• Music News
  • Lewat Pilu Membiru, Kunto Aji Hadirkan Warna Baru di Industri Musik Indonesia

Lewat Pilu Membiru, Kunto Aji Hadirkan Warna Baru di Industri Musik Indonesia

Wed, 20 November 2019
Kunto Aji merilis video klip Pilu Membiru Experience dengan suasana yang sendu dan menyayat hati.

Mengawali karier di dunia musik lewat ajang pencarian bakat Indonesian Idol, nama Kunto Aji semakin melejit lewat debut single bertajuk Terlalu Lama Sendiri di tahun 2014. Dengan karakter vokalnya yang khas, nggak sulit bagi solois asal Yogyakarta ini untuk memenangkan hati penggemarnya. Termasuk saat beberapa waktu lalu Kunto Aji menggarap ulang lagu Pilu Membiru dalam sebuah video klip bernuansa sendu. Video ini diunggah melalui platform YouTube dengan kemasan baru, sehingga bisa kembali dinikmati dengan cara yang berbeda.

 

Hadirkan Materi Prolog yang Menguras Emosi

Potret kedekatan Kunto Aji dan Adjie Santosoputro setelah menyelesaikan syuting video klip Pilu Membiru Experience.

Urbaners, berbeda dari kebanyakan video klip yang pernah lo tonton, karya musik terbaru dari Kunto Aji ini menghadirkan materi prolog yang menguras emosi. Terdapat dua prolog yang bisa lo temukan di video klip tersebut. Prolog pertama dibawakan langsung oleh Kunto Aji, sedangkan di bagian prolog kedua lo bisa menyaksikan kehadiran Adjie Santosoputro. Adjie merupakan psikolog muda yang juga aktif berperan sebagai praktisi pemulihan batin.

 

Mengangkat Kisah Nyata Tentang Kehilangan dan Rasa Sakit

Suasana sendu semakin terasa ketika video klip Pilu Membiru Experience menghadirkan tiga orang penggemar dengan kisahnya masing-masing. Mereka adalah Dede Yulia, Natasha Hangraini, dan Rama Faishal. Penuturan kisah nyata tentang kehilangan dan rasa sakit yang dialami ketiga orang tersebut benar-benar menyentuh. Diiringi dengan musik aransemen baru yang ditambahkan instrumen biola, video klip Pilu Membiru Experience benar-benar bakal bikin lo merinding bahkan menitikkan air mata.

 

Menggandeng Tiga Narator Hebat

Najwa Shihab dipercaya menjadi salah satu narator dibalik proses penggarapan video klip Pilu Membiru Experience.Nggak hanya menampilkan materi prolog yang menguras emosi, Pilu Membiru Experience menjadi lebih ‘hidup’ berkat tiga orang narator hebat di balik layar. Termasuk presenter Najwa Shihab, aktor muda Iqbaal Ramadhan, serta penyanyi cantik Nadin Amizah, yang sempat berkolaborasi dengan Dipha Barus. Ketiga narator tersebut menuturkan cerita kehidupan tentang rasa kesepian, kerinduan pada sosok ibu yang belum pernah ditemui, hingga perpisahan karena kematian yang tragis.

 

Membawa Pesan yang Sangat Dalam

Konsep video klip Pilu Membiru Experience memang menjadi warna baru di industri musik Indonesia. Karya yang satu ini nggak hanya menyampaikan sebuah kisah nyata melalui media sosial, tetapi juga membawa pesan yang cukup dalam. Kunto Aji melalui karya musik terbarunya berusaha meyakinkan para penggemar bahwa musik bisa ‘menyembuhkan’ hati yang terluka. Sementara media sosial nggak selalu memberikan dampak buruk bagi penggunanya.

Aransemen baru serta konsep video klip yang unik sempat membawa video klip Pilu Membiru Experience menduduki posisi puncak trending YouTube. Gimana menurut pendapat lo?

 

Source: cnnindonesia.com

Konser Drive-In akan Hadir di Jakarta

Thu, 04 June 2020
Konser musik drive-in dengan panggung megah dan kembang api, ditonton ratusan mobil

Belakangan ini, semakin banyak konser musik yang ditunda bahkan dibatalkan. Memang bukan jadi hal mengejutkan lagi, mengingat kondisi Indonesia terkini. Tetapi, ada kabar baik buat lo. Sebentar lagi lo bisa mengikuti konser musik, tetapi di dalam mobil.

