• Music News
  • Kurosuke: Proyek Musik "Random" yang Serius

Kurosuke: Proyek Musik "Random" yang Serius

Thu, 05 September 2019
Kurosuke: Proyek Musik "Random" yang Serius

Kalau lo belum terlalu familiar dengan Kurosuke, mungkin lo sudah mengenal nama Christianto Ario. Keduanya adalah orang yang sama, Urbaners. Kurosuke merupakan sebuah proyek musik yang dibentuk Ario secara spontan. Siapa sangka proyek iseng-iseng tersebut justru mendapat tempat tersendiri di hati para penikmat musik tanah air? Yuk, ikuti perjalanan musik Kurosuke di bawah ini, Urbaners!

 

Dulunya Sering Membantu Musisi Lain

Berkolaborasi dengan Diskoria, Kurosuke tampil bersama di atas panggung.

 

Ario nggak begitu saja terjun ke dunia musik tanah air. Sejak berusia 3 tahun, ia sudah mulai bermain drum untuk mendekatkan diri dengan musik. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak instrumen musik yang ia mainkan. Ario pun kerap diajak bekerja sama untuk berbagai proyek musik. Mondo Gascaro, Diskoria, dan Polka Wars adalah segelintir musisi yang pernah mengajaknya berkolaborasi, baik itu untuk mengisi keyboard, piano, atau bermain gitar.

Nggak cuma itu, Ario juga pernah memiliki band sendiri dengan nama Anomalyst, di mana ia menjadi sang frontman. Kalau lo pernah mendengarkan album Anomalyst berjudul Segara yang cukup booming pada 2017, hal tersebut nggak terlepas dari campur tangan Ario.

 

Terpikir Begitu Saja Membuat Kurosuke

Ario bersandar di tembok menggunakan kemeja putih dan trouser hitam

 

Lalu, gimana ceritanya saat ini ia bisa muncul dengan Kurosuke? Sama seperti lo semua, Ario juga pernah mengalami kebosanan dalam hidup. Setelah malam sebelumnya tampil dengan Mondo Gascaro, ia pun memutuskan untuk membuat album dadakan demi memberikan warna baru dalam hidup. Bahkan saat itu ia belum tahu mau bikin album seperti apa, yang jelas Ario yakin bahwa ia memang ingin merilis album single.

Lahirlah proyek Kurosuke yang bisa dibilang cukup berbeda dari Anomalyst. Kalau Anomalyst cenderung pop-rock, maka Kurosuke terdengar sangat pop. Karena dikerjakan sebagai proyek single, nggak mengherankan kalau lagu-lagu Kurosuke jadi lebih personal dan relatable dengan pendengar.

 

Baru Saja Rilis Single Baru

Cover single terbaru Kurosuke berjudul Little Joy.

 

Sampai sekarang, Kurosuke masih aktif berkarya lho, Urbaners. Pada akhir Juli 2019 lalu, Kurosuke merilis single terbaru berjudul Little Joy. Video klipnya bahkan baru dirilis pada 15 Agustus 2019 kemarin. Sesuai judulnya, Little Joy bercerita tentang berbagai kebahagiaan sederhana yang sering dilupakan. Lebih dari itu, ternyata Kurosuke juga merilis lagu ini sebagai bentuk apresiasi atas salah satu band favoritnya, Little Joy.

 

Penasaran dengan lagu-lagu khas Kurosuke? Segera dengarkan di layanan online streaming seperti Spotify atau Apple Music!

 

 

Sources: supermusic.id, incotive.com

Konser Drive-In akan Hadir di Jakarta

Thu, 04 June 2020
Konser musik drive-in dengan panggung megah dan kembang api, ditonton ratusan mobil

Belakangan ini, semakin banyak konser musik yang ditunda bahkan dibatalkan. Memang bukan jadi hal mengejutkan lagi, mengingat kondisi Indonesia terkini. Tetapi, ada kabar baik buat lo. Sebentar lagi lo bisa mengikuti konser musik, tetapi di dalam mobil.

