Daftar penyanyi jazz wanita indonesia

4 Penyanyi Jazz Wanita Indonesia Terfavorit

Tuesday, August 15, 2017 - 17:52
Bagikan
Facebook Twitter Email

Aliran musik jazz merupakan salah satu aliran musik yang populer di dunia yang memiliki sejarah panjang dalam perkembangannya. Jazz pertama kali muncul di Amerika Serikat dari orang-orang Afrika-Amerika yang tertindas ketika jaman perbudakan di Amerika Serikat. Pada awal kemunculannya, musik jazz merupakan ekspresi para budak dan penuh dengan improvisasi. Sejak itu, musik jazz pun tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Jazz kini menjadi salah satu aliran musik yang digemari banyak kalangan di Indonesia, dan aliran musik ini sebenarnya sudah lama malang melintang di dunia musik Indonesia. Tercatat, jazz masuk ke Indonesia sekitar tahun 1930-an yang dibawa oleh para musisi dari Filipina yang mencari pekerjaan ke Jakarta. Pada masa itu, musik jazz merupakan suguhan hiburan untuk para tamu hotel.

4 daftar penyanyi jazz wanita indonesia

Pada tahun 1948, musik jazz mulai dibawakan oleh musisi Belanda yang tampil di Jakarta yang kemudian memicu munculnya grup-grup dan penyanyi jazz Indonesia. Bahkan, Indonesia menjadi salah satu negara di Asia yang memiliki perkembangan musik jazz yang pesat. Hal ini dapat dilihat dari berbagai event musik jazz yang diselenggarakan di Indonesia, seperti Java Jazz Festival yang setiap tahunnya selalu menampilkan musisi-musisi jazz dari Indonesia dan berbagai belahan dunia.

 

Daftar Penyanyi Jazz Wanita Indonesia

Semakin populernya musik jazz di Indonesia turut memunculkan musisi-musisi dan penyanyi jazz Indonesia. Hingga saat ini sudah sejumlah musisi dan penyanyi jazz Indonesia yang sangat dikenal. Namun, di antara berbagai musisi dan penyanyi jazz Indonesia saat ini, cukup menarik untuk disimak musisi wanita, khususnya penyanyi jazz wanita Indonesia. Tahukan Urbaners penyanyi jazz wanita yang terfavorit? Simak informasinya.

Dira Sugandi

Dira Sugandi - daftar penyanyi jazz wanita indonesia

Siapa bilang Indonesia tidak bisa melebarkan sayap musik jazz ke dunia internasional? Mungkin lo belum pernah tahu tentang Dira Sugandi. Pada acara Java Jazz Festival tahun 2009 lalu, wanita kelahiran 29 Juli 1979 ini mendapat kesempatan untuk berduet dengan Jason Mraz. Empat tahun sebelumnya, ia juga pernah bernyayi bersama Keith Martin. Penggarapan salah satu albumnya dikerjakan bersama musisi jazz bertaraf internasional, yaitu Bluey dan Incognito.

 

Syaharani

Syaharani - daftar penyanyi jazz wanita indonesia

Penyanyi yang bernama lengkap Saira Syaharani Ibrahim ini lahir di Batu, Jawa Timur pada 27 Juli 1971. Syaharani sudah berkiprah di musik jazz sejak lama dan pernah menjadi wakil Indonesia pada ajang North Sea Jazz Festival pada 2001. Hingga saat ini, Syaharani telah menghasilkan tiga album yaitu Love, Magma dan album terakhir yang berjudul Syaharani telah menjadi album musik jazz yang menjadi pengaruh besar bagi para musisi jazz muda masa kini.

 

Andien

Andien - daftar penyanyi jazz wanita indonesia

Andinie Aisyah Haryadi atau Andien merupakan penyanyi jazz wanita yang sangat terkenal di Indonesia. Sejak pertama kali muncul dalam dunia musik Indonesia dengan mengusung aliran jazz, Andien telah banyak menerima penghargaan bergengsi baik di dalam negeri maupun mancanegara. Lagu-lagu jazz yang dibawakan Andien banyak diterima dengan apresiasi positif dari para penikmat musik jazz di Indonesia.

 

Raisa Andriana

Raisa Andriana - daftar penyanyi jazz wanita indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan Raisa? Wanita kelahiran 6 Juni 1990 ini sepertinya tengah menjadi penyanyi jazz wanita yang paling populer di Indonesia. Dengan paduan jazz dan pop serta dengan suara yang merdu, Raisa telah membuktikan dirinya sebagai salah satu penyanyi jazz wanita terfavorit di Indonesia. Beberapa lagu hitsnya Raisa di antaranya Could It Be, Mantan Terindah, dan Jatuh Hati.

Di luar musisi jazz yang sudah sangat populer di atas, ternyata masih ada beberapa nama penyanyi jazz wanita lainnya yang juga memiliki prestasi dan bakat luar biasa dalam dunia jazz! Sebut saja nama-nama penyanyi jazz wanita Indonesia seperti Citra Scholastika, Sierra Soetedjo, serta Monica Tahalea.

Para penyanyi di atas merupakan sebagian penyanyi dari daftar penyanyi jazz Indonesia terbaik. Dengan berbagai prestasi dan bakat yang mereka miliki, perkembangan musik jazz di Indonesia pun akan terus berjalan. Tidak heran jumlah penikmat musik jazz di Indonesia terus bertambah dengan semakin banyaknya penyanyi-penyanyi serta musisi jazz yang bermunculan.

 

Sources:
beautynesia.id/13551
qubicle.id/story/the-next-big-thing-7-penyanyi-wanita-pendatang-baru-di-indonesia
miner8.com/id/12700
lifestyle.sindonews.com/read/1030683/157/10-musisi-jazz-indonesia-terfavorit-1438974483