Inilah Pemenang MLDSPOT Content Hunt Season 3 - MLDSPOT
  • News
  • Inilah Pemenang MLDSPOT Content Hunt Season 3

Inilah Pemenang MLDSPOT Content Hunt Season 3

Thu, 05 March 2020
winners

Urbaners, akhirnya MLDSPOT Content Hunt Season 3 tuntas diselenggarakan. Kegiatan ini telah dijalankan sejak 21 Oktober 2019 hingga 19 Januari 2020 di platform Instagram dan berhasil mengumpulkan lebih dari 1.000 submissions! MLDSPOT Content Hunt adalah kompetisi rutin dari MLDSPOT yang mengajak anak muda untuk mencari #INSPIRINGPEOPLE #INSPIRINGPRODUCTS #INSPIRINGPLACES dan #INSPIRINGCOMMUNITIES yang ada di sekitar dan juga semangat menyebarkan inspirasi tersebut.

Seluruh submissions tersebut kemudian dikurasi oleh kurator-kurator handal Indonesia yang kreatif di bidangnya, yaitu: Ade Putri Paramadita pada kategori Inspiring People, Yung (Untold) pada Inspiring Products, Trinity Traveler pada Inspiring Places, dan Boylagi pada Inspiring Communities. Dari hasil kurasi para juri handal tersebut, terpilihlah empat pemenang untuk masing-masing kategori. Mereka adalah Dede Abdurrahman (Inspiring People), Rokhmad Joko Santoso (Inspiring Products), Ferry Irwandi (Inspiring Places), dan Bugar Ashari (Inspiring Communities).

Gimana kisah mereka mencuri hati para kurator dan menginspirasi semua orang? Lo bisa simak ceritanya di sini!

Wadah Inovatif untuk Pengamen Jalanan

Dede Abdurrahman

Dede Abdurrahman mencalonkan Andi Malewa sebagai Inspiring People karena keberaniannya mengekspresikan diri. Andi Malewa adalah sosok anak muda rantau dari Makassar yang tidak setuju dengan implementasi Perda Kota Depok Nomor 16 Tahun 2012 terkait ketertiban umum. 

Menurut Andi, Perda tersebut tidak dibarengi solusi kepada musisi jalanan. Karena itulah, Andi Malewa mendirikan Institut Musisi Jalanan (IMJ) bersama rekan-rekannya sebagai wadah musisi jalanan untuk mengekspresikan diri dan berkarya.

Source: Youtube.com - The Journey of Andi Malewa

Source: Youtube.com - The Journey of Andi Malewa

Di IMJ, para pengamen jalanan dibina dan bisa tampil di tempat-tempat umum seperti hotel, restoran, dan café melalui program “Supercard” bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kemudian, bekerja sama dengan GoPay Indonesia, IMJ memperluas kesempatan ‘manggung’ para pengamen dengan melakukan “ngamen online” melalui QR Code. Metode ini adalah yang pertama di Asia Tenggara dan lo bisa menyawer pengamen melalui transaksi digital! Inspiratif banget kan?

 

Sustainable Watch dari Klaten

rokhmad

Dunia saat ini membutuhkan gerakan eco living untuk menggalakkan semangat kepedulian akan alam. Lewat konten yang ia produksi, Rokhmad Joko Santoso mengingatkan bahwa lo bisa tampil keren sambil menyelamatkan alam. Salah satunya adalah dengan memakai Inspiring Products yang ramah lingkungan, seperti Eboni Watch.

Selain menggunakan bahan-bahan yang berkelanjutan, produk jam asal Klaten ini juga menerapkan desain yang “Indonesia” banget, mulai dari Goa Jomblang, Barong, dan batik parang.

Source: eboni-watch.com

Source: eboni-watch.com

Nilai inspiratif lain dari Eboni Watch adalah desain-desainnya yang dibuat oleh para perajin muda di Kecamatan Bayat, Klaten, yang dulunya menganggur. Lewat semangat lokalitas, produk-produk keren dari Eboni bisa menembus pasar internasional lho, Urbaners!

