Home Music Apple Music VS Spotify: Mana yang Lebih Cocok buat Lo?

Apple Music VS Spotify: Mana yang Lebih Cocok buat Lo?

Tuesday, July 2, 2019 - 16:48
Bagikan
Facebook Twitter Email

Kalau dulu lo mengandalkan pemutar MP3 untuk mendengarkan lagu, sekarang lo hanya perlu melakukannya dengan online streaming melalui platform khusus. Saat ini, ada 2 layanan streaming lagu yang merajai industri musik global: Apple Music dan Spotify. Keduanya hadir dengan karakteristik dan keunggulan masing-masing, yang tentu bakal memberikan pengalaman beda untuk mendengarkan lagu. Jadi, mana yang harus lo pilih di antara Apple Music dan Spotify?

Koleksi lagu dan musik

Salah satu hal yang perlu lo pertimbangkan sebelum memilih layanan streaming musik adalah koleksi lagunya. Kabar baiknya, baik Apple Music dan Spotify memiliki jumlah koleksi yang sama, yaitu mencapai sekitar 50 juta lagu. Mereka juga menawarkan akses awal untuk single dan album dari berbagai musisi. Bisa dikatakan kalau Apple Music sedikit lebih unggul karena terkadang mereka menyediakan konten eksklusif untuk beberapa video klip tertentu.

Nggak hanya itu, kalau lo mengaktifkan iCloud Music Library di dalam Apple Music, lo bisa mengakses galeri musik pribadi lo di seluruh perangkat Apple yang lo punya. Dengan catatan, lo harus sign in dengan ID Apple yang sama di perangkat-perangkat lo tersebut, ya.

Kualitas streaming

Untuk kualitas streaming, Apple Music menerapkan kualitas 256kbps AAC files. Sedangkan, Spotify menggunakan format Ogg Vorbis. Jadi, saat mendengarkan Spotify melalui perangkat mobile, lo bisa mengganti level bitrate musiknya, dengan kapasitas maksimal 320kpbs

Walaupun begitu, Apple Music dan Spotify sama-sama mengizinkan para penggunanya untuk menyesuaikan equalizer sesuai preferensi. FYI, equalizer adalah alat atau tool yang berfungsi menyeimbangkan stereo dan kualitas suara yang keluar.

Harga dan pilihan berlangganan

Namanya juga layanan streaming, tentu lo dianjurkan untuk membayar tiap bulan agar bisa menggunakan produk Apple Music atau Spotify tanpa sponsor. Keduanya sama-sama menawarkan harga 49.000 Rupiah untuk langganan per bulan. Ada juga paket langganan keluarga seharga kurang lebih 75.000 Rupiah. Tenang saja, Apple Music dan Spotify juga menyediakan layanan free trial selama 3 bulan untuk pengguna baru.

Namun, bisa dibilang Spotify lebih unggul dalam hal ini. Mereka masih mengizinkan lo mendengarkan musik secara gratis setelah 3 bulan walaupun dengan adanya iklan. Sedangkan, Apple Music hanya memberikan lo akses untuk streaming Beats1 Radio.

Baik Apple Music dan Spotify punya kelebihan masing-masing, Urbaners. Semua balik lagi pada kebutuhan lo. Bagi pengguna perangkat Apple, Apple Music bisa jadi pilihan bijak karena lo nggak perlu lagi membuat akun baru. Sedangkan, Spotify cocok buat lo yang ingin mendengarkan musik tapi keuangan sedang kurang mendukung. Apa pun pilihannya, yang penting adalah lo mendengarkan musik tanpa bajakan, Urbaners!

Source: cnet.com