Trending
Kamis, 14 April 2016

5 Drummer Terbaik Dunia Versi Majalah Rollingstone

  • Share
  • fb-share
5 Drummer Terbaik Dunia Versi Majalah Rollingstone

Sebuah band tanpa drummer mungkin seperti sayur tanpa kuah. Enak sih, tapi ada yang kurang. Makin enak kualitas seorang drummer, makin mantap musik yang dihasilkan band tersebut. Pasalnya, tempo lagu ditentukan oleh drummer. Selama drummer konsisten, musik yang dibawakan akan selalu enak. Ngomongin soal drummer, kali ini kita bakal ngebahas tentang drummer terbaik dunia sepanjang masa versi majalah Rollingstones. Siapa aja?

 

John Bonham

Lahir di Worcestershire, Inggris pada tanggal 31 Mei 1948, Bonham mulai belajar drum sejak dia berumur 5 tahun. Saat itu dia bikin drum set dari ember bekas dan kaleng kopi. Bonham sendiri terkenal berkat permainannya yang apik ketika bergabung bersama Led Zeppelin. Uniknya, Bonham nggak pernah mendapatkan pendidikan drum formal semasa hidupnya. Main drummer dengan insting, mungkin ini istilah yang paling cocok untuknya.

 

Keith Moon

Ingat salah satu karakter The Muppets bernama Animal yang jago banget nge-drum? Gaya bermain drum Animal ternyata terinspirasi oleh drummer the Who, Keith Moon. Banyak yang mengatakan kalau Moon memiliki tempo drum yang sangat stabil, layaknya pemain simbal dalam sebuah grup orkestra yang tanpa disadari memiliki pengaruh penting terhadap tempo para pemain lain.

 

Ginger Baker

Drummer jazz legendaris yang satu ini sangat tertarik dengan ritmik a la Afrika. Dia bahkan sempat tinggal di Nigeria untuk mempelajari ritmik daratan Afrika. Karirnya dimulai ketika bergabung bersama Blues Incorporated di tahun 1961. Namun, nama Ginger Baker justru terkenal berkat band Cream.

 

Neil Peart

Neil Peart adalah drummer untuk band rock Rush. Siapa sangka, Peart ngefans banget sama the Who, apalagi dengan gaya bermain dari Keith Moon. Lucunya, Alex Lifeson, gitaris Rush, menerima Peart karena gayanya bermain mirip banget dengan Keith Moon.

 

Hal Blaine

Bermain bersama the Ronettes mungkin jadi salah satu langkah awal Hal Blain dalam mencapai kepopulerannya, meski pilihannya berlabuh dengan band the Wrecking Crew. Hal ini yang kemudian membawanya bermain bareng Sinatra, the Beach Boys, hingga Elvis and the Supremes. Berkat seringnya ditunjuk sebagai drummer di berbagai band, Blaine menjadi drummer yang paling sering rekaman sepanjang sejarah.

Seperti yang dibilang sebelumnya, drummer memang jadi peran penting untuk menjaga tempo lagu yang dibawakan sebuah band. Kalau drummer lo jelek, artinya penampilan lo nggak konsisten. Jangan biarkan drummer lo bikin band lo runyam hanya karena dia nggak bisa menjaga tempo.

 

 

Source: rollingstone.com

Comments
asrul firmansyah
Terima kasih atas informasinya dari majalah The Rolling stone yang memilih 5 drummer terbaik di dunia menurut majalah ya ituu
Mursidin
Keren banget