Home Music Musisi Papan Atas yang Berawal dari YouTube

Musisi Papan Atas yang Berawal dari YouTube

Wednesday, January 27, 2016 - 13:38
Bagikan
Facebook Twitter Email

Kehadiran media sosial sepertinya membawa banyak manfaat bagi manusia, ya, Urbaners. Selain sarana komunikasi, ia juga sukses mengubah nasib banyak orang berkat sifatnya yang viral. Coba inget-inget lagi, udah berapa artis yang menjadi terkenal sejak menunjukkan kemampuannya melalui media sosial? Salah satunya adalah Charlie Puth. Yuk, kenali profilnya lebih jauh dengan menyimak tulisan berikut ini.

 

Background Pendidikan Musik

Nggak mengherankan, sebetulnya, apabila Puth memiliki kemampuan musik yang oke. Sejak umur 12, ia udah bergabung dengan pertunjukan Summer Youth Jazz di Red Bank, New Jersey. Bahkan, selama mengenyam pendidikan SMA di Rumson-Fair Haven Regional High School, Puth bergabung dalam Manhattan School of Music Pre-College. Ketika kuliah, ia pun mengambil major pada bidang music production dan engineering di Berklee College of Music. 

 

Populer Berkat YouTube

Seperti yang disinggung sebelumnya, nama Puth mulai terkenal berkat video menyanyi yang ia upload ke YouTube. Ia memulai channel-nya tersebut pada tahun 2009. Dua tahun setelahnya, Puth berhasil memenangkan kompetisi video online yang disponsori oleh Perez Hilton. Pada tahun yang sama, ia dan rekannya yang bernama Emily Luther bergabung dengan label rekaman milik Ellen DeGeneres, yakni eleveneleven.

Karena hal tersebut, Puth dan Luther pun diundang sebagai bintang tamu di acara The Ellen DeGeneres Show pada tahun 2012. Mereka bahkan membawakan lagu cover dari Need You Now milik Lady Antebellum. Beberapa waktu setelah itu, Puth keluar dari eleveneleven setelah menandatangani kontrak dengan Atlantic Records. Ia pun diminta untuk menghapus album independennya yang berjudul The Otto Tunes (2010) dan Ego (2013) dari iTunes.

 

Merilis Album Studio Debut

Pada bulan Februari 2015, Puth merilis single debutnya berjudul Marvin Gaye, yang dibawakannya secara duet bersama Meghan Trainor. Lagu tersebut berhasil mendapat dua sertifikat platinum di Australia. Nama Puth makin melejit setelah ia berkolaborasi dengan Wiz Khalifa dalam lagu See You Again, yang menjadi tribute untuk almarhum Paul Walker sekaligus digunakan sebagai soundtrack dalam film Furious 7. Lagu tersebut berhasil menduduki peringkat pertama dalam tangga lagu Hot 100 selama 12 minggu.

Puth udah merilis sebuah EP berjudul Some Type of Love pada bulan Juni 2015 lalu. Sedangkan, album debutnya yang diberi nama Nine Track Mind bakal dirilis pada tanggal 29 Januari 2016 mendatang. Dalam salah satu lagu berjudul We Don’t Talk Anymore, Puth berduet dengan Selena Gomez. Jadi, pastikan lo nggak kelewatan untuk mendengarkan album perdana Puth tersebut, ya, Urbaners!

 

 

Source: en.wikipedia.org, hollywoodlife.com