Brit Awards 2018 Nominations, Adakah yang Menarik Perhatian? - MLDSPOT
  • Music News
  • Brit Awards 2018 Nominations, Adakah yang Menarik Perhatian?

Brit Awards 2018 Nominations, Adakah yang Menarik Perhatian?

Thu, 18 January 2018
Brit Awards 2018 Nominations, Adakah yang Menarik Perhatian?

Urbaners, ajang penghargaan musik paling bergengsi di Inggris, Brit Awards, telah mengumumkan nama-nama musisi yang masuk dalam daftar nominasi Brit Awards 2018 beberapa waktu yang lalu. Brit Awards sendiri rutin diselenggarakan setiap tahunnya sejak tahun 1977 oleh British Phonographic Industry. Puncak acara Brit Awards 2018 ini rencananya akan diselenggarakan pada 21 Februari mendatang.

Nama Dua Lipa dan Ed Sheeran pun dikabarkan akan tampil pada puncak acara Brit Awards di O2 Arena, London. Ada juga Sam Smith dan Foo Fighters yang turut memeriahkan perhelatan tersebut. Jadi penasaran, kan, siapa aja sih musisi yang mendapat nominasi di Brit Awards 2018 ini?

 

Dua Lipa borong lima kategori

Penyanyi cantik yang memulai karir di YouTube, Dua Lipa, nggak disangka-sangka berhasil memborong lima kategori sekaligus dalam Brit Awards 2018. Namanya masuk ke dalam daftar nominasi British Female Solo Artist, British Album of the Year, British Single, British Breakthrough Act, dan British Artist Video of the Year. Meski baru berusia 22 tahun, pelantun lagu New Rules ini siap bersaing dengan musisi papan atas lainnya.

 

Nama Ed Sheeran masuk dalam empat kategori

Pemilik nama asli Edward Christopher Sheeran, atau yang lebih populer dengan nama Ed Sheeran ini juga patut diperhitungkan di kancah musik internasional. Terbukti, namanya masuk menjadi nominasi Brit Awards 2018 dalam kategori British Male Solo Artist, British Album of the Year, British Single, dan British Artist Video of the Year. Di kategori British Male Solo Artist, ia harus bersaing ketat dengan penyanyi HipHop, Loyle Carner, yang saat ini tengah naik daun.

 

Daftar lengkap nominasi Brit Awards 2018

British Artist Video of the Year

Anne-Marie, "Ciao Adios"

Calvin Harris Feat. Pharrell Williams/Katy Perry/Big Sean, "Feels"

Clean Bandit Feat. Zara Larsson, "Symphony"

Dua Lipa, "New Rules"

Ed Sheeran, "Shape of You"

Harry Styles, "Sign of The Times"

Jonas Blue Feat. William Singe, "Mama"

Liam Payne Feat. Quavo, "Strip That Down"

Little Mix, "Touch"

ZAYN and Taylor Swift, "I Don't Wanna Live Forever"

 

British Breakthrough Act

Dave

Dua Lipa

J Hus

Loyle Carner

Sampha

 

British Female Solo Artist

Dua Lipa

Jessie Ware

Kate Tempest

Laura Marling

Paloma Faith

 

British Male Solo Artist

Ed Sheeran

Liam Gallagher

Loyle Carner

Rag'N'Bone Man

Stormzy

 

British Group

Gorillaz

London Grammar

Royal Blood

Wolf Alice

The xx

 

British Album of the Year

Dua Lipa, Dua Lipa

Ed Sheeran, ÷

J Hus, Common Sense

Rag'n'Bone Man, Human

Stormzy, Gang Signs & Prayer

 

British Single

Calvin Harris Feat. Pharrell Williams/Katy Perry/Big Sean, "Feels"

Clean Bandit Feat. Zara Larsson, "Symphony"

Dua Lipa, "New Rules"

Ed Sheeran, "Shape of You"

J Hus, "Did You See"

Jax Jones Feat. Raye, "You Don't Know Me"

Jonas Blue Feat. William Singe, "Mama"

Liam Payne Feat. Quavo, "Strip That Down"

Little Mix, "Touch"

Rag'n'Bone Man, "Human"

 

Nah, Urbaners itulah tadi nama-nama musisi yang masuk ke dalam nominasi Brit Award 2018. Menurut lo siapa aja yang bakal berhasil mendapat piala penghargaan nanti? Let’s wait!

