Trending
Kamis, 02 Juni 2016

Festival-Festival Jazz Terbaik di Dunia

  • Share
  • fb-share
Festival-Festival Jazz Terbaik di Dunia

Jazz merupakan salah satu genre musik paling populer di dunia. Setiap tahunnya, ada banyak banget festival jazz yang diselenggarakan di berbagai penjuru dunia. Di Indonesia, Jakarta International Java Jazz Festival dan Jazz Traffic Festival mungkin menjadi contoh festival jazz yang paling dikenal. Kalau pernah mendatangi keduanya dan merasa puas dengan berbagai penampilan di sana, lo pasti bakal lebih bahagia kalau bisa menonton festival-festival jazz terbaik di dunia ini.

 

Montréal Jazz Festival

Diadakan pertama kali pada tahun 1980, sejak saat itu Montréal Jazz Festival menjadi salah satu festival jazz terbesar di dunia. Selama sepuluh hari penyelenggaraan, pusat kota Montréal ditutup untuk umum karena mayoritas pertunjukan diadakan di outdoor secara gratis. Lo bisa memilih venue mana yang mau lo datangi, mulai dari klub jazz kecil hingga gedung konser besar. Beberapa musisi jazz terkenal yang pernah tampil di Montréal Jazz Festival adalah Ella Fitzgerald, B.B. King, dan Aretha Franklin.

 

New Orleans Jazz and Heritage Festival

Meskipun ada banyak festival jazz di Amerika, sepertinya hingga kini belum ada yang bisa mengalahkan New Orleans Jazz and Heritage Festival. New Orleans sering disebut sebagai tempat lahirnya musik jazz, mungkin itu juga yang menyebabkan festival ini begitu heboh dan terkenal. Keunikan New Orleans Jazz and Heritage Festival juga terletak pada variasi musik jazz yang ditampilkan, mulai dari gospel, cajun, afro-caribbean, folk, hingga country.

 

Copenhagen Jazz Festival

Ini dia festival jazz terbesar yang ada di Eropa. Copenhagen Jazz Festival diadakan di Copenhagen, Denmark, kota yang mempopulerkan musik jazz di benua tersebut. Tiap tahunnya, ada sekitar 250.000 orang yang mengunjungi Copenhagen Jazz Festival. Menariknya, Copenhagen Jazz Festival diadakan di dalam sebuah kastil abad pertengahan. Musisi jazz ternama seperti Miles Davis, Bennett & Lady Gaga, dan Ray Charles pernah tampil di panggung festival ini.

 

Havana International Jazz Festival

Nggak cuma terkenal dengan cerutu, negara Kuba juga memiliki salah satu festival jazz terbaik bernama Havana International Jazz Festival. Festival ini kental banget dengan musik latin jazz karena memang di Havana lah genre tersebut berasal. Nggak cuma diadakan di teater-teater besar, Havana International Jazz Festival juga memenuhi klub-klub dan kafe. Beberapa legenda yang pernah tampil di festival ini adalah Max Roach, Roy Hargrove, Chucho Valdes, dan Dizzy Gillespie.

Itulah beberapa festival jazz terbaik yang ada di dunia. Kalau lo benar-benar menggemari musik jazz, nggak ada salahnya menabung dari sekarang agar bisa menonton festival-festival di atas secara langsung.

 

 

Sources: music.cbc.ca, vizzion50.com, travel.grivy.com

Comments
Irwandi
mantap infonya
Aldi hidayat
Wah manteb abiss sih