• Music News
  • 3 Buku Musik Terbaik yang Terbit di Tahun 2018 Versi RollingStone

3 Buku Musik Terbaik yang Terbit di Tahun 2018 Versi RollingStone

Wed, 21 March 2018
3 Buku Musik Terbaik yang Terbit di Tahun 2018 Versi RollingStone

Bagi para penggemar musik, salah satu oase dalam mendapatkan informasi tentang musik tentu dengan datang ke acara musik, berdiskusi, atau minimal membaca buku. Ada banyak sekali bacaan tentang musik, tetapi jika mengacu pada literasi Indonesia, buku musik masih cukup sedikit. Jadi, nggak jarang para penggemar musik dari Indonesia sering mengacu pada literasi musik luar. Pada bulan Maret 2018 ini, RollingStone mengeluarkan tiga buku musik terbaik yang bisa lo baca sekarang.

 

3 Kings: Diddy, Dr. Dre, Jay-Z and Hip-Hop's Multibillion-Dollar Rise oleh Zack O’Malley Greenburg

Zack O’Malley Greenburg nggak main-main dalam menulis buku berjudul 3 Kings: Diddy, Dr. Dre, Jay-Z and Hip-Hop’s Multibillion-Dollar Rise. Secara total, setidaknya Greenburg melakukan 100 wawancara untuk menyelesaikan buku ini. Seperti yang kita tahu, Urbaners, setidaknya dalam 20 tahun terakhir ini hip-hop menjadi hal yang sangat mengesankan. Musisi besar seperti Diddy, Dr Dre, dan Jay-Z udah berhasil mendapatkan uang miliaran dolar dari musik hip-hop. Di dalam buku ini akan dibahas bagaimana kisah bintang hip-hop sukses.

 

The Yacht Rock Book: The Oral History of the Soft, Smooth Sounds of the 70s and 80s oleh Greg Prato

Yacht Rock adalah sebuah video series yang dibuat oleh J. D. Ryznar dan sempat sangat populer di tahun 2005. Mengisahkan cerita fantasi dari band-band Amerika Serikat di tahun 1970-an dan 1980-an, pemusik bisa terinspirasi dengan apa yang dilakukan oleh para musisi sebelumnya. Buku yang dibikin oleh Greg Prato ini merupakan versi tulisan dari film Yacht Rock. Nggak hanya membahas detail mengenai video tersebut, Greg Prato juga membahas band seperti Hall and Oates, Orleans, Kenny Loggins, dan Doobie Brothers.

 

Astral Weeks: A Secret History of 1968 oleh Ryan H. Walsh

Sir George Ivan Morrison mungkin nggak dikenal oleh anak muda zaman sekarang. Tetapi di tahun 1960-an, Ivan Morrison adalah salah satu kiblat musik rock & roll dunia. Di buku ini, Ryan H. Walsh akan mengisahkan bagaimana Ivan Morrison membuat lagu Astral Weeks yang menjadi salah satu lagu rock & roll terbaik di dunia.

Ketiga buku musik di atas bisa menjadi salah satu rujukan lo yang senang dengan sejarah dan budaya musik dunia. Apa buku musik favorit lo?

 

 

Source: rollingstone.com

Grup Musik Populer yang Akan Comeback di Tahun 2020

Tuesday, December 31, 2019 - 14:47
Personil My Chemical Romance berdiri berdampingan, masing-masing mengenakan jaket warna berbeda

Banyak momen seru yang terjadi pada industri musik global selama tahun 2019, mulai dari TikTok yang viral sampai berbagai lagu yang sukses pecahkan rekor Billboard. Sebagai music lovers, tentunya lo berharap tahun 2020 nanti bakal memberikan berbagai kejutan musik yang nggak kalah seru. Sepertinya harapan lo bakal terkabul, Urbaners, karena ada sejumlah grup musik ternama yang dikabarkan bakal comeback pada tahun 2020 nanti!

 

Pussycat Dolls

Para anggota Pussycat Dolls dalam kostum bertema warna hitam, putih, dan merah, di salah satu event

Rumor bahwa Pussycat Dolls bakal comeback tentunya nggak muncul begitu saja. Untuk pertama kalinya dalam 10 tahun, girlband asal Amerika ini tampil bersama di panggung. Mereka menjadi bintang tamu di acara X Factor yang tayang pada 30 November 2019 kemarin. Nggak cuma membawakan medley lagu-lagu hits mereka terdahulu, Pussycat Dolls juga menampilkan cuplikan lagu terbaru mereka, React. Karena penampilan di X Factor ini, banyak fans menebak kalau Pussycat Dolls bakal comeback pada 2020.

 

Fifth Harmony

Keempat anggota Fifth Harmony berdiri berdampingan di salah satu event

Grup musik jebolan X Factor ini memang belum terlalu lama hiatus, tepatnya pada tahun 2018 lalu. Hebatnya, sebelum vakum mereka tetap memutuskan buat jalan berempat sebagai grup setelah ditinggal oleh salah satu personilnya, Camila Cabello. Setelah vakum, masing-masing personil Fifth Harmony cukup sibuk dengan karya masing-masing. Namun, banyak yang memperkirakan bahwa mereka bakal comeback pada tahun 2020.

 

Fun

Tiga personil Fun, dalam kostum kemeja warna-warni

Masih ingat dengan lagu Some Nights yang dibawakan oleh Fun? Walaupun mungkin terkesan sebagai lagu one hit wonder karena setelahnya Fun seolah menghilang, sebetulnya Fun nggak pernah break-up. Fun adalah grup musik asal Amerika yang terdiri dari 3 anggota, yaitu Jack, Nate, dan Andrew. Memutuskan vakum sejak Februari 2015, Fun tetap memberi update kepada fans melalui website, bahwa mereka sedang mencoba untuk membuat karya baru. Siapa tahu bakal rilis pada 2020, kan?

 

My Chemical Romance

My Chemical Romance saat reuni manggung di Los Angeles, terlihat sang vokalis mengenakan kemeja hijau

Setelah 7 tahun, akhirnya My Chemical Romance (MCR) kembali tampil di atas panggung membawakan lagu-lagu hits mereka seperti Welcome to The Black Parade dan I’m Not Okay (I Promise). Reuni MCR ini diadakan di Los Angeles, California, pada 20 Desember 2019. Tahun depan, mereka juga sudah mengantongi jadwal manggung di 3 negara, yaitu Jepang, Australia, dan New Zealand. Banyak orang berspekulasi bahwa MCR bakal membuat album baru setelahnya.

 

Kalau memang 4 grup musik tersebut benar-benar bakal comeback, bisa dipastikan skena musik global jadi lebih seru. Dari deretan grup musik di atas, mana yang paling lo tunggu comeback-nya, Urbaners?

 

 

Sources: nme.com, huffingtonpost.co.uk, idntimes.com, loudersound.com