Trending
Rabu, 30 September 2015

Charleston Jazz Orchestra, Sang Maestro Orkestra

  • Share
  • fb-share
Charleston Jazz Orchestra, Sang Maestro Orkestra

Membuat pikiran tenang, hati tentram dan temponya yang lambat tapi mengena, mungkin hanya sebagian alasan musik Jazz digemari oleh banyak orang. Musik jazz sejatinya selalu diiringi oleh berbagai macam alat musik. Hal itu menimbulkan banyaknya orkestra yang bermunculan dan mulai mencoba untuk meraih mimpi kesuksesannya. Sekarang kita akan membahas tentang Charleston Jazz Orchestra, yang sudah malang melintang di dunia jazz sejak 6 tahun lalu.

Urbaners, Charleston Jazz Orchestra itu band orkestra yang terdiri dari berbagai macam aliran musik. Dan uniknya lagi, para anggota bandnya ini semuanya berasal dari Charleston, Carolina, Amerika Serikat. Grup musik yang biasanya disingkat dengan CJO ini sudah menempati tahunnya yang keenam. CJO merupakan band satu-satunya yang berhasil bertahan dengan anggota sebanyak itu, padahal nih Urbaners, mereka tinggal di kawasan terpencil yang tingkat ekonominya cukup rendah.

 

Didirikan oleh musisi terkenal

CJO ini didirikan pada tahun 2008 lalu dibawah naungan dari Charlton Singeleton, dimana doi merupakan musisi yang sudah mempunyai banyak penggemar. Hal ini dimanfaatkannya untuk mendirikan sebuah band orkestra. Ditahun yang ketujuh ini, CJO berhasil membuktikan kalau kebudayaan musik di Charleston ini bisa berhasil konser keluar kota dan tiketnya juga semuanya habis terjual di seluruh Amerika Serikat.

Sekarang, CJO nggak hanya bermain musik beraliran jazz, tapi juga bisa bermain berbagai macam aliran musik di seluruh dunia, kayak blues, swing, afro Cuban, pop, straight ahead, latin, the great American Songbook dan juga sacred. Maka dari itu, CJO sangat banyak disukai oleh seluruh kalangan masyarakat.

 

Dipromosikan oleh organisasi JAC

CJO ini diproduksi, dipersembahkan dan juga diatur oleh JAC (Jazz Artist of Charleston), dimana organisasi ini nggak mengambil keuntungan sama sekali dari kesuksesan CJO. Organisasi ini memang dikhususkan untuk mempromosikan musik-musik yang berasal dari Charleston, terutama untuk musik beraliran jazz.

Urbaners, band orchestra ini sudah sangat terkenal di Amerika karena organisasi JAC. Organisasi ini melakukan berbagai macm promosi untuk mempertahankan musik jazz dari Charleston dengan cara pertunjukan, acara khusus dan penjangkauan pendidikan. Mengingat jazz adalah musik asli asal Amerika yang juga jadi musik bersejarah bagi warga Charleston. Musik jazz ini sudah berhasil memberikan hasil yang signifikan buat eksport budaya selama 100 tahun terakhir. Charleston Jazz Orchestra merupakan band yang melanjutan tradisi musik dimulai sekitar satu setengah abad yang lalu di pantai Carolina Selatan.

Keren ya orchestra ini, mereka bisa bertahan dari ketatnya persaingan di dunia musik yang semakin hingar bingar ini.

Source: jazzartistofcharleston.org, worldnow.com, Charlestonscene.com

 

 

Comments
asrul firmansyah
Charleston jazz orchestra memang sudah sangat melegenda di dunia orchestra
SARI ASTUTI
Dipromosikan oleh organisasi JAC