Trending
Rabu, 30 Agustus 2017

4 Lagu Indonesia Bicara Tentang Nasionalisme

  • Share
  • fb-share
4 Lagu Indonesia Bicara Tentang Nasionalisme

Apa yang akan Urbaners lakukan untuk mengisi hari kemerdekaan? Patriotisme diwujudkan bukan hanya dengan mengangkat senjata, tetapi dengan melahirkan karya. Memberikan yang terbaik melalui bidang yang digeluti masing-masing.

Seperti pada musisi dan artis yang menciptakan lagu untuk Indonesia. Temanya beragam mulai dari persatuan dan kesatuan, rasa cinta terhadap negara, hingga kerinduan terhadap Tanah Air akibat berada jauh di negeri orang.

Musisi Indonesia sebenarnya sejak lama mengangkat lagu-lagu bertema nasional. Namun seiring perkembangan dunia musik, lagu nasionalisme makin semarak. Terbukti semakin banyaknya grup band dengan semangat 45 menyanyikan lagunya di atas panggung.

Berikut empat lagu yang penuh semangat nasionalisme membangkitkan jiwa patriotisme yang membuat kita merinding dan tentu saja memantapkan hati untuk membela Indonesia. Lagu apa saja, yuk kita simak bersama.

 

Kebyar Kebyar (Gombloh)

Bicara produk sub kultur pop dalam konteks nasionalisme tidak boleh melewatkan yang satu ini. “Kebyar Kebyar” mahakarya Gombloh ini seperti lagu wajib nasional bagi rakyat Indonesia. Tak heran hampir di setiap kegiatan kenegaraan, lagu Kebyar Kebyar sering dinyanyikan sebagai penutup acara.

Gombloh membuktikan bahwa tidak perlu berapi-api untuk mengobarkan patriotisme. Cukup ketulusan yang dibalut dengan kesederhanaan. Kebyar Kebyar dianggap sebagai lagu Indonesia bertema kebangsaan terbaik sampai saat ini.

 

Nusantara I (Koes Plus)

Lagu yang berisikan puja-puji terhadap Indonesia ini sebagai pembuktian kepada rezim Orde Lama yang menilai Koes Plus sebagai sosok antek Barat. Maka selepas dari Penjara Glodok, di mana sebelumnya mereka dijebloskan tanpa proses pengadilan, Koes Plus menciptakan lagu dengan tema kecintaan pada Nusantara.

Tidak tanggung-tanggung lagu tentang nasionalisme ini dituangkan hingga delapan seri. Namun “Nusantara l” paling berhasil mencapai popularitas dibanding karya selanjutnya.

 

Bendera (Cokelat)

Lagu “Bendera” juga kerap dinyanyikan di setiap acara hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus. Lirik lagu ini memang mengobarkan semangat nasionalisme sejati, dipadu dengan musik rock, dan dinyanyikan dengan enerjik.

Lagu ini diciptakan Eros, personel Sheila On Seven. Siapa sangka Eros yang terkenal dengan lagu cinta dan persahabatan, ternyata mampu membuat lagu nasionalis yang membangkitkan jiwa patriotisme. Melalui lagu ini, Eros menyampaikan, siapapun lo, harus membela Indonesia.

 

Distorsi (Ahmad Dhani)

Ahmad Dhani tak hanya piawai menciptakan lagu tentang cinta dan patah hati. Bersama Andra Ramadhan, Pay Burman, Bongky Marcel, serta Bimo Sulaksono, Dhani membuat lagu yang benar-benar berbeda dari musik Dewa 19 lewat album ISO (Ideologi Sikap Otak).

Salah satu lagunya yakni “Distorsi”, Dhani mampu menggelitik generasi tua dan muda sekaligus yang dinilainya tak peduli dengan Indonesia justru merusaknya.

"Aku ingin membuat album yang bisa mencerminkan karakterku yang sebenarnya. Aku ingin menunjukkan, ini lho aku. Maaf, jangan bandingkan dengan Dewa 19. Ini obsesiku sejak lama," kata Dhani.

Nah, itulah empat lagu semangat nasionalisme yang mampu membangkitkan jiwa nasionalis dan patriotisme Urbaners. Semoga band-band yang lain ikut mempersembahkan lagu terbaik mereka untuk Indonesia tercinta.

 

Source: Wikipedia.org, rollingstone.co.id

Comments
SAMSUL BAHRI
Apa yang akan Urbaners lakukan untuk mengisi hari kemerdekaan? Patriotisme diwujudkan bukan hanya dengan mengangkat senjata, tetapi dengan melahirkan karya. Memberikan yang terbaik melalui bidang yang digeluti masing-masing.
asrul firmansyah
Joooooosssss gandoss kebyar-kebyar lagu ya memang penuh semangat perjuangan