Home Music Nasionalisme Barasuara

Nasionalisme Barasuara

Friday, January 8, 2016 - 11:02
Bagikan
Facebook Twitter Email

Musik Indonesia semakin berkembang pesat seiring dengan banyaknya musisi baru yang nggak kalah berbakatnya dari musisi yang sudah lama bergelut di kancah musik Indonesia. Pasalnya, ada salah satu band bernama Barasuara yang berciri khusus sehingga membuatnya terkenal. Berikut profile band Barasuara.

Barasuara, grup band yang beraliran musik indie ini terdiri dari 5 personil, di posisi vocal dipegang oleh Iga Massardi yang ngerangkap juga sebagai gitaris, lalu bassist ada Gerald Situmorang, Tj Kusuma di gitar, lalu vocal lagi ada Asteriska dan juga Marco Steffiano di drum. Band indie sudah banyak beredar di Indonesia, yang membedakan band ini yaitu lagunya yang mengusung semangat persatuan nasionalisme.

 

Lirik lagu berbahasa Indonesia baku

Pasalnya, lirik dari Barasuara ini semuanya Bahasa Indonesia yang masih baku. Hal inilah yang membuatnya berbeda dari band indie lainnya. Yang membuatnya semakin banyak pendengarnya karena adanya vokalis wanita yang membuat musiknya semakin enak untuk didengarkan. Dengan nada yang nge-beat berjudul Bahas Bahasa, Barasuara berhasil menggebrak dunia musik indie di Indonesia. Lagu lainnya, Barasuara juga membahas tentang peran seorang Ibu, berjudul Tarintih.

 

Tidak berharap terlalu tinggi

Band yang berasal dari Jakarta ini didirikan pada tahun 2011 dan sudah menandatangani kontrak dengan label bernama Self Release. Moto dari band ini ditengah badai band indie yang semakin banyak bermunculan yaitu hanya “datang, dengarkan dan nikmati” sehingga mereka nggak pengen terlalu berharap yang jauh untuk menjadi band indie yang langsung melejit di Indonesia, bahkan di Indonesia.

Untuk bisa berkiprah di dunia entertainment, para entertain iniharus menunjukkan ciri khas yang benar-benar beda. Hal ini untuk mempertahankan keunikan mereka dan semakin banyak orang yang mengenalinya, apalagi untuk entertainmen yang baru saja merilis suatu karya. Barasuara, meskipun grup band indie, tapi mereka sudah berani berkiprah dengan ciri khas yang bertolak belakang sebagai anak muda dan itulah yang akan membuatnya semakin populer.

 

Source: roi-radio.com, barasuara.files.wordpress.com