• Music News
  • Mengenal Musik Jazz lebih Dekat Melalui Komunitas Musik Jazz Indonesia

Mengenal Musik Jazz lebih Dekat Melalui Komunitas Musik Jazz Indonesia

Tue, 15 August 2017
Komunitas musik jazz Indonesia

Sebagai salah satu wujud kebudayaan masyarakat yang mencintai seni, musik adalah bagian yang tidak terpisahkan yang selalu berkembang waktu demi waktu. Di dalamnya, komunitas musik menjadi motor penggerak utama yang memegang andil dalam berkembangnya suatu genre musik tertentu. Adanya komunitas musik di berbagai daerah memungkinkan perkembangan musik tetap berjalan, Urbaners!

 

Komunitas Musik Jazz di Indonesia

Komunitas musik merupakan hal yang sangat baik, khususnya bagi suatu aliran musik tertentu. Musik jazz pada dasarnya bukan aliran yang paling banyak didengarkan di Indonesia. Namun, para penikmat musik jazz tetap ada dan bertahan dari masa ke masa. Untuk itu, komunitas musik jazz merupakan salah satu jalan keluar yang terbaik untuk menjaga perkembangan musik tersebut. Di Indonesia, kini telah banyak terdapat komunitas musik jazz di berbagai daerah. Setiap penikmat musik jazz memiliki banyak pilihan untuk bisa bergabung dan belajar banyak hal tentang musik jazz dari setiap komunitas tersebut.

Misalnya ada Klab Jazz dari kota Bandung. Komunitas yang diawali dari segelintir pencinta musik jazz ini mendedikasikan dirinya untuk mengembangkan dan memasyarakatkan musik jazz di kota tersebut. Hasilnya, kini tidak sedikit lapisan masyarakat yang mengenal, menikmati, dan ikut mengembangkan musik jazz ini.

Lainnya, ada TwoSix, komunitas Jazz di kota Pahlawan Surabaya. Misi yang diemban komunitas ini, juga adalah jazz untuk semua orang. Musik jazz yang dulunya dikenal sebagai musik kalangan atas dan hanya dinikmati oleh golongan tertentu saja, kini telah mulai merambah jiwa-jiwa muda kota Surabaya tanpa batasan status sosial. Entah kaya atau miskin, tua muda, semua bisa menikmati aliran musik jazz di dalam sanubarinya.

Di antara komunitas musik tersebut, Komunitas Jazz Kemayoran (KJK) adalah salah satunya yang hadir sebagai pemuas dahaga bagi para penikmat musik jazz di Jakarta. Komunitas ini bertujuan untuk memperkenalkan musik jazz di masyarakat sekaligus sebagai ajang kumpul musisi jazz tanah air untuk saling bertukar pikiran. Seperti apa kegiatan dari Komunitas Jazz Kemayoran?

 

Ajang Jazz Setiap Minggu

Ajang Jazz Setiap Minggu - Komunitas musik jazz Indonesia

Di rumah yang terletak di Jalan Kampung Irian 1 No. 31 10/16, Kemayoran, Jakarta Pusat, berdiri markas Komunitas Jazz Kemayoran (KJK), di mana para anggotanya selalu berkumpul untuk bersilaturahmi. Tempat tersebut merupakan rumah dari pendiri KJK, Beben Supendi Mulyana atau kerap disapa Beben Jazz, yang juga seorang dosen seni musik di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta.

Setiap Kamis malam, pukul 8-11 tepatnya, selalu diadakan event jazz yang menarik. Acara yang bertajuk ‘Kamisan’ ini merupakan ajang kumpul para anggota. Tidak hanya sekadar berbincang, ada pula unsur edukasi di setiap Kamisan. Yang menarik, setiap Kamisan selalu memiliki tema khusus sehingga para anggota tidak melulu melakukan hal yang sama.

Tidak hanya pecinta jazz saja yang bisa bergabung di ajang Kamisan. Urbaners yang merupakan penikmat musik aliran selain jazz,  orang-orang dari berbagai kalangan, mahasiswa atau karyawan, bisa main musik atau tidak, bisa turut bergabung di ajang tersebut.

 

Konsep “Jazz untuk Semua”

Konsep “Jazz untuk Semua” - Komunitas musik jazz Indonesia

Dari pertemuan Kamisan yang hanya dihadiri oleh empat belas orang, saat ini tidak kurang dari seribu orang tergabung dalam KJK. Yang membanggakan, sudah ada setidaknya seratus grup band jazz yang lahir dari komunitas ini. Tidak salah bila setiap tahunnya selalu ada wakil dari KJK pada setiap event jazz nasional.

Komunitas ini dibentuk sejak tanggal 17 Maret 2004 dan Beben Jazz ingin agar komunitas jazz memiliki hubungan yang erat dengan visi dan misi, antara lain silaturahmi lewat jazz, edukatif, serta bermanfaat. Dari sinilah dibentuk program Belajar Jazz Gratis, di mana para anggota bisa berlatih bermain alat musik ala musisi jazz profesional. Beben ingin agar konsep “Jazz Untuk Semua” benar-benar digalakkan dan menjadi suatu budaya di Indonesia.

komunitas musik jazz

Bergabung dengan sebuah komunitas musik jazz Indonesia tidak sulit. Asalkan Urbaners punya ketertarikan yang dalam tentang musik jazz dan punya komitmen dan dedikasi untuk menjadi bagian dari komunitas tersebut, maka lo bisa bergabung dalam komunitas ini. Di dalam komunitas ini, Urbaners bisa ikut berkembang dan mengembangkan musik jazz itu seiring waktu!

