Home Music Jenis Electronic Music yang Ternyata Sangat Beragam

Jenis Electronic Music yang Ternyata Sangat Beragam

Friday, September 16, 2016 - 18:01
Bagikan
Facebook Twitter Email

Electronic music atau musik elektronik sekarang menjadi salah satu musik yang sangat-sangat digandrungi anak muda. Coba lo buka YouTube, iTunes ataupun Spotify pasti lo akan melihat 10 besar musik paling populer di dunia adalah jenis electronic music. Jenis musik elektronik ini sebenarnya agak sedikit tricky, jika didengar maka terlihat sederhana tetapi pada pengaplikasikannya, membuat musik elektronik ini sangat-sangat ribet. Mungkin yang lo tahu adalah electronic dance music atau EDM, tetapi setidaknya ada puluhan jenis musik elektronik. Apa saja yang terkenal?

 

Electronic dance music

Sebenarnya EDM ini bukan mulai populer di awal tahun 2000an. Tetapi pada tahun 70an hinggal 80an, musik dansa atau disko ini sudah sangat populer. Jenis musiknya yang lebih menghentak, Madonna, The Prodigy, Tiesto dan sekarang Daft Punk sudah konsisten memakai jenis musik EDM. Sekarang? Mulai dari The Chainsmokers Major Lazer sampai Martin Garrix bergantian mengisi tangga lagu tertinggi dunia.

 

Electronica

Pada tahun 90an, musik dub sangat mendominasi Amerika Serikat, khususnya lagu-lagu rap yang menggunakan musik dub atau juga EDM. Nah karena terlalu mainstream tersebut, beberapa pemusik ingin mengubah jenis musik tersebut yang membuat berjingkrak-jingkrak. Musik electronica ini lebih kalem dan santai, beberapa pemusik yang mempunyai jenis musik electronica adalah The Chemical Brothers dan Dannii Minogue.

 

Hardcore techno

Jangan salah, musik elektronik juga ada yang bergenre hardcore. Dengan dentuman keras dan sangat menghentak jika dibandingkan dengan EDM, hardcore techno mendapatkan tanggapan yang positif. Tahun 70an, Cabaret Voltaire, SPK dan Foetus bergantian menghiasi musik hardcore techno. Dan di tahun 2000an ada Ruffneck, Fifht Era dan The Outside Agency.

 

Industrial music

Salah satu jenis musik elektronik yang terkenal berikutnya adalah industrial music atau yang biasa disebut sebagai musik industrial. Yang dimaksud dengan musik industrial adalah musik elektronik yang memiliki nada dan irama yang nggak seragam dan mengambil dari suara-suara aneh. Salah satu pemusik yang pernah masuk ke dalam musik industrial adalah Jimi Hendrix yang masuk ke dalam genre psychedelic rock.

Sekarang lo udah tahu kan Urbaners bahwa jenis musik elektronik ada banyak banget, nggak hanya EDM aja. Apa jenis musik elektronik favorit lo?