• Music News
  • Apple Music VS Spotify: Mana yang Lebih Cocok buat Lo?

Apple Music VS Spotify: Mana yang Lebih Cocok buat Lo?

Tue, 02 July 2019

Kalau dulu lo mengandalkan pemutar MP3 untuk mendengarkan lagu, sekarang lo hanya perlu melakukannya dengan online streaming melalui platform khusus. Saat ini, ada 2 layanan streaming lagu yang merajai industri musik global: Apple Music dan Spotify. Keduanya hadir dengan karakteristik dan keunggulan masing-masing, yang tentu bakal memberikan pengalaman beda untuk mendengarkan lagu. Jadi, mana yang harus lo pilih di antara Apple Music dan Spotify?

Koleksi lagu dan musik

Salah satu hal yang perlu lo pertimbangkan sebelum memilih layanan streaming musik adalah koleksi lagunya. Kabar baiknya, baik Apple Music dan Spotify memiliki jumlah koleksi yang sama, yaitu mencapai sekitar 50 juta lagu. Mereka juga menawarkan akses awal untuk single dan album dari berbagai musisi. Bisa dikatakan kalau Apple Music sedikit lebih unggul karena terkadang mereka menyediakan konten eksklusif untuk beberapa video klip tertentu.

Nggak hanya itu, kalau lo mengaktifkan iCloud Music Library di dalam Apple Music, lo bisa mengakses galeri musik pribadi lo di seluruh perangkat Apple yang lo punya. Dengan catatan, lo harus sign in dengan ID Apple yang sama di perangkat-perangkat lo tersebut, ya.

Kualitas streaming

Untuk kualitas streaming, Apple Music menerapkan kualitas 256kbps AAC files. Sedangkan, Spotify menggunakan format Ogg Vorbis. Jadi, saat mendengarkan Spotify melalui perangkat mobile, lo bisa mengganti level bitrate musiknya, dengan kapasitas maksimal 320kpbs

Walaupun begitu, Apple Music dan Spotify sama-sama mengizinkan para penggunanya untuk menyesuaikan equalizer sesuai preferensi. FYI, equalizer adalah alat atau tool yang berfungsi menyeimbangkan stereo dan kualitas suara yang keluar.

Harga dan pilihan berlangganan

Namanya juga layanan streaming, tentu lo dianjurkan untuk membayar tiap bulan agar bisa menggunakan produk Apple Music atau Spotify tanpa sponsor. Keduanya sama-sama menawarkan harga 49.000 Rupiah untuk langganan per bulan. Ada juga paket langganan keluarga seharga kurang lebih 75.000 Rupiah. Tenang saja, Apple Music dan Spotify juga menyediakan layanan free trial selama 3 bulan untuk pengguna baru.

Namun, bisa dibilang Spotify lebih unggul dalam hal ini. Mereka masih mengizinkan lo mendengarkan musik secara gratis setelah 3 bulan walaupun dengan adanya iklan. Sedangkan, Apple Music hanya memberikan lo akses untuk streaming Beats1 Radio.

Baik Apple Music dan Spotify punya kelebihan masing-masing, Urbaners. Semua balik lagi pada kebutuhan lo. Bagi pengguna perangkat Apple, Apple Music bisa jadi pilihan bijak karena lo nggak perlu lagi membuat akun baru. Sedangkan, Spotify cocok buat lo yang ingin mendengarkan musik tapi keuangan sedang kurang mendukung. Apa pun pilihannya, yang penting adalah lo mendengarkan musik tanpa bajakan, Urbaners!

Source: cnet.com

Rich Brian: DOA - Suasana Baru Dari Rapper Andalan?

Fri, 18 September 2020
Cerita dibalik video musik Rich Brian DOA

Ada suasana segar yang dibawa oleh Rich Brian di album terbarunya, 1999 – di lagu DOA. Beatnya yang dinamis, Brian seperti membawa energi baru di mana para penikmatnya, mungkin dibuat terkejut dengan musik di lagu ini. Lo sudah dengar belum bro?

Dari beberapa lagu yang termasuk di dalam album 1999, DOA menjadi salah satu lagu favoritnya. Dilansir dari tirto – DOA adalah sebuah singkatan dari Dead On Arrival. Brian menceritakan kalau lagu ini adalah tentang persaingan dengan seseorang yang memiliki peluang nol di tempat pertama.

Kalau dari segi musik, melodi yang ada di dalam lagu DOA mengingatkannya kepada salah satu grup kesukaannya, yaitu Gorillaz. Lagu ini adalah lagu yang Brian nyanyikan ketika iya merasa mesti lebih baik daripada sebelumnya secara umum.

 

DOA Jadi Energi Tersendiri Dari Brian

rich brian DOA

Credit Image: cultr.com

Mungkin kalau rapper lain bisa saja meminta mobil Lamborghini, Ferrari atau mobil sport lainnya – tapi Brian? Oh my god – dia malah pilih Civic baru. Ini cukup jadi pembeda antara Brian dan rapper lainnya.

Di dalam video musik DOA, diperlihatkan kalau Brian menghabiskan waktunya berada dengan mobilnya. Baik saat dalam perjalanan dan saat mobilnya mogok juga. Tingkah dari Brian sendiri juga menyesuaikan dengan beat dari DOA ini sendiri.

Sehingga di video musik DOA kali ini, Brian terlihat lebih ‘pecicilan’ daripada video musik lainnya. Tidak apa, sih – justru hal ini jadi penyegar dan pembeda serta warna tersendiri dari Brian untuk video musik DOA ini.

Jika ditelisik dari musiknya sendiri, Brian menceritakan kalau DOA berasal dari sesi jamming dirinya, Jacob Ray, dan Diamond Pistols, lalu dengan random Louis Bell juga datang. Brian mengaku ia menjadi penggemar musiknya walau sudah mengenalnya lama dan pada hari itu ia bekerja untuknya.

Selain DOA, di dalam album 1999, setidaknya ada beberapa lagu andalan lainnya seperti ‘Don’t Care’, ‘Love in My Pocket’, ‘Long Run’, ‘When You Come Home’, dan ‘Sins’. Nah selain DOA, ‘Sins’ juga jadi lagu andalan Brian.

Dalam pengerjaan album ini, sebagian besar materi di sini diproduksi sendiri oleh Brian. Namun tetap ada yang ia kerjakan bersama dengan Bekon & The Donuts, Diamond Pistols dan Louis Bell. Dari album 1999, ada video musik yang cukup menarik perhatian, yaitu video musik dari Love in My Pocket.

Brian menceritakan kalau video musik ini jadi favoritnya sementara ini. Video musik dari Love in My Pocket menceritakan tentang bagaimana mencoba menjadi sempurna tidak akan berhasil di sebagian besar waktu.

Bro, apakah lo tahu album 1999 ini adalah album ke berapa dari Brian? Tahun 2019 lalu, Brian merilis albumnya yang berjudul The Sailor, 2018 Head in the Clouds dan ditahun yang sama juga yaitu Amen. Ketenaran Brian berangkat ketika ia mengeluarkan single Dat $tick dan langsung direkrut oleh label 88Rising.

Wah bagaimana nih bro? Dari segala penjelasan di atas – apakah lo sendiri sudah menonton dan menikmati video musik DOA dari Rich Brian? Kalau belum, langsung saja gas dan nonton di sini ya bro!

 

Feature Image – whiteboardjournal.com