Jelas, manfaat dari bergabung dengan komunitas musik jazz Indonesia tidak bisa dianggap remeh. Dengan bergabung dalam komunitas musik, Urbaners bisa mengenal musik jazz lebih dalam lagi. Urbaners bisa belajar banyak dari mereka-mereka yang tahu jazz lebih banyak dan lo juga bisa berbagi dan bertukar pikiran tentang jazz lewat cara yang santai.

 

Sources:
komunita.id/2016/07/12/komunitas-jazz-kemayoran-wadah-para-penikmat-musik-jazz/
wartajazz.com/category/komunitas/jakarta-jazz-society
bebenjazz.com/kjk-about.php
generation-g.id/styleofnewgeneration/post/the-unity-of-jazz-community
infobdg.com/v2/klab-jazz-komunitas-pecinta-musik-jazz-di-bandung/
miner8.com/id/7470

Melomaniac, Konser Virtual Garapan Java Festival Production

Wed, 08 July 2020
Artwork poster konser virtual Melomaniac dengan background abu-abu

Setiap scrolling media sosial, pasti akan melihat pengumuman pembatalan atau pengunduran jadwal konser musik yang sudah lo nantikan. Ini memang krisis buat lo para pencinta musik. Tetapi, nggak berarti lo akan kesepian #MumpungLagiDirumah. Apalagi dengan adanya inovasi konser drive-in dan konser virtual seperti Melomaniac yang baru saja digelar minggu lalu.

Melomaniac sendiri artinya orang yang menyukai lagu abnormal atau orang yang mencintai musik. Digelar oleh promotor papan atas, simak keseruan Melomaniac berikut ini.

 

Konser Virtual Gratis

Tangan membentuk hati di tengah keramaian konser musik

Peran Java Festival Production dalam aktivitas musik di Indonesia sudah nggak perlu dipertanyakan lagi. Sejak tahun 2006, promotor ini sudah sukses menggelar berbagai konser musisi lokal dan mancanegara, sekaligus festival musik yang keren banget. Sebut saja Jakarta International Java Jazz Festival, Hodgepodge Festival, dan Synchronize Fest dari sekian banyak proyek ternama promotor Java Festival Production.

Meski sekarang blantika musik tengah dilanda oleh pandemi, tetap saja Bro musik akan terus menghibur lo #MumpungLagiDirumah. Pada hari Sabtu kemarin (4/7), Java Festival Production menggelar konser virtual gratis bertajuk Melomaniac dengan tema Black American Music Edition.

Didukung oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat, konser edisi pertama ini bisa dikatakan sebagai bentuk perayaan untuk momen 4th of July atau hari kemerdekaan negara Amerika Serikat. Apalagi mengingat adanya isu rasisme yang sedang merebak di Amerika Serikat, nggak diragukan lagi kalau Melomaniac kali ini menjadi bentuk dukungan untuk gerakan #BlackLivesMatter.

 

Menyanyikan Lagu Populer dari Musisi Black Americans

Whitney Houston mengenakan atasan beige sedang bernyanyi di atas panggung

Daya tarik dari konser virtual yang satu ini adalah temanya, Bro. Nggak bisa dipungkiri kalau jejak musik para musisi Afrika Amerika sampai sekarang masih sangat lantang didengar. Bukan hanya dalam genre R&B atau hip-hop saja nih, tetapi juga mencakup lintas genre, contohnya pop, jazz, blues, dan rock.

Melomaniac dibuat oleh Java Festival Production sebagai jawab kepada para penggemar yang rindu berada di konser musik secara langsung. Event ini juga jadi bentuk dukungan pada industri musik sendiri. Dalam konser virtual ini, para pemirsa atau concert goers akan menikmati lagu-lagu dari musisi Afrika Amerika ternama, mulai dari Aretha Franklin, Marvin Gaye, Stevie Wonder, hingga Whitney Houston.

 

Daftar Penyanyi yang Bergabung

Dira Sugandi memakai dress hitam sedang bernyanyi diiringi alunan piano

Walaupun merupakan konser virtual gratis via live streaming, tetapi daftar musisi lokal yang diundang oleh Java Festival Production ini nggak main-main, Bro. Ada suara emas dari Dira Sugandi, Elfa Zulham, Sri Hanuraga, Dhani Syah, Kevin Yosua, dan Ayoe. Kualitas suaranya juga setara dengan kualitas konser internasional, kok. Lengkap dengan alat musik profesional dan sound system yang berkualitas.

Jadi, nggak terlihat ada lagging atau kesalahan teknis selama konser berjalan. Buat lo yang ketinggalan ikut Melomaniac, tenang saja. Dikarenakan ini merupakan edisi pertama, besar kemungkinan Java Festival Production akan menggelar edisi kedua dari Melomaniac. Kita tunggu saja ya, Bro!

 

 

Sources: Kumparan, Gatra, VOI.