Trending
Senin, 21 Agustus 2017

5 Konser Musik Berkonsep Super Unik di Indonesia

  • Share
  • fb-share
5 Konser Musik Berkonsep Super Unik di Indonesia

Nggak ada yang bisa mengalahkan euforia nonton konser musisi favorit lo secara langsung. Bahkan saat konser udah selesai, lo masih bisa merasakan euforianya hingga berhari-hari kemudian. Apalagi kalau konser yang lo datangi punya konsep super unik, rasanya makin susah move on aja. Nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia juga cukup rutin kok menggelar konser musik dengan konsep yang menarik. Kebanyakan di antaranya bahkan merupakan konser musik jazz!

 

Jazz Atas Awan

Konser musik satu ini masih merupakan bagian dari Dieng Culture Festival, sebuah festival kebudayaan yang diadakan di Gunung Dieng. Disebut Jazz Atas Awan karena konser musik satu ini digelar di dataran tinggi terbesar kedua di dunia, yakni di ketinggian 2093mdpl. Dengan suhu yang nggak lebih dari empat derajat Celcius, Jazz Atas Awan juga sering disebut Jazz Kemul Sarung karena penontonnya harus berselimut sarung agar nggak kedinginan.

 

LaLaLa Festival

Fans Kodaline pasti familiar banget deh dengan LaLaLa Festival. Di konser musik inilah band asal Irlandia tersebut tampil untuk pertama kalinya di Indonesia. Mengklaim diri sebagai festival internasional pertama di Indonesia yang diadakan di hutan, LaLaLa Festival pertama kali digelar pada tanggal 5 November 2016 di Cikole, Lembang, Bandung. Selain Kodaline, Jasmine Thompson dan Keith Ape yang ikut mengisi acara.

 

Beach Jazz Festival

Nggak cuma di pegunungan, konser musik jazz juga ada yang diadakan di pinggir pantai, tepatnya di Banyuwangi. Sebenarnya, Beach Jazz Festival merupakan salah satu rangkaian peringatan ulang tahun Kabupaten Banyuwangi. Jadi, nggak cuma konser musik, Beach Jazz Festival juga dijadikan ajang untuk mempromosikan kota ini. Beberapa musisi yang pernah tampil di acara ini adalah Tulus, Raisa, dan White Shoes and the Couples Company.

 

Synchronize Fest

Beberapa tahun belakangan ini, Indonesia lagi banjir konser musik internasional. Nah, agar seimbang, promoter Dyandra Promosindo menggelar festival musik khusus musisi tanah air bernama Synchronize Fest. Para penampilnya pun benar-benar lintas genre dan generasi, Urbaners. Mulai dari Glenn Fredly, Mocca, Efek Rumah Kaca, Barasuara, hingga Rhoma Irama pun pernah manggung di Synchronize Fest! Selain konser musik, festival ini juga menghadirkan outdoor cinema dan art market

 

 

MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour

Sama seperti namanya, acara ini menyulap mobil tour tersebut menjadi sebuah panggung. Menjelajah dari satu kota ke kota lainnya menghibur para Urbaners dengan penampilan musisi-musisi jazz papan atas. Tidak ada gap antara musisi dan penonton, sehingga membuat suasana lebih hangat dan kekeluargaan. Selain itu, disekeliling stage selalu terdapat foodtruck lokal yang membuat lo betah berlama-lama di Stage Bus Jazz Tour. Nah, buat lo yang belum pernah  datang, pas banget, Urbaners, sebentar lagi Stage Bus Jazz Tour 2017 akan dimulai. Tahun ini akan lebih banyak titik yang dijajah mulai dari pulau Jawa, Bali, Lombok sampai Lampung!

 

Prambanan Jazz

Selain di pegunungan dan pantai, konser musik jazz juga bisa lo datangi di Candi Prambanan, Yogyakarta. Tahun ini, Prambanan Jazz baru aja diadakan pada tanggal 18, 19, dan 20 Agustus lalu. Selama tiga hari tersebut, nggak cuma musisi lokal aja yang tampil. Ada pula beberapa musisi internasional seperti Shane Filan dan Sarah Brightman yang pernah manggung di Prambanan Jazz. Konser musik satu ini dikenal dengan sistem lighting-nya yang menakjubkan banget bagusnya.

Dari kelima konser musik berkonsep unik di atas, mana yang udah pernah lo datangi, Urbaners? Kalau belum pernah, kira-kira konser mana yang bikin lo paling tertarik?

 

 

Sources: news.musicoloid.com, cnnindonesia.com

Comments
Sandi Widiyantoro
Indonesia you did it
Muntakhimah
Mantap guys