• Music News
  • Lewat Pilu Membiru, Kunto Aji Hadirkan Warna Baru di Industri Musik Indonesia

Lewat Pilu Membiru, Kunto Aji Hadirkan Warna Baru di Industri Musik Indonesia

Wed, 20 November 2019
Kunto Aji merilis video klip Pilu Membiru Experience dengan suasana yang sendu dan menyayat hati.

Mengawali karier di dunia musik lewat ajang pencarian bakat Indonesian Idol, nama Kunto Aji semakin melejit lewat debut single bertajuk Terlalu Lama Sendiri di tahun 2014. Dengan karakter vokalnya yang khas, nggak sulit bagi solois asal Yogyakarta ini untuk memenangkan hati penggemarnya. Termasuk saat beberapa waktu lalu Kunto Aji menggarap ulang lagu Pilu Membiru dalam sebuah video klip bernuansa sendu. Video ini diunggah melalui platform YouTube dengan kemasan baru, sehingga bisa kembali dinikmati dengan cara yang berbeda.

 

Hadirkan Materi Prolog yang Menguras Emosi

Potret kedekatan Kunto Aji dan Adjie Santosoputro setelah menyelesaikan syuting video klip Pilu Membiru Experience.

Urbaners, berbeda dari kebanyakan video klip yang pernah lo tonton, karya musik terbaru dari Kunto Aji ini menghadirkan materi prolog yang menguras emosi. Terdapat dua prolog yang bisa lo temukan di video klip tersebut. Prolog pertama dibawakan langsung oleh Kunto Aji, sedangkan di bagian prolog kedua lo bisa menyaksikan kehadiran Adjie Santosoputro. Adjie merupakan psikolog muda yang juga aktif berperan sebagai praktisi pemulihan batin.

 

Mengangkat Kisah Nyata Tentang Kehilangan dan Rasa Sakit

Suasana sendu semakin terasa ketika video klip Pilu Membiru Experience menghadirkan tiga orang penggemar dengan kisahnya masing-masing. Mereka adalah Dede Yulia, Natasha Hangraini, dan Rama Faishal. Penuturan kisah nyata tentang kehilangan dan rasa sakit yang dialami ketiga orang tersebut benar-benar menyentuh. Diiringi dengan musik aransemen baru yang ditambahkan instrumen biola, video klip Pilu Membiru Experience benar-benar bakal bikin lo merinding bahkan menitikkan air mata.

 

Menggandeng Tiga Narator Hebat

Najwa Shihab dipercaya menjadi salah satu narator dibalik proses penggarapan video klip Pilu Membiru Experience.Nggak hanya menampilkan materi prolog yang menguras emosi, Pilu Membiru Experience menjadi lebih ‘hidup’ berkat tiga orang narator hebat di balik layar. Termasuk presenter Najwa Shihab, aktor muda Iqbaal Ramadhan, serta penyanyi cantik Nadin Amizah, yang sempat berkolaborasi dengan Dipha Barus. Ketiga narator tersebut menuturkan cerita kehidupan tentang rasa kesepian, kerinduan pada sosok ibu yang belum pernah ditemui, hingga perpisahan karena kematian yang tragis.

 

Membawa Pesan yang Sangat Dalam

Konsep video klip Pilu Membiru Experience memang menjadi warna baru di industri musik Indonesia. Karya yang satu ini nggak hanya menyampaikan sebuah kisah nyata melalui media sosial, tetapi juga membawa pesan yang cukup dalam. Kunto Aji melalui karya musik terbarunya berusaha meyakinkan para penggemar bahwa musik bisa ‘menyembuhkan’ hati yang terluka. Sementara media sosial nggak selalu memberikan dampak buruk bagi penggunanya.

Aransemen baru serta konsep video klip yang unik sempat membawa video klip Pilu Membiru Experience menduduki posisi puncak trending YouTube. Gimana menurut pendapat lo?

 

Source: cnnindonesia.com

Grup Musik Populer yang Akan Comeback di Tahun 2020

Tuesday, December 31, 2019 - 14:47
Personil My Chemical Romance berdiri berdampingan, masing-masing mengenakan jaket warna berbeda

Banyak momen seru yang terjadi pada industri musik global selama tahun 2019, mulai dari TikTok yang viral sampai berbagai lagu yang sukses pecahkan rekor Billboard. Sebagai music lovers, tentunya lo berharap tahun 2020 nanti bakal memberikan berbagai kejutan musik yang nggak kalah seru. Sepertinya harapan lo bakal terkabul, Urbaners, karena ada sejumlah grup musik ternama yang dikabarkan bakal comeback pada tahun 2020 nanti!

 

Pussycat Dolls

Para anggota Pussycat Dolls dalam kostum bertema warna hitam, putih, dan merah, di salah satu event

Rumor bahwa Pussycat Dolls bakal comeback tentunya nggak muncul begitu saja. Untuk pertama kalinya dalam 10 tahun, girlband asal Amerika ini tampil bersama di panggung. Mereka menjadi bintang tamu di acara X Factor yang tayang pada 30 November 2019 kemarin. Nggak cuma membawakan medley lagu-lagu hits mereka terdahulu, Pussycat Dolls juga menampilkan cuplikan lagu terbaru mereka, React. Karena penampilan di X Factor ini, banyak fans menebak kalau Pussycat Dolls bakal comeback pada 2020.

 

Fifth Harmony

Keempat anggota Fifth Harmony berdiri berdampingan di salah satu event

Grup musik jebolan X Factor ini memang belum terlalu lama hiatus, tepatnya pada tahun 2018 lalu. Hebatnya, sebelum vakum mereka tetap memutuskan buat jalan berempat sebagai grup setelah ditinggal oleh salah satu personilnya, Camila Cabello. Setelah vakum, masing-masing personil Fifth Harmony cukup sibuk dengan karya masing-masing. Namun, banyak yang memperkirakan bahwa mereka bakal comeback pada tahun 2020.

 

Fun

Tiga personil Fun, dalam kostum kemeja warna-warni

Masih ingat dengan lagu Some Nights yang dibawakan oleh Fun? Walaupun mungkin terkesan sebagai lagu one hit wonder karena setelahnya Fun seolah menghilang, sebetulnya Fun nggak pernah break-up. Fun adalah grup musik asal Amerika yang terdiri dari 3 anggota, yaitu Jack, Nate, dan Andrew. Memutuskan vakum sejak Februari 2015, Fun tetap memberi update kepada fans melalui website, bahwa mereka sedang mencoba untuk membuat karya baru. Siapa tahu bakal rilis pada 2020, kan?

 

My Chemical Romance

My Chemical Romance saat reuni manggung di Los Angeles, terlihat sang vokalis mengenakan kemeja hijau

Setelah 7 tahun, akhirnya My Chemical Romance (MCR) kembali tampil di atas panggung membawakan lagu-lagu hits mereka seperti Welcome to The Black Parade dan I’m Not Okay (I Promise). Reuni MCR ini diadakan di Los Angeles, California, pada 20 Desember 2019. Tahun depan, mereka juga sudah mengantongi jadwal manggung di 3 negara, yaitu Jepang, Australia, dan New Zealand. Banyak orang berspekulasi bahwa MCR bakal membuat album baru setelahnya.

 

Kalau memang 4 grup musik tersebut benar-benar bakal comeback, bisa dipastikan skena musik global jadi lebih seru. Dari deretan grup musik di atas, mana yang paling lo tunggu comeback-nya, Urbaners?

 

 

Sources: nme.com, huffingtonpost.co.uk, idntimes.com, loudersound.com