Home Music David Bowie Jadi Greatest Entertainer Abad 21
David Bowie Jadi Greatest Entertainer Abad 21

David Bowie Jadi Greatest Entertainer Abad 21

Wednesday, January 23, 2019 - 14:36
Bagikan
Facebook Twitter Email

Urbaners, baru-baru ini BBC Two mengadakan sebuah polling dan mengeluarkan nama David Bowie sebagai greatest entertainer atau artis paling terkenal di abad ke 21 ini. Pria kelahiran London, 8 Januari 1947 itu memang sudah nggak diragukan lagi popularitasnya di seluruh dunia. Sejak merilis single pertamanya bertajuk Space Oddity nama David Bowie semakin melambung di ranah musik internasional.

 

Mengalahkan Marilyn Monroe hingga Billie Holiday

Mengalahkan Marilyn Monroe hingga Billie Holiday

Mendiang David Bowie sukses menyabet gelar greatest entertainer abad 21 setelah mengalahkan sederet artis Hollywood papan atas lainnya. Mulai dari Charlie Chaplin, si cantik Marilyn Monroe, hingga Billie Holiday pada kategori panggung hiburan. Berdasarkan pilihan masyarakat Inggris, sosok David Bowie adalah yang paling terkenal. Nggak heran juga soalnya musisi legendaris ini memang jago banget nulis lagu dan bermain film.

 

Bakal bersaing dengan tokoh besar lainnya

Dilansir dari The Independent, masuknya nama David Bowie sebagai nominee kategori penghibur merupakan sebuah rekomendasi yang diberikan oleh aktris berbakat Kathleen Turner. Meski sudah berhasil menyandang gelar The Greatest Entertainer abad 21, musisi yang menghembuskan napas terakhir pada Januari 2016 ini bakal bersaing dengan tokoh-tokoh besar dunia, seperti Nelson Mandela, untuk memperebutkan gelar ikon terbaik abad 20 pada bulan Februari mendatang.

 

Sempat menolak penghargaan Ratu Inggris

Sempat menolak penghargaan Ratu Inggris

Pria yang berhasil membawa pulang empat trophy Grammy Awards 2017 berkat album terakhirnya, Blackstar, ini sebelumnya sempat menolak penghargaan yang diberikan oleh Ratu Inggris. Penghargaan itu merupakan Commander of the Order of the British Empire (CBE), yang diberikan untuk masyarakat dengan kontribusi besar terhadap kehidupan di Britania Raya. Beruntung, penolakan itu nggak berpengaruh terhadap karir bermusik David Bowie hingga di akhir usianya.

 

Pernah rekam lagu berbahasa Indonesia lho!

Urbaners, lo pasti nggak percaya kalau David Bowie ini ternyata pernah rekaman lagu berbahasa Indonesia di tahun 1991 dan 1992 silam. Tercatat ada dua lagu yang dinyanyikan Bowie dalam bahasa Indonesia, yaitu Amlapura dan Jangan Susahkan Hatiku yang merupakan terjemahan dari lagu populernya Don’t Let Me Down.

 

Dengan segudang prestasi yang dimiliki selama berkarir di dunia musik, rasanya David Bowie memang pantas memiliki gelar The Greatest Entertainer abad ke-21. Jadi, gimana menurut pendapat lo soal penghargaan yang diterima mendiang David Bowie tadi?

 

 

Source: independent.co.uk, billboard.com, tempo.co