Trending
Kamis, 18 Agustus 2016

Yuk, Dengerin Musik Folk Rock ala Kodaline!

  • Share
  • fb-share
Yuk, Dengerin Musik Folk Rock ala Kodaline!

Nama band satu ini udah cukup merajalela, jadi kemungkinan besar lo pasti udah nggak asing lagi dengan Kodaline. Salah satu lagunya yang paling terkenal adalah All I Want. Kalau lo mengetikkan judul tersebut di YouTube, udah nggak terhitung berapa banyak orang yang melakukan versi cover-nya. Kalau lo suka dengerin musik beraliran folk rock, Kodaline inilah band yang wajib lo sertakan dalam playlist musik lo.

Hasil dari Pertemanan Solid

Sebelum terkenal sebagai Kodaline, band asal Dublin, Irlandia, ini lebih dulu muncul dengan nama 21 Demands. Kodaline terbentuk dari pertemanan dua orang anggotanya, yakni Steve Garrigan dan Mark Prendergast. Ketika masih bersekolah menengah di Swords, Dublin, mereka memutuskan untuk mengikuti pertandingan band. Di sana, mereka bertemu dengan Vinny May, yang menjadi anggota baru Kodaline. Personil Kodaline akhirnya lengkap setelah Jason Boland bergabung sebagai bassist.

Ketika akhirnya memiliki personil lengkap, mereka masih menyebut diri sebagai 21 Demands. Pada November 2007, 21 Demands mengikuti ajang pencarian bakat You’re a Star dan berhasil menduduki posisi runner-up. Nama Kodaline mulai digunakan ketika mereka merilis sebuah EP berjudul The Kodaline EP. Popularitas Kodaline mulai menanjak ketika single pertama mereka yang berjudul All I Want dipilih sebagai Record of the Week oleh BBC Radio 1.

Lagu-Lagu Bikin Emosional

Kalau pernah dengerin All I Want, lo pasti tahu betapa emosionalnya lirik lagu satu ini. All I Want bahkan sering menjadi backsound untuk adegan-adegan menyedihkan dalam beberapa film dan serial televisi barat, seperti The Fault in Our Stars dan Grey’s Anatomy. Lagu All I Want ini juga menjadi salah satu andalan dalam album pertama Kodaline yang berjudul In a Perfect World. Nggak cuma lirik, melodi yang digunakan dalam sebagian besar lagu pun bisa bikin pendengarnya emosional.

Formula serupa pun kembali diterapkan Kodaline pada album kedua mereka, Coming Up for Air. Coba deh lo dengerin lagu yang berjudul War atau Moving On. Baik lirik dan melodinya benar-benar manis, sekaligus memiliki sensasi yang mirip dengan All I Want. Meski begitu, bukan berarti Kodaline nggak menciptakan lagu yang nge-beat. Beberapa lagu dari album kedua Kodaline ini bahkan bakal mengingatkan lo dengan Coldplay, seperti Lost, Coming Alive, dan Caught in the Middle.

Kalau udah pernah dengerin All I Want dan suka dengan melodi serta liriknya, lo bisa lanjut dengerin lagu Kodaline yang berjudul High Hopes. Beberapa orang bahkan bilang kalau High Hopes lebih baik daripada All I Want. Well, semua tergantung selera sih, tapi musik Kodaline nggak bakal ngecewain lo, Urbaners!

 

Sources:
en.wikipedia.org
creativedisc.com

Comments
Ahdan Maulana Muhammad
terimakasih
VIKA HERMAWAN
Lagu-Lagu Bikin Emosional