• Music News
  • Rencana Coldplay Menggelar Tur 'Everyday Life' yang Ramah Lingkungan

Rencana Coldplay Menggelar Tur 'Everyday Life' yang Ramah Lingkungan

Tue, 26 November 2019
Konsep cover album coldplay “Everyday Life”

Setelah penantian 4 tahun, akhirnya Coldplay merilis album terbaru mereka pada 22 November 2019 kemarin. Diberi judul Everyday Life, album ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Sunrise dan Sunset. Menariknya, Coldplay merilis album tersebut secara langsung melalui channel YouTube mereka. Jadi, para penggemar bisa ikutan live streaming.

Perilisan album baru biasanya dibarengi juga dengan rencana untuk tur. Namun, sepertinya Coldplay nggak bakal melakukan hal tersebut dalam waktu dekat. Coldplay masih merancang formula agar bisa mengadakan tur yang ramah lingkungan.

 

Konser Musik Jadi Salah Satu Penyumbang Emisi Terbesar

Salah satu cover di album “Everyday Life” Coldplay

Keputusan Coldplay tersebut bukannya tanpa alasan, Urbaners. Menurut Network’s Touring Guide, seperti yang dikutip dari situs Liputan6.com, konser musik menjadi salah satu penyumbang emisi terbesar. Sumbernya berasal dari perjalanan yang dilakukan penonton ke venue. Banyak penonton yang mengendarai mobil untuk datang ke tempat konser.

Ternyata bukan cuma Coldplay yang punya pikiran sama. Sebelumnya Radiohead pernah mengadakan konser yang ramah lingkungan. Pada tahun 2008, mereka menyelenggarakan Carbon Neutral World Tour. Konser dilakukan di area pinggir kota yang dekat dengan akses transportasi umum, sehingga mendorong penonton buat menggunakannya.

 

Merancang Tur yang Ramah Lingkungan

Salah satu cuplikan live streaming saat Coldplay sedang merilis album terbarunya

Lalu, gimana Coldplay bakal menggelar tur yang ramah lingkungan? Sejujurnya mereka masih mencari cara terbaik untuk mengeksekusi rencana tersebut. Coldplay ingin tur mereka di masa depan bisa berkelanjutan dan ramah lingkungan.

We’ve done a lot of big tours at this point. How do we turn it around so it’s not so much taking as giving?” kata sang vokalis Coldplay, Chris Martin, ketika berbicara kepada media BBC News.

 

Album yang Mengangkat Isu Lingkungan

Salah satu artwork untuk album Coldplay terbaru, Everyday Life. Anggota Coldplay duduk berjejer di atas kursi.

Coldplay rupanya memiliki perhatian cukup besar terhadap isu lingkungan. Ide seputar isu ini dituangkan melalui album Everyday Life ini. Menurut Martin, album tersebut mencerminkan perasaan mereka tentang lingkungan. Jadi, memang sejak awal Coldplay ingin merancang tur yang sejalan dengan pesan mereka di album Everyday Life. Martin dan kawan-kawan ingin agar tur mereka bisa bermanfaat secara aktif.

 

Karena masih dalam proses perancangan, sampai sekarang belum ada kabar pasti kapan Coldplay bakal melangsungkan tur untuk album Everyday Life. Sambil nunggu, lo bisa mendengarkan album mereka di Spotify atau Apple Music, ya!

 

 

Sources: tirto.id, nme.com, liputan6.com

The Strokes Rilis Album Baru Setelah 7 Tahun

Thursday, February 20, 2020 - 14:47

Jika lo pencinta musik rock, terutama lagu-lagu dari The Strokes, nggak lama lagi lo akan bisa mendengarkan karya-karya baru mereka dalam album teranyar The New Abnormal. Band yang dibentuk sejak 1998 itu segera mengeluarkan album terbaru, dengan formasi lengkap Albert Hammond Jr, Fabrizo Moretti, Julian Casablancas, Nikolai Fraiture, dan Nick Valensi.

Album The New Abnormal

The Strokes mengumumkan tanggal rilis album pada acara kampanye Bernie Sanders di New Hampshire

Setelah tujuh tahun vakum, akhirnya album baru dari The Strokess dirilis dengan judul The New Abnormal. Frasa The New sendiri mengacu pada sesuatu yang baru, setelah sekian lama nggak ada album yang dikeluarkan. The New Abnormal merupakan album ke-6 milik band rock asal New York Amerika Serikat itu. Dalam momentum ini, The Strokes menyanyikan dua lagu yang ada pada album barunya.

Album The New Abnormal akan dirilis pada April mendatang. Pengumuman ini disampaikan Selasa 11 Februari lalu, tepatnya beberapa jam setelah menghadiri kampanye calon presiden Bernie Sanders di New Hampshire. Album The New Abnormal berisi sembilan lagu, diantaranya The Adults are Talking, Bad Decisions, At the Door, dan Why Are Sundays So Depressing.

Rilis Video Klip

Beberapa video klip dari lagu yang ada pada album The New Abnormal sudah bisa ditonton di kanal YouTube. Satu diantaranya adalah At the Door. Lagu ini menjadi satu diantara sekian lagu di dalam album yang dikerjakan di Shangri-La Studios, California. Lagu At the Door sendiri dirilis pada 14 Februari lalu, bertepatan dengan Hari Valentine. Lo akan merasakan tabuhan drum Fab Moretti yang benar-benar menghentak. Ini akan mengobati rasa kangen akan musik pop rock dengan suara drum yang menderu.

 

Kepastian Rilis Album

Kerinduan pada genre musik rock membuat The Strokes sudah berencana sejak tahun lalu untuk menelurkan album barunya. Tahun lalu, band yang digawangi Albert Hammond Jr, Fabrizo Moretti, Julian Casablancas, Nick Valensi, dan Nikolai Fraiture ini sudah memberikan pernyataan langsung tentang rencana peluncuran album baru. Bahkan di akhir 2019, band asal New York ini sempat menyanyikan The Adults Are Talking, salah satu lagu yang ada di album terbaru mereka.

Pada momen itu, Julian mengatakan bahwa tahun 2020 akan ada sebuah kejutan atau surprise untuk para fans. Ini membuat penggemar memiliki kepastian, setelah terdengar kabar burung sejak September 2019 tentang peluncuran album. Album ke-enam yang akan dirilis April mendatang akan melanjutkan diskografi setelah album Comedown Machine yang dirilis tujuh tahun lalu. The Strokes juga pernah merilis Future Present Past EP pada 2016, tapi dalam bentuk mini album yang hanya berisi empat lagu.

Setelah mendapat kepastian tentang tanggal rilis album ke-7 dari The Strokes, sudah siapkah untuk mendengarnya?

Source: Billboard, Kumparan, Matamatamusik