Home Music Mengenal Asal-Usul dan Sejarah Gitar
Mengenal Asal-Usul dan Sejarah Gitar

Mengenal Asal-Usul dan Sejarah Gitar

Wednesday, May 22, 2019 - 00:08
Bagikan
Facebook Twitter Email

Gitar menjadi salah satu instrumen musik yang paling banyak digunakan oleh para musisi di seluruh penjuru dunia. Dengan rangkaian senar yang tepat, gitar mampu menghasilkan irama harmonis yang begitu merdu. Meskipun begitu, sayangnya masih banyak yang belum tahu tentang sejarah gitar. Apakah lo termasuk salah satunya? Yuk, belajar sama-sama biar lo paham asal-usul dan sejarah gitar yang biasa lo mainkan itu!

 

Berawal dari alat musik tradisional Spanyol

Sampai saat ini, sejarah gitar sebenarnya masih jadi bahan perdebatan bagi sejumlah pengamat musik. Namun, banyak yang meyakini bahwa asal-usul gitar ini mulai diperkenalkan awal abad ke-16 oleh penduduk Spanyol. Saat itu, gitar sudah memiliki desain berlekuk serta dilengkapi dengan empat senar berpasangan yang bisa menghasilkan bunyi berbeda-beda. Pada masa itu, gitar hanya memiliki empat kunci nada, yaitu C – F – A – D. Gitar yang ada juga memiliki ukuran relatif lebih kecil dan lubang suara yang juga belum melebar seperti gitar masa kini.

 

Beberapa kali mengalami perubahan desain

Beberapa kali mengalami perubahan desain

Urbaners, seiring perkembangan zaman ternyata gitar juga mengalami banyak perubahan, terutama dalam hal desainnya. Diketahui memasuki akhir abad ke-18, senar gitar yang ada berjumlah 6, dengan sistem penyeteman yang masih sangat standar. Dari 6 senar itu, lo bisa mendapatkan beberapa kunci nada seperti E – A – D – G – B – E’. Sementara di abad ke-19, fingerboard gitar dinaikkan hingga sedikit di atas tingkat perut dan dibuat melebar hingga ke tepi lubang suara.

 

Popularitas sempat menurun di akhir abad ke-19

Lo pasti merasa keren saat bermain gitar, tetapi hal ini justru nggak bisa lo dapatkan di akhir abad ke-19. Pasalnya, sejarah gitar menyatakan bahwa popularitas alat musik petik ini justru menurun meski sempat populer di abad sebelumnya. Beruntung ada seorang komposer populer bernama Francisco Tarrega yang kembali berkarya menggunakan gitar. Melalui metode permainan baru yang diperkenalkan Francisco, gitar kembali mendapatkan perhatian masyarakat dunia.

 

Senar gitar nggak lagi pakai usus binatang

Senar gitar nggak lagi pakai usus binatang

Sejarah gitar menghadirkan inovasi terbesar melalui tangan Antonio Torres. Jika sebelumnya senar gitar klasik dibuat dengan rangkaian 3 usus binatang dan 3 senar sutera yang dipintal logam, maka di tahun 1946 bahan usus binatang sudah nggak lagi dipakai. Sebaliknya, Torres justru menggunakan bahan nylon atau plastik demi menghasilkan suara lebih nyaring dan merdu. Seiring berkembangnya zaman, jenis gitar yang ada semakin beragam, mulai ukulele, gitar akustik, gitar listrik, sampai bass.

 

Sejarah gitar di Indonesia

Setelah memahami asal-usul gitar, lo pastinya penasaran gimana ceritanya alat musik ini bisa masuk ke Indonesia. Jadi, untuk pertama kalinya masyarakat nusantara mengenal gitar dari orang-orang Portugis yang saat itu menjadi tawanan kolonial Belanda. Sejak saat itu, gitar mulai dimainkan bersama dengan kesenian tradisional lainnya yang ada di Indonesia, termasuk musik keroncong. Setelah kemerdekaan, gitaris-gitaris tanah air seperti Linda Sukamta dan Andre Irawan berhasil memenangkan The First South East Asian Guitar Festival tahun 1977 dan 1978.

 

Urbaners, ternyata sebelum menjadi alat musik populer seperti saat ini, asal-usul dan sejarah gitar cukup panjang dan rumit juga, ya. Gimana menurut pendapat lo sebagai orang yang juga hobi main gitar?

 

 

Sources: muda.kompas.id, britannica.com