Trending
Jumat, 11 Agustus 2017

Kendrick Lamar, Bintang Rapper Baru Asal California Selatan

  • Share
  • fb-share
Kendrick Lamar, Bintang Rapper Baru Asal California Selatan

Satu lagi rapper kelas dunia yang lo harus tahu adalah Kendrick Lamar, lelaki kulit hitam kelahiran Compton, California yang terkenal liriknya yang bercerita tentang kehidupannya di California Selatan. Nama Kendrick Lamar semakin dikenal karena hubungan baik yang dijalinnya dengan bintang rap sekaligus produser super, Dr. Dre.

 

Perjalanan Kendrick Lamar

Kendrick Lamar kecil tumbuh dan besar di lingkungan jalanan yang keras. Ayahnya terpaksa harus melarikan diri ke Chicago karena terlibat dalam perkumpulan geng kota yang jahat. Anggota keluarga lainnya juga harus hidup berdekatan dengan kekerasan jalanan. Menariknya, walaupun faktor lingkungan menuntutnya menjadi orang yang kasar, Kendrick justru tumbuh menjadi anak yang bijaksana dan lembut. Di masa sekolah, Kendrick termasuk cowok baik-baik yang senang menulis, entah itu menulis cerita, puisi, atau lirik.

Ketika Ia berusia 16 tahun, Kendrick merilis mix tape pertamanya yang Ia beri judul Youngest Head Nigga in Charge. Tanpa disangka, mix tape tersebut mencuri banyak perhatian masyarakat California Selatan dan sekitarnya. Sejak saat itu, nama Kendrick Lamar mulai dikenal sebagai rapper muda berbakat. Ia bahkan menamai dirinya K-Dot sebagai nama panggungnya. Tidak lama setelah Youngest Head Nigga in Charge meledak di pasaran, Kendrick menandatangani kontrak dengan sebuah label indie California. Dari sana, Ia merilis dua mixtape booming lainnya, raining Day (2005) dan C4 (2009).

Di tahun 2010, Kendrick mulai berkarya dengan menggunakan nama aslinya dan pelan-pelan melepaskan label K-Dot. Pada tahun yang sama pula Ia kembali mengeluarkan mix tape keempatnya, Overly Dedicated. Tidak puas sampai disitu, tahun 2010 juga menjadi tahun dimana Kendrick merilis album independen pertamanya di bawah naungan Top Dawg Entertainment. Diberi judul Section.80, album ini dirilis secara eksklusif di iTunes dan sukses menjadi salah satu top digital hip-hop of the year.

 

Popularitas Kendrick Lamar

Karier Kendrick Lamar terus berkembang nih Urbaners. Sambil terus menulis musik dan lirik, Ia juga melakukan tur dan berkolaborasi dengan beberapa seniman lainnya, seperti: Young Jeezy, The Game, Talib Kweli, Busta Rhymes, dan Lil Wayne. Dr. Dre bahkan menjadikan dirinya mentor bisnis dan musik bagi Kendrick Lamar. Karier Kendrick Lamar kembali naik level setelah Ia menandatangani kontrak dengan label indie milik Dr. Dre, Aftermath Entertainment. Aftermath Entertainment inilah yang membantu Kendrick memasarkan, menjual, dan mendistribusikan seluruh karya-karya miliknya. Pelan-pelan, anak baik-baik California Selatan ini berubah menjadi rap's superstar terbaru. 

Waktu yang terus berjalan tidak membuat Kendrick Lamar jenuh berkarya. Di tahun 2012, Ia kembali merilis album berjudul good kid, m.A.A.d city. Hanya tiga tahun berselang, Ia merilis album To Pimp a Butterfly yang berhasil menjadi peringkat pertama di Billboard 200 Albums Chart. Tahun berikutnya, Kendrick Lamar mengejutkan penggemarnya dengan merilis album untitled unmastered. Karya terbaru Kendrick jatuh pada bulan April 2017, Ia merilis DAMN tepat pada peringatan Jumat Agung.

Saat ini, Kendrick Lamar dikenal sebagai rapper yang khas dengan permainan kata, lirik yang tajam, dan struktur lagu yang bervariasi.

 

 

Baca juga:

Untitled Unmastered, Album Baru dari Kendrick Lamar

Presiden Obama Lebih Milih Kendrick Lamar Daripada Drake!

Comments
Epul Saepuloh
Thanks artikelnya
Irwandi
Nice infonya..