Home Music Rencana Coldplay Menggelar Tur 'Everyday Life' yang Ramah Lingkungan
Konsep cover album coldplay “Everyday Life”

Rencana Coldplay Menggelar Tur 'Everyday Life' yang Ramah Lingkungan

Tuesday, November 26, 2019 - 14:30
Bagikan
Facebook Twitter Email

Setelah penantian 4 tahun, akhirnya Coldplay merilis album terbaru mereka pada 22 November 2019 kemarin. Diberi judul Everyday Life, album ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Sunrise dan Sunset. Menariknya, Coldplay merilis album tersebut secara langsung melalui channel YouTube mereka. Jadi, para penggemar bisa ikutan live streaming.

Perilisan album baru biasanya dibarengi juga dengan rencana untuk tur. Namun, sepertinya Coldplay nggak bakal melakukan hal tersebut dalam waktu dekat. Coldplay masih merancang formula agar bisa mengadakan tur yang ramah lingkungan.

 

Konser Musik Jadi Salah Satu Penyumbang Emisi Terbesar

Salah satu cover di album “Everyday Life” Coldplay

Keputusan Coldplay tersebut bukannya tanpa alasan, Urbaners. Menurut Network’s Touring Guide, seperti yang dikutip dari situs Liputan6.com, konser musik menjadi salah satu penyumbang emisi terbesar. Sumbernya berasal dari perjalanan yang dilakukan penonton ke venue. Banyak penonton yang mengendarai mobil untuk datang ke tempat konser.

Ternyata bukan cuma Coldplay yang punya pikiran sama. Sebelumnya Radiohead pernah mengadakan konser yang ramah lingkungan. Pada tahun 2008, mereka menyelenggarakan Carbon Neutral World Tour. Konser dilakukan di area pinggir kota yang dekat dengan akses transportasi umum, sehingga mendorong penonton buat menggunakannya.

 

Merancang Tur yang Ramah Lingkungan

Salah satu cuplikan live streaming saat Coldplay sedang merilis album terbarunya

Lalu, gimana Coldplay bakal menggelar tur yang ramah lingkungan? Sejujurnya mereka masih mencari cara terbaik untuk mengeksekusi rencana tersebut. Coldplay ingin tur mereka di masa depan bisa berkelanjutan dan ramah lingkungan.

We’ve done a lot of big tours at this point. How do we turn it around so it’s not so much taking as giving?” kata sang vokalis Coldplay, Chris Martin, ketika berbicara kepada media BBC News.

 

Album yang Mengangkat Isu Lingkungan

Salah satu artwork untuk album Coldplay terbaru, Everyday Life. Anggota Coldplay duduk berjejer di atas kursi.

Coldplay rupanya memiliki perhatian cukup besar terhadap isu lingkungan. Ide seputar isu ini dituangkan melalui album Everyday Life ini. Menurut Martin, album tersebut mencerminkan perasaan mereka tentang lingkungan. Jadi, memang sejak awal Coldplay ingin merancang tur yang sejalan dengan pesan mereka di album Everyday Life. Martin dan kawan-kawan ingin agar tur mereka bisa bermanfaat secara aktif.

 

Karena masih dalam proses perancangan, sampai sekarang belum ada kabar pasti kapan Coldplay bakal melangsungkan tur untuk album Everyday Life. Sambil nunggu, lo bisa mendengarkan album mereka di Spotify atau Apple Music, ya!

 

 

Sources: tirto.id, nme.com, liputan6.com