Lo nggak salah baca, Bro. Konser drive-in akan hadir di Jakarta menghibur para pecinta musik yang sudah rindu berat, apalagi buat lo yang suka dengerin musik #MumpungLagiDirumah. Ini dia informasi lengkap mengenai konser unik ini.

 

Sudah Berhasil Diterapkan di Negara Lain

Seorang penyanyi wanita di atas panggung, ditonton oleh mobil-mobil di sebuah lapangan hijau

Pasti lo jadi bertanya-tanya apakah konser drive-in realistis untuk dilakukan. Jawabannya, tentu saja Bro! Konsep ini memang masih terdengar asing di telinga, namun ternyata sudah berhasil diterapkan di Amerika dan Eropa. Bahkan, musisi sekelas Keith Urban saja sudah menyelenggarakan konser drive-in pada bulan Mei lalu di Tennessee.

Nggak hanya itu saja, Amerika dan Eropa juga sudah mulai merencanakan serangkaian konser musik dengan konsep drive-in sejak bulan Maret. DJ D-Nice selepas manggung di acara konser drive-in ini juga mengungkapkan rasa antusiasnya. Di mana para penonton akan membunyikan klakson untuk menunjukkan apresiasi. Rasanya seperti konser pada umumnya. Tampaknya, para musisi juga ikut senang dan tertarik dengan adanya konsep baru ini.

 

Hadir di Bulan Agustus

Seorang penyanyi dengan gitar di atas panggung tampak di layar besar dalam sebuah konser drive-in

Melihat kesuksesan konser drive-in di luar negeri, Jakarta juga nggak mau ketinggalan. Rasanya, para pecinta musik di Indonesia sudah nggak sabar untuk bisa merasakan euforia sambil menikmati musik live. Kabar gembira buat lo, konser drive-in akan secara resmi digelar di bulan Agustus tahun ini.

Meski begitu, masih belum ada informasi lengkap mengenai line up konser ini. Diselenggarakan oleh Berlian Entertainment dengan Mata Elang Productions dan Mahaka Radio Integra, konser drive-in sudah memiliki akun Instagram resmi. Kalau lo tertarik untuk mendaftarkan diri segera mungkin, lo bisa melakukannya di sini.

 

Tetap Patuh Terhadap Protokol Kesehatan

Dua orang wanita duduk di atas mobil sambil mengenakan masker kain

Serupa dengan konsep bioskop drive-in, konser ini juga dinikmati di dalam mobil masing-masing orang. Tetap mengikuti himbauan dan protokol pencegahan virus, ya. Musisi-musisi di atas panggung tetap menjaga jarak satu sama lain. Selain itu, konsep drive-in juga memungkinkan lo untuk menikmati konser tanpa harus berdesakan dengan penonton lainnya.

Berlian Entertainment sendiri berkomitmen untuk menghadirkan konser yang mengedepankan aturan sesuai kondisi terkini. Maksudnya, konser yang akan diselenggarakan di bulan Agustus ini bisa dinikmati tanpa rasa khawatir akan penyebaran virus, namun diharapkan tetap waspada dengan kondisi kesehatan masing-masing.

 

Solusi untuk Industri Musik

Tampak konser sebelum COVID-19, ramai penonton yang berdempetan, empat orang di atas panggung

Seperti yang lo tahu, adanya pandemi ini membuat industri musik terpuruk. Nggak ada lagi konser atau acara musik, tempat orang-orang berkumpul untuk menikmati musik live dari musisi kesayangan. Alasan dibuatnya konser drive-in ini adalah untuk membangkitkan kembali industri musik, menjadi secercah harapan bagi para musisi serta pecinta musik, dan menggerakkan roda ekonomi yang bertumpu sepenuhnya pada musik.

Konser bisa ditonton dari dalam mobil, alunan musiknya juga bisa terdengar jelas meski lo ada di dalam mobil. Menurut Berlian Entertainment, konser ini akan tetap menghadirkan tata cahaya dan panggung spektakuler layaknya konser pada umumnya. Musik akan terhubung langsung ke jaringan FM radio di dalam mobil masing-masing.

 

 

Sources: The Jakarta Post, Billboard, Kompas