Trending
Rabu, 16 Agustus 2017

Iwan Fals Gatal Ingin Luncurkan Album Bar

  • Share
  • fb-share
Iwan Fals Gatal Ingin Luncurkan Album Bar

Kabar gembira untuk Urbaners yang mengidolakan Iwan Fals. Dalam waktu dekat, pemilik nama asli Virgiawan Listanto ini dikabarkan akan segera merilis album baru. Iwan pun memilih nama sang istri, Rosanna, menjadi tajuk album tersebut.

Album Rosanna yang direncanakan berisi 10 lagu tidak melulu berbicara tentang istrinya, tapi juga masih menyisipkan hal-hal tentang kehidupan sosial, alam, bahkan mengenai sejarah dan budaya.

Penggarapan album tersebut seharusnya rampung tahun ini. Namun dalam proses pembuatannya, Iwan seolah merasa selalu ada yang kurang karena ide terus datang. Alhasil, kemungkinan perilisan album mundur dari jadwal semula.

"Entah kenapa kok masih kurang-kurang terus. Padahal lagu udah terkumpul banyak. Rasanya sayang kalau melewatkan perubahan, ini kan secara politik istilahnya peralihan. Jadi banyak cerita-cerita manusia yang bisa dijadikan pelajaran, banyak yang bisa diambil hikmahnya. Menarik untuk dijadikan lagu," ungkap Iwan.

Pelantun “Bongkar” itu mengatakan hal album baru ini atas permintaan sang anak, Annisa Cikal Rambu Basae. Seperti diketahui, Iwan telah membuat lagu untuk anak-anaknya yakni Galang Rambu Anarki, Cikal, dan Raya.

"Soalnya diprotes sama anak-anak, kenapa bikin lagu buat Galang, Cikal, Raya tapi enggak bikin buat mamanya," ungkap pria kelahiran 3 September 1961 tersebut.

Iwan belum bisa menjanjikan kapan album tersebut dapat keluar. Dia berharap bisa lebih cepat dari batas waktu yang diberikan Cikal. "Belum tahu, saya bikin catatan terus. Soal keluar kapan saya nggak tahu. Saya dikasih waktu sama Cikal 3 tahun, umur 56 lah. Mudah-mudahan sempat," kata Iwan.

Memaklumi hal tersebut, sang istri tetap setia mendampingi Iwan hingga album tersebut rampung. Rosanna juga mengungkap, Cikal memberi ayahnya waktu selama tiga tahun untuk penggarapan album.

"Saya ngerti karena orang kerja gitu kan, dia ada janji sama Cikal, dia lagi jalani proses tiga tahun pun ya terserah dia," katanya.

Sejak memasuki dapur rekaman bersama kelompok Amburadul pada 1975, Iwan sudah menghasilkan puluhan album. Sebagai solois, ia telah mengabadikan nama ketiga anaknya ke dalam lagu. Iwan juga tercatat membintangi sejumlah judul film sepeti Damai Kami Sepanjang Hari dan Kantata Takwa.

Galang dijadikan salah satu lagu yang mengisi album Opini (1982). Menyusul kemudian nama Cikal. Tidak hanya menjadi lagu, tapi juga terpilih menjadi judul album. Pada 2013, Iwan menjadikan Raya sebagai judul album yang berisi 18 lagu. Salah satu lagunya bertajuk Raya.

Menarik untuk dinanti seperti apa jadinya lagu "Rosanna" dan album terbaru Iwan Fals secara keseluruhan.

 

Source: Detik.com, tirto.id

Comments
RESPENI RIMA KUMALASARI
Album Rosanna yang direncanakan berisi 10 lagu tidak melulu berbicara tentang istrinya, tapi juga masih menyisipkan hal-hal tentang kehidupan sosial, alam, bahkan mengenai sejarah dan budaya.
Irwandi -
Mantaaaaaaaap