. Tahun ini, ia punya rencana untuk menyelesaikan album keduanya. Setelah berkenalan, kini saatnya lebih fokus melakukan eksplorasi musik.

“Dengan gue bernyanyi, gue ingin menceritakan banyak banget lewat lagu-lagu gue. Lewat album di 2019 dan 2020 ini. Dan, itulah gue,” katanya.

The Panturas yang Selalu Bersenang-senang

Thursday, February 13, 2020 - 16:36
The Panturas berfoto di ruang MLDPODCAST yang penuh dengan poster musik

Perjalanan The Panturas makin hari, makin sip. Dari sudut Jatinangor, Jawa Barat, mereka mulai merambah banyak tempat di Indonesia. Pelayaran—itu istilah yang digunakan—makin luas dan penggemar makin menggurita.

The Panturas beranggotakan Acin pada vokal dan gitar, Kuya di drum, Rizal di gitar dan Gogon yang bermain bas. Di balik keriuhan yang sering ditampilkan, sesungguhnya empat orang personil The Panturas punya sisi introvert yang muncul ketika diajak berbincang-bincang dengan intensitas yang tinggi.

Mereka merilis karya “Mabuk Laut pada 2018. Itu merupakan rilisan kedua mereka bersama label asal Jakarta, Lamunai Records. Rilisan mereka, mini album “Fisherman’s Slut mencuri perhatian setelah dirilis dalam bentuk kaset.

Seluruh personel The Panturas sedang tertawa saat ngobrol di MLDPODCAST

Mereka cenderung tidak banyak omong, lebih memilih untuk berbicara dengan penampilan panggung dan karya yang berisik tapi menohok. Walau, kadang juga tidak menggunakan lirik. Tidak banyak band instrumental yang bisa membuat orang crowdsurf dan bersenang-senang.

The Panturas memainkan surf rock, genre yang tidak begitu populer tapi punya pengikut setia di Indonesia. Secara khusus, mereka juga mengaku terpengaruh oleh The Southern Beach Terror, band surf rock Indonesia asal Jogjakarta yang sudah tidak aktif bermain lagi.

“Kita nggak pernah nyangka The Panturas yang dibikin di teras doang bertiga, sekarang bisa sebesar ini,” kata mereka di salah satu bagian MLDPODCAST Season 1 Episode 3.

Acin berfoto dengan gaya menopang dagu bersama personel The Panturas lainnya

Pengaruh yang mereka sebar, dampaknya luas. Pergerakan penggemar bertambah dari hari ke hari. Dengan sendirinya juga, makin banyak orang yang dibuat bersenang-senang oleh musik yang mereka mainkan.

Perjalanannya masih jauh dari kata berhenti. Berbagai macam hal menyenangkan juga terus menerus mereka gelontorkan. Mengikuti jejak The Panturas di media sosial sungguh seru dan bisa jadi hiburan tersendiri. Bisa jadi, makin lama, mereka akan ada di mana-mana.

Time Spent
5