Trending
Kamis, 08 Desember 2016

Drake Rajai Spotify dengan 4,7 Miliar Stream Selama Tahun 2016

  • Share
  • fb-share
Drake Rajai Spotify dengan 4,7 Miliar Stream Selama Tahun 2016

Spotify, layanan streaming musik internasional, baru saja merilis top lists untuk melihat kembali lagu, artis, dan album mana saja yang membuat 2016 menjadi tahun bagus untuk dunia musik. Dari begitu banyaknya nama musisi yang terdaftar di Spotify, nama Drake keluar sebagai musisi internasional dengan jumlah stream paling banyak, yakni mencapai 4,7 miliar!

 

Dua Tahun Berturut-turut

Ternyata, Drake juga pernah mendapatkan penghargaan serupa pada tahun lalu. Namun, lonjakan jumlahnya benar-benar luar biasa, Urbaners! Apabila tahun lalu Drake “hanya” mengumpulkan stream sebanyak 1,8 miliar, makan tahun ini jumlah tersebut melesat hingga 4,7 miliar. Bahkan seperti yang ditulis Spotify pada situs resminya, Drake berhasil menjadi artis yang memiliki jumlah stream paling banyak sepanjang waktu dengan lebih dari 8,7 miliar stream!

 

Dominasi Berbagai Kategori

Ada beberapa kategori yang dirilis oleh Spotify dalam top lists kali ini. Tentunya Drake memegang posisi nomor satu untuk kategori Most Streamed Male Artist, menyusul di belakangnya adalah Justin Bieber, Twenty One Pilots, Kanye West, dan Coldplay. Nggak cuma itu, album Drake yang berjudul Views juga berhasil menjadi Most Streamed Albums versi Spotify tahun ini

Nggak ketinggalan lagu Drake berjudul One Dance (feat. Wixkid dan Kyla) yang menduduki peringkat pertama pada kategori Most Streamed Track. Lagu tersebut bahkan juga menjadi top breakup song yang didengarkan orang-orang. Seolah belum cukup, nama Drake kembali muncul pada top lists Spotify sebagai artis paling top dalam genre musik hip hop.

 

Disusul oleh Justin Bieber dan Rihanna

Dengan begitu banyaknya kategori yang dirajai oleh Drake, nggak mengherankan jika Spotify menobatkannya sebagai top artist pada tahun 2016. Namun, Drake nggak sendirian dalam kategori tersebut. Menyusul di bawahnya masih ada empat musisi internasional lain, yaitu Justin Bieber, Rihanna, Twenty One Pilots, dan Kanye West. Sayangnya, Spotify nggak mengumumkan jumlah stream pada keempat musisi tersebut. Mungkin lo bisa langsung lihat melalui profil Spotify mereka, Urbaners.

Prestasi Drake tersebut bahkan diakui oleh Stefan Blom, Chief Content & Chief Strategy Officer dari Spotify. Dia bilang kalau Drake memang memiliki cara-cara tersendiri yang nggak bisa dilakukan musisi lain dalam menjalin hubungan dengan para fans. Kira-kira apakah Drake masih bakal merajai Spotify tahun depan nanti?

 

 

Sources: Hypebeast.com, News.spotify.com, Antaranews.com

Comments
Epul Saepuloh
Thanks artikelnya
Miftachul Rahardoni
keren banget