• Music News
  • Apple Music VS Spotify: Mana yang Lebih Cocok buat Lo?

Apple Music VS Spotify: Mana yang Lebih Cocok buat Lo?

Tue, 02 July 2019

Kalau dulu lo mengandalkan pemutar MP3 untuk mendengarkan lagu, sekarang lo hanya perlu melakukannya dengan online streaming melalui platform khusus. Saat ini, ada 2 layanan streaming lagu yang merajai industri musik global: Apple Music dan Spotify. Keduanya hadir dengan karakteristik dan keunggulan masing-masing, yang tentu bakal memberikan pengalaman beda untuk mendengarkan lagu. Jadi, mana yang harus lo pilih di antara Apple Music dan Spotify?

Koleksi lagu dan musik

Salah satu hal yang perlu lo pertimbangkan sebelum memilih layanan streaming musik adalah koleksi lagunya. Kabar baiknya, baik Apple Music dan Spotify memiliki jumlah koleksi yang sama, yaitu mencapai sekitar 50 juta lagu. Mereka juga menawarkan akses awal untuk single dan album dari berbagai musisi. Bisa dikatakan kalau Apple Music sedikit lebih unggul karena terkadang mereka menyediakan konten eksklusif untuk beberapa video klip tertentu.

Nggak hanya itu, kalau lo mengaktifkan iCloud Music Library di dalam Apple Music, lo bisa mengakses galeri musik pribadi lo di seluruh perangkat Apple yang lo punya. Dengan catatan, lo harus sign in dengan ID Apple yang sama di perangkat-perangkat lo tersebut, ya.

Kualitas streaming

Untuk kualitas streaming, Apple Music menerapkan kualitas 256kbps AAC files. Sedangkan, Spotify menggunakan format Ogg Vorbis. Jadi, saat mendengarkan Spotify melalui perangkat mobile, lo bisa mengganti level bitrate musiknya, dengan kapasitas maksimal 320kpbs

Walaupun begitu, Apple Music dan Spotify sama-sama mengizinkan para penggunanya untuk menyesuaikan equalizer sesuai preferensi. FYI, equalizer adalah alat atau tool yang berfungsi menyeimbangkan stereo dan kualitas suara yang keluar.

Harga dan pilihan berlangganan

Namanya juga layanan streaming, tentu lo dianjurkan untuk membayar tiap bulan agar bisa menggunakan produk Apple Music atau Spotify tanpa sponsor. Keduanya sama-sama menawarkan harga 49.000 Rupiah untuk langganan per bulan. Ada juga paket langganan keluarga seharga kurang lebih 75.000 Rupiah. Tenang saja, Apple Music dan Spotify juga menyediakan layanan free trial selama 3 bulan untuk pengguna baru.

Namun, bisa dibilang Spotify lebih unggul dalam hal ini. Mereka masih mengizinkan lo mendengarkan musik secara gratis setelah 3 bulan walaupun dengan adanya iklan. Sedangkan, Apple Music hanya memberikan lo akses untuk streaming Beats1 Radio.

Baik Apple Music dan Spotify punya kelebihan masing-masing, Urbaners. Semua balik lagi pada kebutuhan lo. Bagi pengguna perangkat Apple, Apple Music bisa jadi pilihan bijak karena lo nggak perlu lagi membuat akun baru. Sedangkan, Spotify cocok buat lo yang ingin mendengarkan musik tapi keuangan sedang kurang mendukung. Apa pun pilihannya, yang penting adalah lo mendengarkan musik tanpa bajakan, Urbaners!

Source: cnet.com

Grup Musik Populer yang Akan Comeback di Tahun 2020

Tuesday, December 31, 2019 - 14:47
Personil My Chemical Romance berdiri berdampingan, masing-masing mengenakan jaket warna berbeda

Banyak momen seru yang terjadi pada industri musik global selama tahun 2019, mulai dari TikTok yang viral sampai berbagai lagu yang sukses pecahkan rekor Billboard. Sebagai music lovers, tentunya lo berharap tahun 2020 nanti bakal memberikan berbagai kejutan musik yang nggak kalah seru. Sepertinya harapan lo bakal terkabul, Urbaners, karena ada sejumlah grup musik ternama yang dikabarkan bakal comeback pada tahun 2020 nanti!

 

Pussycat Dolls

Para anggota Pussycat Dolls dalam kostum bertema warna hitam, putih, dan merah, di salah satu event

Rumor bahwa Pussycat Dolls bakal comeback tentunya nggak muncul begitu saja. Untuk pertama kalinya dalam 10 tahun, girlband asal Amerika ini tampil bersama di panggung. Mereka menjadi bintang tamu di acara X Factor yang tayang pada 30 November 2019 kemarin. Nggak cuma membawakan medley lagu-lagu hits mereka terdahulu, Pussycat Dolls juga menampilkan cuplikan lagu terbaru mereka, React. Karena penampilan di X Factor ini, banyak fans menebak kalau Pussycat Dolls bakal comeback pada 2020.

 

Fifth Harmony

Keempat anggota Fifth Harmony berdiri berdampingan di salah satu event

Grup musik jebolan X Factor ini memang belum terlalu lama hiatus, tepatnya pada tahun 2018 lalu. Hebatnya, sebelum vakum mereka tetap memutuskan buat jalan berempat sebagai grup setelah ditinggal oleh salah satu personilnya, Camila Cabello. Setelah vakum, masing-masing personil Fifth Harmony cukup sibuk dengan karya masing-masing. Namun, banyak yang memperkirakan bahwa mereka bakal comeback pada tahun 2020.

 

Fun

Tiga personil Fun, dalam kostum kemeja warna-warni

Masih ingat dengan lagu Some Nights yang dibawakan oleh Fun? Walaupun mungkin terkesan sebagai lagu one hit wonder karena setelahnya Fun seolah menghilang, sebetulnya Fun nggak pernah break-up. Fun adalah grup musik asal Amerika yang terdiri dari 3 anggota, yaitu Jack, Nate, dan Andrew. Memutuskan vakum sejak Februari 2015, Fun tetap memberi update kepada fans melalui website, bahwa mereka sedang mencoba untuk membuat karya baru. Siapa tahu bakal rilis pada 2020, kan?

 

My Chemical Romance

My Chemical Romance saat reuni manggung di Los Angeles, terlihat sang vokalis mengenakan kemeja hijau

Setelah 7 tahun, akhirnya My Chemical Romance (MCR) kembali tampil di atas panggung membawakan lagu-lagu hits mereka seperti Welcome to The Black Parade dan I’m Not Okay (I Promise). Reuni MCR ini diadakan di Los Angeles, California, pada 20 Desember 2019. Tahun depan, mereka juga sudah mengantongi jadwal manggung di 3 negara, yaitu Jepang, Australia, dan New Zealand. Banyak orang berspekulasi bahwa MCR bakal membuat album baru setelahnya.

 

Kalau memang 4 grup musik tersebut benar-benar bakal comeback, bisa dipastikan skena musik global jadi lebih seru. Dari deretan grup musik di atas, mana yang paling lo tunggu comeback-nya, Urbaners?

 

 

Sources: nme.com, huffingtonpost.co.uk, idntimes.com, loudersound.com