Trending
Jumat, 24 Februari 2017

Anthony Strong, Musisi Jazz Jenius Asal Inggris

  • Share
  • fb-share
Anthony Strong, Musisi Jazz Jenius Asal Inggris

Mungkin lo sudah nggak asing dengan lagu Hold My Hand milik Jess Glynne. Lagu ini memang bikin banyak orang terbius untuk setidaknya menganggukkan kepala dan menikmatinya. Siapa yang menduga, ternyata dibalik melodi indah tersebut ada peran musisi jazz kenamaan, Anthony Strong, sebagai pianisnya. Pengalamannya dalam mengolah nada membuatnya jadi musisi jazz jenius yang dipercaya banyak orang.

 

Punya banyak pengalaman di bidang jazz

Bagi pecinta musik jazz sejati, nama Anthony Strong mungkin nggak asing lagi di telinga. Musisi asal Croydon, Surrey, Inggris, ini merupakan penyanyi, pianis, sekaligus penulis lagu bergenre jazz. Sejak kecil, Strong sudah belajar di sekolah musik kenamaan di Inggris, mulai dari Whitgift School, the Royal Academy of Music, the Purcell School dan terakhir dia mendapatkan gelar sarjana musik di Guildhall School of Music and Drama.

Di tahun-tahun akhir sebagai pelajar musik, Strong meningkatkan reputasi sebagai pemain musik jazz untuk beberapa musisi kenamaan dunia seperti Charlotte Church, Michael Bolton, Marti Pellow, hingga Jocelyn Brown.

 

Sudah punya 3 album

Strong punya sense yang cerdas dalam meracik nada. Tak heran bila dia sering muncul sebagai salah satu bagian dari berbagai musisi lintas genre, salah satunya single dari Jess Glynne yang berjudul Hold My Hand. Padahal, dia sendiri sudah punya banyak karya, dengan tiga album dan satu EP yang telah ditelurkan.

Album Guaranteed! adalah album pertamanya yang dirilis pada tahun 2009. Album ini dikerjakan bersama Guy Mathers dan Jamie Pullen, berisi delapan lagu orisinil serta versi lagu I Won’t Dance. Nggak tanggung-tanggung, album ini diapresiasi oleh Sir Michael Parkinson di BBC Radio 2 dengan menyebutkan bahwa Strong punya talenta yang benar-benar luar biasa di usianya yang masih muda.

Di tahun 2011, Strong juga merilis EP berisi lima track lagu yang diberi judul Delovely, dengan satu lagu orisinil berjudul Going Nowhere. Lanjut di tahun 2012, Strong merilis album Laughing in Rhythm yang mengawali tur 25 kota di Eropa. Januari 2013, Strong bergabung dengan label asal Paris, Naïve Records, dan merilis album Stepping Out. Yang paling baru, album On a Clear Day dirilis tahun 2015 lalu dengan single andalan lagu cover milik Michael Jackson berjudul Don’t Stop ‘Till You Get Enough.

Buat lo yang penasaran dengan musiknya, ada kesempatan emas nih. Anthony Strong bakal muncul di gelaran Java Jazz Festival 2017 pada tanggal 3 & 5 Maret mendatang di Jakarta. Lo bisa merasakan kejeniusan Strong dalam meracik nada.

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
AGUS NAWING
Keren banget