Home Music 3 Buku Musik Terbaik yang Terbit di Tahun 2018 Versi RollingStone
3 Buku Musik Terbaik yang Terbit di Tahun 2018 Versi RollingStone

3 Buku Musik Terbaik yang Terbit di Tahun 2018 Versi RollingStone

Wednesday, March 21, 2018 - 10:54
Bagikan
Facebook Twitter Email

Bagi para penggemar musik, salah satu oase dalam mendapatkan informasi tentang musik tentu dengan datang ke acara musik, berdiskusi, atau minimal membaca buku. Ada banyak sekali bacaan tentang musik, tetapi jika mengacu pada literasi Indonesia, buku musik masih cukup sedikit. Jadi, nggak jarang para penggemar musik dari Indonesia sering mengacu pada literasi musik luar. Pada bulan Maret 2018 ini, RollingStone mengeluarkan tiga buku musik terbaik yang bisa lo baca sekarang.

 

3 Kings: Diddy, Dr. Dre, Jay-Z and Hip-Hop's Multibillion-Dollar Rise oleh Zack O’Malley Greenburg

Zack O’Malley Greenburg nggak main-main dalam menulis buku berjudul 3 Kings: Diddy, Dr. Dre, Jay-Z and Hip-Hop’s Multibillion-Dollar Rise. Secara total, setidaknya Greenburg melakukan 100 wawancara untuk menyelesaikan buku ini. Seperti yang kita tahu, Urbaners, setidaknya dalam 20 tahun terakhir ini hip-hop menjadi hal yang sangat mengesankan. Musisi besar seperti Diddy, Dr Dre, dan Jay-Z udah berhasil mendapatkan uang miliaran dolar dari musik hip-hop. Di dalam buku ini akan dibahas bagaimana kisah bintang hip-hop sukses.

 

The Yacht Rock Book: The Oral History of the Soft, Smooth Sounds of the 70s and 80s oleh Greg Prato

Yacht Rock adalah sebuah video series yang dibuat oleh J. D. Ryznar dan sempat sangat populer di tahun 2005. Mengisahkan cerita fantasi dari band-band Amerika Serikat di tahun 1970-an dan 1980-an, pemusik bisa terinspirasi dengan apa yang dilakukan oleh para musisi sebelumnya. Buku yang dibikin oleh Greg Prato ini merupakan versi tulisan dari film Yacht Rock. Nggak hanya membahas detail mengenai video tersebut, Greg Prato juga membahas band seperti Hall and Oates, Orleans, Kenny Loggins, dan Doobie Brothers.

 

Astral Weeks: A Secret History of 1968 oleh Ryan H. Walsh

Sir George Ivan Morrison mungkin nggak dikenal oleh anak muda zaman sekarang. Tetapi di tahun 1960-an, Ivan Morrison adalah salah satu kiblat musik rock & roll dunia. Di buku ini, Ryan H. Walsh akan mengisahkan bagaimana Ivan Morrison membuat lagu Astral Weeks yang menjadi salah satu lagu rock & roll terbaik di dunia.

Ketiga buku musik di atas bisa menjadi salah satu rujukan lo yang senang dengan sejarah dan budaya musik dunia. Apa buku musik favorit lo?

 

 

Source: rollingstone.com