 

 

Source: billboard.com

Balutan Jazz dan Lo-Fi dalam Album Sleepless Night Indra Lesmana

Thu, 04 March 2021
Indra Lesmana

Musik jazz emang nggak ada matinya – bahkan dari perkembangannya sejak 1919 masuk ke Indonesia, musik jazz udah berkembang banget. Terkenal sebagai musik yang nggak ada matinya, musisi jazz di Indonesia pun semakin berkembang.

Tapi dari berkembangnya musisi jazz di masa sekarang, lo pastinya nggak boleh lupa dengan orang musisi terdahulu Indonesia yang ikut mengembangkan industri musik jazz di Indonesia – salah satunya Indra Lesmana.

Indra Lesmana pada bulan September 2020 lalu sempat merilis album bertajuk Sleepless Nights. Album yang menghadirkan sentuhan musik jazz dengan nuansa lo-fi dijamin bakal bikin lo ketagihan buat denger deh!

Di album ke-27, Indra Lesmana mencoba membuat sesuatu yang berbeda dan mencoba mengikuti tren yang sedang diminati saat ini. Memulai karyanya sejak tahun 1978, apa yang istimewa dari album baru Indra Lesmana ini?

Meskipun sudah terlampau 6 bulan, MLDSPOT mencoba mengupas tuntas album baru dari Indra Lesmana ini. Selengkapnya langsung aja simak ulasan di bawah ini, bro!

Memproduksi Semuanya Sendiri

Indra Lesmana

Credit image – Dok. MLDSPOT

Mengeluarkan album di era new normal ini pastinya bukan hal yang mudah. Tapi hal ini berhasil ditepis oleh Indra Lesmana dan membuat album Sleepless Night dengan hasil yang sangat ciamik ini.

Dikarenakan keadaan ini, Indra Lesmana nggak bisa bertemu dengan banyak orang dan juga nggak banyak melibatkan banyak pihak. Akhrinya, Indra menyelesaikan album ini dengan semuanya sendiri, bro!

Dengan produksi musik mulai dari aransemen, memainkan alat musiknya, merekam instrumen dari keyboards, gitar, saxophone, hingga proses mixing dan mastering. Dengan seluruh kesulitan yang ada, Indra Lesmana mengaku sangat enjoy menjalani hal ini dengan sendirian.

“Di era new normal ini, kemampuan bermusik saya harus saya kembangkan dan saya harus tetap berkeasi meskipun di rumah secara mandiri” ujarnya pada Antara News.

Wah, emang nggak heran kalau Indra Lesmana dinobatkan jadi musisi jazz paling keren abad ini ya, bro!

Balutan Jazz dan Lo-fi

Mendengarkan musik jazz rasanya udah biasa – terlebih musik jazz pun sekarang udah bisa lo nikmatin di mana-mana. Tapi untuk genre lagu lo-fi, apakah sebelumya lo udah pernah denger?

Untuk lo yang suka dengerin lagu lewat Youtube, lo-fi sepertinya udah bukan hal yang asing lagi untuk lo dengar. Lo-fi atau yang memiliki artu low fidelity adalah jenis musik yang direkam dengan peralatan sederhana dan hasilnya sangat sederhana, namun hasil musiknya sangat menenangkan.

Di album Slepless Night ini Indra sukses menggabungkan jazz dengan sentuhan lo-fi ke dalam 6 tracks yang ada di album ini, di antaranya:"It Could Happen To You","You Don’t Know What Love Is","What Are You Doing The Rest Of Your Life”, "But Beautiful", "Someone To Watch Over Me", dan "The Nearness Of You".

Perjalanan Karir Indra Lesmana

Indra Lesmana

Credit image – Dok. MLDSPOT

Sejak 1978, Indra Lesmana udah total mengeluarkan 27 album – dan Sleepless Night merupakan album terakhirnya yang mencoba untuk menjangkau para penikmat musik masa kini. Indra Lesmana mengaku agak kesulitan untuk menyamakan selera dan juga mengikuti industri musik jazz saat ini.

Indra Lesmana mengaku, perjalanan berkarirnya dalam dunia musik sudah melintasi waktu dan menyentuh banyak generasi. Baginya, memproduksi musik yang bisa dinikmati oleh semua kalangan menjadi sebuah bentuk apresiasi diri.

Pastinya nggak mudah bagi Indra Lesmana untuk menciptakan lagu dengan menggabungkan genre lain selain jazz dalam albumnya, but, guess what? He did it!

Album yang bisa menemani waktu senggang dan nyantai ini sudah tersedia di seluruh platform musik digital dan bisa lo nikmati kapan aja, enjoy!

 

Feature image – Indra Lesmana