Home Music Apa Yang Harus Lo Ketahui Tentang Festival South by Southwest (SXSW)?

Apa Yang Harus Lo Ketahui Tentang Festival South by Southwest (SXSW)?

Tuesday, March 15, 2016 - 17:40
Bagikan
Facebook Twitter Email

Pernah dengar festival tahunan South by Southwest atau biasa disingkat SXSW? SXSW adalah festival tahunan yang berisi konferensi film, media interaktif, dan musik yang selalu bertempat di Austin, Texas, Amerika Serikat, setiap bulan Maret. Yang bikin spesial dari festival ini adalah banyaknya film, musisi, serta startup yang pamer produk mereka. Lalu, apa yang harus lo tahu tentang festival SXSW ini?

10 Hari di Bulan Maret

Wajib lo paham, festival ini punya tiga konferensi berbeda, film, musik, dan media interaktif. Ketiganya akan saling berurutan hadir dalam 10 hari. Di tahun 2016 ini, SXSW akan dimulai pada tanggal 11-20 Maret 2016. Konferensi pertama adalah Media Interactive yang akan dimulai tanggal 11-15 Maret. Sedangkan Film akan hadir sejak tanggal 11-19. Konferensi musik sendiri baru ada dari tanggal 15-20 Maret.

 

Dibuka oleh Presiden Obama

Di konferensi Interactive, lo bakal nemuin banyak teknologi dari startup atau bahkan brand terkenal. Di tahun 2009 misalnya, Foursquare sempat launching di festival ini. Nah, tahun ini, bakal banyak teknologi wearable yang muncul di SXSW. Konferensi Interactive ini bakal di buka oleh Presiden Barrack Obama yang didampingi oleh Michele Obama. Selain itu, CEO dari Under Armour, Kevin Plank, juga bakal ngebahas tentang kesehatan melalui teknologi. Yang bikin penasaran nih, Sony bakal ngerilis konsep wearable terbaru yang lain dari yang lain.

Ada Slenderman

Lanjut ke konferensi film, ada banyak film-film keren yang bakal dipamerin. Setelah tahun lalu ada Furious 7 sampai film Steve Jobs: The Man in the Machine, di tahun ini bakalan banyak film-film keren. Salah satu di antaranya adalah film Beware the Slenderman yang diangkat dari urban legend terkenal tentang Slenderman. Selain itu, ada juga film Hardcore Henry yang diambil dengan latar kamera first person seakan lo yang jadi pemeran utamanya.

Ribuan pemusik dari seluruh dunia

Kalo masalah musik, lo bakalan puas. Pasalnya, SXSW Music adalah festival musik paling besar di dunia. Bayangin, di tahun 2014 lalu, ada lebih dari 2.000 penampilan sepanjang festival. Selain itu, banyak musisi yang memberikan contoh musik dan video mereka melalui channel Youtube mereka. Untuk tahun ini, ada Bill Nye yang bakal jadi keynote speaker. Yang unik, SXSW menyediakan ruangan kedap udara buat “nyepi”. Entah apa alasannya, tapi yang jelas itu ada.

Lengkap banget kan? Lo bisa party sepuas-puasnya sambil nambah pengalaman unik dan seru. Jadi, buruan berangkat gih biar nggak ketinggalan apa yang pengen lo lihat.

 

Source:
sxsw.com
wareable.com
en.wikipedia.com