Nasionalisme Barasuara

Fri, 08 January 2016

Musik Indonesia semakin berkembang pesat seiring dengan banyaknya musisi baru yang nggak kalah berbakatnya dari musisi yang sudah lama bergelut di kancah musik Indonesia. Pasalnya, ada salah satu band bernama Barasuara yang berciri khusus sehingga membuatnya terkenal. Berikut profile band Barasuara.

Barasuara, grup band yang beraliran musik indie ini terdiri dari 5 personil, di posisi vocal dipegang oleh Iga Massardi yang ngerangkap juga sebagai gitaris, lalu bassist ada Gerald Situmorang, Tj Kusuma di gitar, lalu vocal lagi ada Asteriska dan juga Marco Steffiano di drum. Band indie sudah banyak beredar di Indonesia, yang membedakan band ini yaitu lagunya yang mengusung semangat persatuan nasionalisme.

 

Lirik lagu berbahasa Indonesia baku

Pasalnya, lirik dari Barasuara ini semuanya Bahasa Indonesia yang masih baku. Hal inilah yang membuatnya berbeda dari band indie lainnya. Yang membuatnya semakin banyak pendengarnya karena adanya vokalis wanita yang membuat musiknya semakin enak untuk didengarkan. Dengan nada yang nge-beat berjudul Bahas Bahasa, Barasuara berhasil menggebrak dunia musik indie di Indonesia. Lagu lainnya, Barasuara juga membahas tentang peran seorang Ibu, berjudul Tarintih.

 

Tidak berharap terlalu tinggi

Band yang berasal dari Jakarta ini didirikan pada tahun 2011 dan sudah menandatangani kontrak dengan label bernama Self Release. Moto dari band ini ditengah badai band indie yang semakin banyak bermunculan yaitu hanya “datang, dengarkan dan nikmati” sehingga mereka nggak pengen terlalu berharap yang jauh untuk menjadi band indie yang langsung melejit di Indonesia, bahkan di Indonesia.

Untuk bisa berkiprah di dunia entertainment, para entertain iniharus menunjukkan ciri khas yang benar-benar beda. Hal ini untuk mempertahankan keunikan mereka dan semakin banyak orang yang mengenalinya, apalagi untuk entertainmen yang baru saja merilis suatu karya. Barasuara, meskipun grup band indie, tapi mereka sudah berani berkiprah dengan ciri khas yang bertolak belakang sebagai anak muda dan itulah yang akan membuatnya semakin populer.

 

Source: roi-radio.com, barasuara.files.wordpress.com

The Strokes Rilis Album Baru Setelah 7 Tahun

Thursday, February 20, 2020 - 14:47

Jika lo pencinta musik rock, terutama lagu-lagu dari The Strokes, nggak lama lagi lo akan bisa mendengarkan karya-karya baru mereka dalam album teranyar The New Abnormal. Band yang dibentuk sejak 1998 itu segera mengeluarkan album terbaru, dengan formasi lengkap Albert Hammond Jr, Fabrizo Moretti, Julian Casablancas, Nikolai Fraiture, dan Nick Valensi.

Album The New Abnormal

The Strokes mengumumkan tanggal rilis album pada acara kampanye Bernie Sanders di New Hampshire

Setelah tujuh tahun vakum, akhirnya album baru dari The Strokess dirilis dengan judul The New Abnormal. Frasa The New sendiri mengacu pada sesuatu yang baru, setelah sekian lama nggak ada album yang dikeluarkan. The New Abnormal merupakan album ke-6 milik band rock asal New York Amerika Serikat itu. Dalam momentum ini, The Strokes menyanyikan dua lagu yang ada pada album barunya.

Album The New Abnormal akan dirilis pada April mendatang. Pengumuman ini disampaikan Selasa 11 Februari lalu, tepatnya beberapa jam setelah menghadiri kampanye calon presiden Bernie Sanders di New Hampshire. Album The New Abnormal berisi sembilan lagu, diantaranya The Adults are Talking, Bad Decisions, At the Door, dan Why Are Sundays So Depressing.

Rilis Video Klip

Beberapa video klip dari lagu yang ada pada album The New Abnormal sudah bisa ditonton di kanal YouTube. Satu diantaranya adalah At the Door. Lagu ini menjadi satu diantara sekian lagu di dalam album yang dikerjakan di Shangri-La Studios, California. Lagu At the Door sendiri dirilis pada 14 Februari lalu, bertepatan dengan Hari Valentine. Lo akan merasakan tabuhan drum Fab Moretti yang benar-benar menghentak. Ini akan mengobati rasa kangen akan musik pop rock dengan suara drum yang menderu.

 

Kepastian Rilis Album

Kerinduan pada genre musik rock membuat The Strokes sudah berencana sejak tahun lalu untuk menelurkan album barunya. Tahun lalu, band yang digawangi Albert Hammond Jr, Fabrizo Moretti, Julian Casablancas, Nick Valensi, dan Nikolai Fraiture ini sudah memberikan pernyataan langsung tentang rencana peluncuran album baru. Bahkan di akhir 2019, band asal New York ini sempat menyanyikan The Adults Are Talking, salah satu lagu yang ada di album terbaru mereka.

Pada momen itu, Julian mengatakan bahwa tahun 2020 akan ada sebuah kejutan atau surprise untuk para fans. Ini membuat penggemar memiliki kepastian, setelah terdengar kabar burung sejak September 2019 tentang peluncuran album. Album ke-enam yang akan dirilis April mendatang akan melanjutkan diskografi setelah album Comedown Machine yang dirilis tujuh tahun lalu. The Strokes juga pernah merilis Future Present Past EP pada 2016, tapi dalam bentuk mini album yang hanya berisi empat lagu.

Setelah mendapat kepastian tentang tanggal rilis album ke-7 dari The Strokes, sudah siapkah untuk mendengarnya?

Source: Billboard, Kumparan, Matamatamusik