Trending
Kamis, 17 November 2016

Komunitas Jazz Kemayoran Bawa Misi Jazz Untuk Semua

  • Share
  • fb-share
Komunitas Jazz Kemayoran Bawa Misi Jazz Untuk Semua

Musik jazz adalah musik yang dipandang classy bagi sebagian orang. Sebagai pemuas dahaga akan musik jazz, di Jakarta dibentuk sebuah komunitas bernama Komunitas Jazz Kemayoran (KJK). Komunitas ini bertujuan untuk memperkenalkan musik jazz di masyarakat sekaligus sebagai ajang kumpul musisi jazz tanah air untuk saling bertukar pikiran. Seperti apa kegiatan dari Komunitas Jazz Kemayoran?

Ajang Jazz Setiap Minggu

Di rumah yang terletak di Jalan Kampung Irian 1 No. 31 10/16, Kemayoran, Jakarta Pusat, berdiri markas Komunitas Jazz Kemayoran (KJK), di mana para anggotanya selalu berkumpul untuk bersilaturahmi. Tempat tersebut merupakan rumah dari pendiri KJK, Beben Supendi Mulyana atau kerap disapa Beben Jazz, yang juga seorang dosen seni musik di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta.

Setiap Kamis malam, pukul 8-11 tepatnya, selalu diadakan event jazz yang menarik. Acara yang bertajuk ‘Kamisan’ ini merupakan ajang kumpul para anggota. Tak hanya sekadar berbincang, ada pula unsur edukasi di setiap Kamisan. Yang menarik, setiap Kamisan selalu memiliki tema khusus sehingga para anggota nggak melulu melakukan hal yang sama.

Nggak cuma pecinta jazz aja yang bisa bergabung di ajang Kamisan. Dari kalangan bawah hingga papan atas, mahasiswa atau karyawan, bisa main musik atau nggak, bahkan dari komunitas pecinta musik lain bisa ngumpul di ajang tersebut.

 

Konsep “Jazz untuk Semua”

Komunitas Jazz Kemayoran Bawa Misi Jazz Untuk Semua

Dari pertemuan Kamisan yang hanya dihadiri oleh empat belas orang, saat ini nggak kurang dari seribu orang tergabung dalam KJK. Yang membanggakan, sudah ada setidaknya seratus grup band jazz yang lahir dari komunitas ini. Nggak salah bila setiap tahunnya selalu ada wakil dari KJK yang ikutan event jazz nasional.

Komunitas ini dibentuk sejak tanggal 17 Maret 2004. Beben Jazz ingin agar komunitas jazz memiliki hubungan yang erat dengan visi dan misi, antara lain silaturahmi lewat jazz, edukatif, serta bermanfaat. Dari sinilah dibentuk program Belajar Jazz Gratis, di mana para anggota bisa berlatih bermain alat musik ala musisi jazz profesional. Beben ingin agar konsep “Jazz Untuk Semua” benar-benar digalakkan dan menjadi suatu budaya di Indonesia.

Tertarik untuk gabung dengan komunitas pecinta jazz ini? Atau mungkin lo punya komunitas lain yang lebih seru dan ingin bersaing sehat dengan KJK? Langsung aja deh kenalkan komunitas lo melalui ajang MLDSPOT Content Hunt 2016. Info selengkapnya bisa lo simak di sini.

Baca Juga : 4 Penyanyi Jazz Wanita Indonesia Terfavorit

Comments
asrul firmansyah
Joooooosssss gandoss komunitas jazz Kemayoran
MULYO WIDODO
Ajang Jazz Setiap Minggu