Home Music Eross Sheila On 7 Rilis Album Instrumental, Forbidden Knowledge

Eross Sheila On 7 Rilis Album Instrumental, Forbidden Knowledge

Friday, December 16, 2016 - 10:27
Bagikan
Facebook Twitter Email

Mendengar nama band Sheila On 7, mungkin lo langsung teringat dengan dua pentolannya, Duta dan Eross. Setelah memutuskan untuk indie di bidang musik, Sheila On 7 jadi lebih bebas dalam berkarya. Beberapa waktu yang lalu tersiar kabar bahwa Eross, sang gitaris, baru saja merilis album solo perdana bertajuk Forbidden Knowledge. Segala proses produksi album kabarnya dilakukan sendiri oleh Eross.

 

Bukan kali pertama di luar SO7

Akhir November lalu, Eross Candra, gitaris Sheila On 7, baru saja merilis album instrumental solo pertamanya berjudul Forbidden Knowledge. Album berisi 8 lagu instrumental ini dirilis dalam bentuk CD.

Di dalam album tersebut sebenarnya bukan hanya lagu-lagu baru saja yang masuk jadi daftar baru. Beberapa lagu instrumental yang sebelumnya pernah direkam juga masuk. Baby Crunch misalnya, yang merupakan salah satu lagu buatan Eross bersama dengan Six Strings. Selain itu, ada juga Pintu Kecemasan yang diambil dari album kompilasi 1.000 Gitar Untuk Anak Indonesia. Lagu-lagu instrumental yang direkam sejak lima tahun lalu menjadi bagian dari album solo terbaru Eross ini.

Yang menarik, semua pengerjaan produksi album ini dilakukannya sendiri secara independen. Eross mengaku bahwa dirinya sendiri yang memproduseri album, sekaligus memainkan dan memilih session player. Dalam album ini, Eross mendapatkan bantuan dari Reno Ferthano (drum), Arda Buzzbandit (drum), Wawan (cello), hingga brass section yang dipimpin oleh Bergas, dan Neo (keyboard).

 

Punya ‘kelebihan’

Butuh waktu yang cukup lama dalam penggarapan album ini. Selain karena dia yang melakukannya sendiri, lagu-lagu pada album ini juga direkam ketika sedang senggang. Tujuannya nggak lain adalah untuk mencapai sound yang diinginkan. Eross banyak bereksperimen dalam album ini, salah satunya adalah ganti senar. Bahkan sempat ada satu lagu yang sudah jadi, bisa berubah hanya karena dia merasa kurang pas. Eross seperti memiliki ‘kelebihan’ yakni mendengarkan apa yang orang lain nggak dengar.

Meski album baru, tapi ini bukan kali pertama Eross menggarap proyek di luar Sheila On 7. Sempat di awal 2000-an, Eross membuat band Jagostu. Selain itu, Eross juga sempat mengisi scoring film, salah satunya adalah film berjudul Gie yang dibintangi oleh Nicholas Saputra.

Selamat buat Eross! Semoga ini awal yang baik bagi perkembangan musik Indonesia.

 

Source: rollingstone.co.id