• Music News
  • Menikmati Musik Dengan Cara Yang Berbeda Bersama Oomleo & Sofar Sounds

Menikmati Musik Dengan Cara Yang Berbeda Bersama Oomleo & Sofar Sounds

Tue, 20 August 2019
Menikmati Musik Dengan Cara Yang Berbeda Bersama Oomleo & Sofar Sounds

Konsep acara musik apa yang lo suka, Urbaners? Kini tidak hanya konser besar, gigs kecil ataupun café/bar menawarkan konsep yang cukup unik untuk lo menikmati weekend. Seperti Oomleo yang berhasil menaikkan kembali budaya karaoke di setiap sudut kota Jakarta dengan playlist yang membuat lo bernostalgia atau Sofar Sounds dengan surprise gigs-nya dengan pengisi acara yang dirahasiakan dan venue tidak biasa. Kedua Inspiring Lifestyle ini menjadi pembahasan MLDSPOT TV x NET Season 4 Episode 6 dengan tema "Different Music Experience", Urbaners! Penasaran keseruannya seperti apa? Check this out!

 

Oomleo: Bapak Karaoke Indonesia

 Bapak Karaoke Indonesia

Mari nobatkan Oomleo sebagai bapak karaoke Indonesia! Pasalnya, seniman satu ini merupakan pelopor adanya segmen karaoke di bar/cafe hits Jakarta. Dan kini bernyanyi sekeras-kerasnya bak penyanyi sungguhan bersama para pengunjung lain menjadi salah satu pilihan favorit warga Jakarta.

Sebenarnya program ini sudah cukup lama dijalani oleh Oomleo. Awalnya, ia membuat program karaoke MIDI pada tahun 2003. Hingga akhirnya di tahun 2010-2011, Oomleo Karaoke pun semakin berkembang seiring dengan kemunculan beragam software baru yang melampaui teknologi MIDI dan membuatnya semakin terfasilitasi. Menurut penglihatan Oomleo, kini orang yang datang ke bar atau club bukan lagi untuk berjoget tapi sing-a-long. Langkah untuk tampil di beragam jenis acara sengaja dilakukan karena dirinya ingin menembus sekat-sekat budaya dengan menggunakan medium karaoke.

Nggak sendirian, Oomleo juga kerap ditemani oleh tim-nya atau bahkan kolaborasi dengan musisi-musisi yang membuat lo tercengang. Seperti berita baru-baru ini, Oomleoo akan meramaikan Synchronize Festival 2019 nanti bersama Radja, Setia Band, Wali, dan Babang Andika eks-Kangen Band. Penasaran nggak sih akan seperti apa sesi karaoke mereka nanti?

 

Sofar Sounds: Acara Musik Dengan Musisi Dirahasiakan

 Acara Musik Dengan Musisi Dirahasiakan

Nonton acara gigs dengan pengisi acara yang dirahasiakan bukan sekedar gimmick bagi Sofar Sounds! Acara musik berbasis komunitas global di mana para musisi dan seniman serta penonton bisa berkumpul. Dalam satu dekade, Sofar Sounds yang berpusat di London, Inggris telah berkembang hingga ke lebih dari 400 kota di 70 negara di seluruh dunia, termasuk Jakarta. Sofar Sounds benar-benar merahasiakan segala detail terkait acaranya. Biasanya, Sofar Sounds hanya akan memberikan tanggal acara berikutnya beserta kawasan di mana acara tersebut akan diselenggarakan. Nantinya bagi yang tertarik menonton harus daftar terlebih dahulu dan dipilih secara acak. Pengunjung yang terpilih baru benar-benar mengetahui pengisi acara saat hari-H, Urbaners! Tidak hanya pengisi acara misterius, venue yang dipilih oleh Sofar Sounds juga tidak biasa, seperti basement, rooftop ataupun galeri seni.

Konsep ini dipilih agar para pecinta musik dapat merasakan pengalaman berbeda, dan tidak terpatok pada satu atau beberapa genre saja. Dan tidak menutup kemungkinan untuk memperkenalkan musik baru untuk para pengunjung. Sejumlah musisi yang pernah manggung di Sofar Sounds antara lain Pamungkas, Vira Talisa, Matter Halo, Monita Tahalea, Glaskaca, Pandai Besi, NonaRia, Bonita, dan Petra Sihombing. Tertarik untuk datang ke surprise gigs Sofar Sounds, Urbaners?

