Yang Patut Dikenang dari David Bowie

Mon, 18 January 2016

Dunia musik internasional sedang berduka, Urbaners. Pada tanggal 10 Januari 2016 lalu, musisi David Bowie menghembuskan napas terakhirnya setelah 18 bulan berjuang melawan penyakit kanker. Kabar kematiannya tersebut diumumkan melalui akun Facebook resmi David Bowie pada tanggal 11 Januari 2016. Sebagai bentuk tribute terhadap musisi fenomenal tersebut, berikut hal-hal yang bisa kamu kenang selagi mendengarkan kembali lagu-lagu David Bowie.

 

Lebih Dari 40 Tahun Menjadi Legenda

Nama David Bowie mulai dikenal oleh penikmat musik pada tahun 1962 melalui self-titled album debutnya, David Bowie. Sambutan yang hangat dari pecinta musik di seluruh dunia membuat Bowie kembali merilis album keduanya pada tahun 1972, yang diberi judul The Rise and Fall of Ziggy Stardust and the Spider from Mars. Banyak penggemar Bowie yang menyebut album tersebut sebagai album alien karena unsur campuran musik modern Inggris dan gaya Kabuki asal Jepang.

 

Berhasil Merilis 26 Album

Tahukah lo bahwa selama karirnya dalam dunia musik, Bowie udah merilis album sebanyak 26 buah? Produktif banget, bukan? Dua hari sebelum kematiannya, tepatnya pada tanggal 8 Januari 2016, Bowie merilis album terbarunya yang diberi judul Blackstar. Sayangnya, ia nggak sempat melakukan tur dan menikmati respon para penggemarnya karena kanker lebih dulu menggerogoti tubuhnya.

 

Space Oddity

Jangan ngaku fans berat Bowie kalau lo nggak pernah dengerin lagu satu ini. Space Oddity merupakan lagu pertama Bowie yang berhasil jadi hits di dunia musik internasional. Lagu ini bercerita tentang Major Tom, seorang karakter fiksi yang berprofesi sebagai astronot. Nggak cuma di Space Oddity, Bowie juga memunculkan karakter tersebut pada lagu-lagunya yang lain, termasuk dalam album Blackstar yang baru dirilis dua hari sebelum kematiannya.

 

Style Fashion Super Unik

Musik bukan menjadi satu-satunya hal yang membuat Bowie begitu menginspirasi, tapi juga gaya berpakaian yang ia kenakan. Memadukan unsur maskulin sekaligus feminin, Bowie nggak segan mengenakan gaun berlengan panjang dan sepasang sepatu boots pada cover album ketiganya. Pada kesempatan lain, Bowie terlihat mengenakan jumpsuit yang hanya menutupi salah satu lengan dan kakinya. Bener-bener unik banget!

Wajar aja kalau banyak orang merasa terpukul dengan kepergian Bowie. Melalui lagu-lagunya, ia selalu berusaha jujur untuk menunjukkan jati dirinya. Lirik-liriknya begitu relatable dengan kehidupan sehari-hari. Selamat jalan, David Bowie. May you rest in peace.

 

Source: buzzfeed.com, newsmax.com, selasar.com

Grup Musik Populer yang Akan Comeback di Tahun 2020

Tuesday, December 31, 2019 - 14:47
Personil My Chemical Romance berdiri berdampingan, masing-masing mengenakan jaket warna berbeda

Banyak momen seru yang terjadi pada industri musik global selama tahun 2019, mulai dari TikTok yang viral sampai berbagai lagu yang sukses pecahkan rekor Billboard. Sebagai music lovers, tentunya lo berharap tahun 2020 nanti bakal memberikan berbagai kejutan musik yang nggak kalah seru. Sepertinya harapan lo bakal terkabul, Urbaners, karena ada sejumlah grup musik ternama yang dikabarkan bakal comeback pada tahun 2020 nanti!

 

Pussycat Dolls

Para anggota Pussycat Dolls dalam kostum bertema warna hitam, putih, dan merah, di salah satu event

Rumor bahwa Pussycat Dolls bakal comeback tentunya nggak muncul begitu saja. Untuk pertama kalinya dalam 10 tahun, girlband asal Amerika ini tampil bersama di panggung. Mereka menjadi bintang tamu di acara X Factor yang tayang pada 30 November 2019 kemarin. Nggak cuma membawakan medley lagu-lagu hits mereka terdahulu, Pussycat Dolls juga menampilkan cuplikan lagu terbaru mereka, React. Karena penampilan di X Factor ini, banyak fans menebak kalau Pussycat Dolls bakal comeback pada 2020.

 

Fifth Harmony

Keempat anggota Fifth Harmony berdiri berdampingan di salah satu event

Grup musik jebolan X Factor ini memang belum terlalu lama hiatus, tepatnya pada tahun 2018 lalu. Hebatnya, sebelum vakum mereka tetap memutuskan buat jalan berempat sebagai grup setelah ditinggal oleh salah satu personilnya, Camila Cabello. Setelah vakum, masing-masing personil Fifth Harmony cukup sibuk dengan karya masing-masing. Namun, banyak yang memperkirakan bahwa mereka bakal comeback pada tahun 2020.

 

Fun

Tiga personil Fun, dalam kostum kemeja warna-warni

Masih ingat dengan lagu Some Nights yang dibawakan oleh Fun? Walaupun mungkin terkesan sebagai lagu one hit wonder karena setelahnya Fun seolah menghilang, sebetulnya Fun nggak pernah break-up. Fun adalah grup musik asal Amerika yang terdiri dari 3 anggota, yaitu Jack, Nate, dan Andrew. Memutuskan vakum sejak Februari 2015, Fun tetap memberi update kepada fans melalui website, bahwa mereka sedang mencoba untuk membuat karya baru. Siapa tahu bakal rilis pada 2020, kan?

 

My Chemical Romance

My Chemical Romance saat reuni manggung di Los Angeles, terlihat sang vokalis mengenakan kemeja hijau

Setelah 7 tahun, akhirnya My Chemical Romance (MCR) kembali tampil di atas panggung membawakan lagu-lagu hits mereka seperti Welcome to The Black Parade dan I’m Not Okay (I Promise). Reuni MCR ini diadakan di Los Angeles, California, pada 20 Desember 2019. Tahun depan, mereka juga sudah mengantongi jadwal manggung di 3 negara, yaitu Jepang, Australia, dan New Zealand. Banyak orang berspekulasi bahwa MCR bakal membuat album baru setelahnya.

 

Kalau memang 4 grup musik tersebut benar-benar bakal comeback, bisa dipastikan skena musik global jadi lebih seru. Dari deretan grup musik di atas, mana yang paling lo tunggu comeback-nya, Urbaners?

 

 

Sources: nme.com, huffingtonpost.co.uk, idntimes.com, loudersound.com