Home Music Melihat Strategi Para Artis yang Lebih Sreg Mengeluarkan Single daripada Album
Melihat Strategi Para Artis yang Lebih Sreg Mengeluarkan Single daripada Album

Melihat Strategi Para Artis yang Lebih Sreg Mengeluarkan Single daripada Album

Wednesday, May 16, 2018 - 10:57

Bagi lo yang mengikuti perkembangan musik, pasti sadar ada salah satu hal yang kayaknya kurang beres. Jika dulu banyak band atau penyanyi yang mengeluarkan album secara serempak, sekarang tren tersebut mulai berubah, Urbaners. Para penyanyi lebih sreg untuk mengeluarkan single terlebih dahulu, baru setelah itu mengeluarkan album. Nggak hanya penyanyi baru, Taylor Swift dan Justin Timberlake pun menerapkan hal yang sama.

 

Songwriter banyak yang kewalahan

Rollingstone.com mewawancarai Savan Kotecha, salah satu songwriter terkenal di Amerika Serikat. Jika dulu Kotecha disibukkan untuk membuat beberapa lagu untuk satu album, maka sekarang sebaliknya. Kotecha akan membuat satu lagu terlebih dahulu, kemudian lagu tersebut akan diluncurkan di pasaran. Tugas Kotecha nggak berakhir sampai di sini, dia harus mempelajari input dari penggemar sang penyanyi.

“Ini adalah soal bagaimana kita mengeluarkan lagu yang bagus,” terang Kotecha.

Kotecha yang udah menelurkan lagu-lagu terkenal seperti What Makes You Beautiful dari One Direction, Problem dari Ariana Grande, dan Can’t Feel My Face dari The Weeknd memang bukan orang sembarangan. Sekarang Kotecha sedang menggarap lagu dari para penyanyi yang sedang naik daun, seperti Cardi B dan Camila Cabello.

 

Artis papan atas juga punya cara yang sama

Taylor Swift mengeluarkan 4 lagu terlebih dahulu sebelum akhirnya mengeluarkan album Reputation. Kemudian Justin Timberlake mempromosikan 3 lagu sebelum keluar album Man in the Woods, dan terakhir ada Rae Sremmurd mengeluarkan 6 lagu sebelum album SR3MM keluar. Cara ini dinilai sangat efektif karena pihak produser rekaman bisa tau kapan hype album mencapai puncaknya dan pada akhirnya langsung diluncurkan.

Salah satu kelemahan dari mengeluarkan album terlebih dahulu adalah para artis bisa tenggelam jika ternyata albumnya kurang disukai. Tetapi di sisi lain, jika lo mengeluarkan lagu terlebih dahulu, produser akan tau jenis lagu apa yang disukai. Hmm, strategi yang menarik, Urbaners.

 

 

Source: rollingstone.com