Lo nggak salah baca, Bro. Konser drive-in akan hadir di Jakarta menghibur para pecinta musik yang sudah rindu berat, apalagi buat lo yang suka dengerin musik #MumpungLagiDirumah. Ini dia informasi lengkap mengenai konser unik ini.

 

Sudah Berhasil Diterapkan di Negara Lain

Seorang penyanyi wanita di atas panggung, ditonton oleh mobil-mobil di sebuah lapangan hijau

Pasti lo jadi bertanya-tanya apakah konser drive-in realistis untuk dilakukan. Jawabannya, tentu saja Bro! Konsep ini memang masih terdengar asing di telinga, namun ternyata sudah berhasil diterapkan di Amerika dan Eropa. Bahkan, musisi sekelas Keith Urban saja sudah menyelenggarakan konser drive-in pada bulan Mei lalu di Tennessee.

Nggak hanya itu saja, Amerika dan Eropa juga sudah mulai merencanakan serangkaian konser musik dengan konsep drive-in sejak bulan Maret. DJ D-Nice selepas manggung di acara konser drive-in ini juga mengungkapkan rasa antusiasnya. Di mana para penonton akan membunyikan klakson untuk menunjukkan apresiasi. Rasanya seperti konser pada umumnya. Tampaknya, para musisi juga ikut senang dan tertarik dengan adanya konsep baru ini.

 

Hadir di Bulan Agustus

Seorang penyanyi dengan gitar di atas panggung tampak di layar besar dalam sebuah konser drive-in

Melihat kesuksesan konser drive-in di luar negeri, Jakarta juga nggak mau ketinggalan. Rasanya, para pecinta musik di Indonesia sudah nggak sabar untuk bisa merasakan euforia sambil menikmati musik live. Kabar gembira buat lo, konser drive-in akan secara resmi digelar di bulan Agustus tahun ini.

Meski begitu, masih belum ada informasi lengkap mengenai line up konser ini. Diselenggarakan oleh Berlian Entertainment dengan Mata Elang Productions dan Mahaka Radio Integra, konser drive-in sudah memiliki akun Instagram resmi. Kalau lo tertarik untuk mendaftarkan diri segera mungkin, lo bisa melakukannya di sini.

 

Tetap Patuh Terhadap Protokol Kesehatan

Dua orang wanita duduk di atas mobil sambil mengenakan masker kain

Serupa dengan konsep bioskop drive-in, konser ini juga dinikmati di dalam mobil masing-masing orang. Tetap mengikuti himbauan dan protokol pencegahan virus, ya. Musisi-musisi di atas panggung tetap menjaga jarak satu sama lain. Selain itu, konsep drive-in juga memungkinkan lo untuk menikmati konser tanpa harus berdesakan dengan penonton lainnya.

Berlian Entertainment sendiri berkomitmen untuk menghadirkan konser yang mengedepankan aturan sesuai kondisi terkini. Maksudnya, konser yang akan diselenggarakan di bulan Agustus ini bisa dinikmati tanpa rasa khawatir akan penyebaran virus, namun diharapkan tetap waspada dengan kondisi kesehatan masing-masing.

 

Solusi untuk Industri Musik

Tampak konser sebelum COVID-19, ramai penonton yang berdempetan, empat orang di atas panggung

Seperti yang lo tahu, adanya pandemi ini membuat industri musik terpuruk. Nggak ada lagi konser atau acara musik, tempat orang-orang berkumpul untuk menikmati musik live dari musisi kesayangan. Alasan dibuatnya konser drive-in ini adalah untuk membangkitkan kembali industri musik, menjadi secercah harapan bagi para musisi serta pecinta musik, dan menggerakkan roda ekonomi yang bertumpu sepenuhnya pada musik.

Konser bisa ditonton dari dalam mobil, alunan musiknya juga bisa terdengar jelas meski lo ada di dalam mobil. Menurut Berlian Entertainment, konser ini akan tetap menghadirkan tata cahaya dan panggung spektakuler layaknya konser pada umumnya. Musik akan terhubung langsung ke jaringan FM radio di dalam mobil masing-masing.

 

 

Sources: The Jakarta Post, Billboard, Kompas