 

 

Rich Brian: DOA - Suasana Baru Dari Rapper Andalan?

Fri, 18 September 2020
Cerita dibalik video musik Rich Brian DOA

Ada suasana segar yang dibawa oleh Rich Brian di album terbarunya, 1999 – di lagu DOA. Beatnya yang dinamis, Brian seperti membawa energi baru di mana para penikmatnya, mungkin dibuat terkejut dengan musik di lagu ini. Lo sudah dengar belum bro?

Dari beberapa lagu yang termasuk di dalam album 1999, DOA menjadi salah satu lagu favoritnya. Dilansir dari tirto – DOA adalah sebuah singkatan dari Dead On Arrival. Brian menceritakan kalau lagu ini adalah tentang persaingan dengan seseorang yang memiliki peluang nol di tempat pertama.

Kalau dari segi musik, melodi yang ada di dalam lagu DOA mengingatkannya kepada salah satu grup kesukaannya, yaitu Gorillaz. Lagu ini adalah lagu yang Brian nyanyikan ketika iya merasa mesti lebih baik daripada sebelumnya secara umum.

 

DOA Jadi Energi Tersendiri Dari Brian

rich brian DOA

Credit Image: cultr.com

Mungkin kalau rapper lain bisa saja meminta mobil Lamborghini, Ferrari atau mobil sport lainnya – tapi Brian? Oh my god – dia malah pilih Civic baru. Ini cukup jadi pembeda antara Brian dan rapper lainnya.

Di dalam video musik DOA, diperlihatkan kalau Brian menghabiskan waktunya berada dengan mobilnya. Baik saat dalam perjalanan dan saat mobilnya mogok juga. Tingkah dari Brian sendiri juga menyesuaikan dengan beat dari DOA ini sendiri.

Sehingga di video musik DOA kali ini, Brian terlihat lebih ‘pecicilan’ daripada video musik lainnya. Tidak apa, sih – justru hal ini jadi penyegar dan pembeda serta warna tersendiri dari Brian untuk video musik DOA ini.

Jika ditelisik dari musiknya sendiri, Brian menceritakan kalau DOA berasal dari sesi jamming dirinya, Jacob Ray, dan Diamond Pistols, lalu dengan random Louis Bell juga datang. Brian mengaku ia menjadi penggemar musiknya walau sudah mengenalnya lama dan pada hari itu ia bekerja untuknya.

Selain DOA, di dalam album 1999, setidaknya ada beberapa lagu andalan lainnya seperti ‘Don’t Care’, ‘Love in My Pocket’, ‘Long Run’, ‘When You Come Home’, dan ‘Sins’. Nah selain DOA, ‘Sins’ juga jadi lagu andalan Brian.

Dalam pengerjaan album ini, sebagian besar materi di sini diproduksi sendiri oleh Brian. Namun tetap ada yang ia kerjakan bersama dengan Bekon & The Donuts, Diamond Pistols dan Louis Bell. Dari album 1999, ada video musik yang cukup menarik perhatian, yaitu video musik dari Love in My Pocket.

Brian menceritakan kalau video musik ini jadi favoritnya sementara ini. Video musik dari Love in My Pocket menceritakan tentang bagaimana mencoba menjadi sempurna tidak akan berhasil di sebagian besar waktu.

Bro, apakah lo tahu album 1999 ini adalah album ke berapa dari Brian? Tahun 2019 lalu, Brian merilis albumnya yang berjudul The Sailor, 2018 Head in the Clouds dan ditahun yang sama juga yaitu Amen. Ketenaran Brian berangkat ketika ia mengeluarkan single Dat $tick dan langsung direkrut oleh label 88Rising.

Wah bagaimana nih bro? Dari segala penjelasan di atas – apakah lo sendiri sudah menonton dan menikmati video musik DOA dari Rich Brian? Kalau belum, langsung saja gas dan nonton di sini ya bro!

 

Feature Image – whiteboardjournal.com