• Music News
  • Bob Dylan Akhirnya Buka Suara Terkait Penghargaan Nobel Prize-nya

Bob Dylan Akhirnya Buka Suara Terkait Penghargaan Nobel Prize-nya

Thu, 10 November 2016

Siapa yang nggak tahu Bob Dylan, musisi legendaris yang ngetren di tahun 60an dan bahkan sampai sekarang pun masih digemari. Baru-baru ini, ada berita menggembirakan dari musisi berusia 75 tahun tersebut. Dia dianugerahi penghargaan Nobel Sastra. Musisi tapi dianugerahi Nobel Sastra? Buat informasi lebih lanjut, baca terus ya Urbaners.

 

Musisi pertama yang mendapat Nobel Sastra

Bob Dylan, musisi legendaris asal Amerika ini mendapat kabar gembira. Diberitakan bahwa ia mendapatkan penghargaan Nobel Sastra 2016 dari pihak Swedish Academy. Bob Dylan menjadi musisi pertama yang mendapatkan penghargaan elit Nobel Sastra dan menjadikan namanya sejajar dengan Albert Einstein. Menurut Sara Danius, sekretaris Yayasan Nobel, Dylan terpilih menerima penghargaan ini karena lagu-lagu yang ia ciptakan selalu memiliki lirik-lirik puitis.  

 

Bob Dylan akhirnya merespon

Sempat diterpa berita miring terkait bungkamnya Bob Dylan saat diinformasikan bahwa dirinya mendapat Nobel Sastra, akhinrya ia membuka suara. Pria berusia 75 tahun itu mengatakan bahwa dirinya akan datang ke acara penganugerahaan pada 10 Desember 2016 mendatang di Stockholm, Swedia. Dikutip dari The Guardian, “Kabar akan penghargaan Nobel itu membuat saya takjub dan kehilangan kata-kata” ujar Bob Dylan.

 

Tentang Bob Dylan

Sedikit informasi buat lo, musisi Bob Dylan memulai karirnya pada tahun 1954. Ia memulainya dengan sering bermain musik di cafe-cafe di Minnesota. Karyanya mulai banyak dikenal pada tahun 1960-an. Beberapa lagunya seperti Blowin’ In the Wind dan The Times They Are Changin’ menjadi lagu wajib para pegiat gerakan anti perang dan hak-hak sipil pada masa itu.

Akhirnya Bob Dylan merespon Nobel Sastra ini. Buat lo yang penasaran tentang berita miring terkati bungkamnya Bob Dylan terhadap penghargaan Nobel ini lo bisa baca Bob Dylan Dapat Nobel Prize Tapi Diam Saja

 

Source: cnnindonesia.com

Pecinta Musik Wajib Datangi Museum Musik Indonesia di Malang

Monday, February 17, 2020 - 15:41
: Bagian depan dari Gedung Museum Musik Indonesia

Kota Malang memang menjadi salah satu kota paling populer di Indonesia. Selain memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik, di kota ini rupanya juga memiliki museum musik yang wajib didatangi oleh para pecinta musik. Museum Musik Indonesia yang terletak di Jalan Nusakambangan No. 19, Kota Malang ini merupakan satu-satunya museum seni musik yang ada di Indonesia.

 

Punya Banyak Koleksi yang Menarik

Museum Musik di Kota Malang ini memiliki banyak koleksi yang sangat menarik. Sejak tahun 2009 sampai tahun 2018 lalu Museum Musik ini diketahui memiliki lebih dari 26 ribu koleksi yang berhubungan dengan dunia musik. Mulai dari kaset, leaflet, CD, poster, buku musik, piringan hitam, peralatan audio hingga alat musik koleksi dari para musisi. Menariknya, di museum musik ini juga terdapat kostum dari koleksi para musisi.

Koleksi yang ada di Museum Musik ini rupanya sebagian besar didapatkan dari sumbangan masyarakat baik dari Malang ataupun luar Malang. Selain itu, juga terdapat beberapa musisi yang rela turut menyumbangkan barang-barangnya untuk dijadikan koleksi di museum yang satu ini. Sekitar 60 sampai 70 persen dari koleksi yang ada di museum ini berasal dari musisi Tanah Air. Sedangkan sisanya berasal dari musisi luar negeri. Koleksi di museum ini juga terdiri dari cukup banyak genre mulai dari lagu daerah, jazz, pop, rock, latin hingga lagu anak-anak.

 

Baru Diresmikan pada Tahun 2016 Lalu

Meskipun telah memiliki jumlah koleksi yang cukup banyak, Museum Musik ini baru diresmikan pada tahun 19 November 2016 lalu. Peresmian tersebut langsung dihadiri oleh pihak Badan Ekonomi Kreatif Indonesia dan bertempat di Gedung kesenian Gajayana lantai 2 di Jalan Nusakambangan No. 19 Malang.

Museum Musik ini juga telah didaftarkan ke Kementrian Hukum dan Ham. Pemerintah Kota Malang juga telah memberikan izin kepada pengelola museum untuk menempati Gedung Kesenian Gajayana. Jadi Gedung Kesenian Gajayana telah resmi menjadi lokasi dari Museum Musik tersebut. Sebelum menempati gedung tersebut, Museum Musik ini cukup sering berpindah tempat.

Sejarah Berdirinya Museum Musik

Koleksi di museum musik yang tertata rapi di display

 

Sejarah dari Museum Musik ini cukup menarik lho, Urbaners. Berawal dari koleksi yang dimiliki oleh salah satu pendirinya, Hengki Herwanto, kemudian museum ini bisa berkembang menjadi lebih besar. Sejak sekitar tahun 2009 lalu Hengki Herwanto berencana untuk mendirikan Galeri Malang Bernyanyi dan hanya memiliki sekitar 250 koleksi saja. Koleksi yang terdiri dari CD, kaset hingga piringan hitam itu merupakan milik dari Hengki Herwanto dengan teman-temannya.

Kemudian koleksi tersebut disimpan di garasi rumah Hengki Herwanto yang berada di jalan Citarum. Galeri koleksi musik itu pun semakin dikenal luas sehingga pada tahun 2013 mereka memindahkannya di sebuah rumah kontrakan di Griya Santa. Setelah itu, baru di tahun 2016 galeri musik itu pindah ke Gedung Kesenian Gajayana dan resmi disebut sebagai Museum Musik Indonesia.

Itulah sedikit ulasan mengenai Museum Musik Indonesia yang terletak di Malang. Apakah lo berencana untuk mampir ke tempat ini saat berkunjung ke Malang?

 

Sources: jawapos.com, kumparan.com, goodnewsfromindonesia.id