 

Destinasi Surga di Tanah Minangkabau

ferry

Lewat rekaman video selama beberapa menit, Ferry Irwandi berhasil merangkum Inspiring Places yang bisa lo nikmati saat mengunjungi Bumi Minangkabau. Mulai dari pesona tempat wisata, kenikmatan kuliner, sampai dengan seni dan budaya, Bumi Minangkabau bakal membuat lo jatuh cinta.

Source: Wikipedia

Dengan backsound yang ear catchy dan scene yang kaya visual, suguhan video dari Ferry sontak membuat Urbaners yang melihat tayangan ini seketika sadar kalau Indonesia adalah gudang wisata yang menakjubkan. Dunia bahkan sudah mengakui kalau Mentawai adalah salah satu tempat berselancar terbaik, demikian juga dengan rendang dan tari piringnya yang awesome banget. Gimana, masih ragu untuk menjejakkan kaki di Padang?

 

Komunitas Traveling: Jalan-Jalan Sekaligus Edukasi

bugar

Bugar Ashari merekomendasikan Travel Culture Indonesia sebagai Inspiring Communities. Menurutnya, sebagai salah satu anggota dari komunitas ini, Travel Culture Indonesia bukan cuma komunitas jalan-jalan biasa. Mereka selalu mengedukasi setiap wisatawan untuk tetap produktif dan kreatif.

Lewat beberapa konten yang dibuatnya di Instagram, Bugar berbagi pengalamannya ketika bergabung dengan komunitas ini. Aktivitas seru yang bisa lo ikuti antara lain adalah kontes membuat caption foto, kompetisi foto, edukasi mengenai cara mengedit foto serta traveling bareng.

bugar

Anggotanya yang lintas usia nggak membuat komunitas ini memiliki jarak, justru makin solid. Kuncinya satu, yaitu pertemuan intens dan kegiatan yang saling membangun. Ada banyak komunitas traveling, tetapi sejatinya komunitas yang baik adalah yang memberikan kesempatan bagi anggotanya untuk maju dan berdikari.

Pulau Derawan dan Penghargaan Rp25.000.000

keseruan

Untuk membangkitkan semangat serta mengapresiasi konten inspiratif yang dibuat oleh keempat pemenang, mereka mendapatkan hadiah trip ke Kepulauan Derawan. Selama lima hari, mereka menghabiskan waktu untuk menikmati Pulau Kakaban, snorkeling, berenang di dalam Gua Haji Mangku, barbeque party, mengunjungi konservasi penangkaran anak penyu di Pulau Sangalaki, dan aktivitas-aktivitas seru lainnya.

Bukan hanya liburan seru yang mereka peroleh, tetapi juga uang senilai Rp25.000.000 untuk masing-masing pemenang sebagai bentuk apresiasi terhadap inspirator lokal. Tertarik untuk memberikan inspirasi yang sama? Jangan lupa untuk ikutan MLDSPOT Content Hunt Season selanjutnya ya, Urbaners!

Sampai jumpa di MLDSPOT Content Hunt Season 4!

Congrats, Bro! Ini Deretan Pemenang Video Competition #MLDSPOTNEWNORMALRIDE !

Wed, 30 September 2020
pemenang dari video competition MLDSPOTNEWNORMALRIDE

Gue sudah bilang berulang kali bro sama lo kalau @mldspot pastinya nggak pernah main-main soal video competition. Seperti video competition #MLDSPOTNEWNORMALRIDE – sekarang gue sudah punya tiga pemenangnya.

Sebelumnya, congrats buat lo semua yang bakal gue mention di bawah ini – lo berhasil membuktikan kalau keadaan seperti ini, tidak membuat lo semua berhenti untuk menjadi kreatif dan produktif. Terbukti dari berbagai video yang begitu menarik, lo semua benar-benar kreatif, bro!

#MLDSPOTNEWNORMALRIDE – memang menjadi ajang buat lo semua yang sedang menggeluti tren gowes, untuk membuat cerita yang begitu menarik dan disubmit ke @mldspot – sekali lagi bro, ini jadi acuan kalau diri lo bisa selalu kreatif dan produktif #MauLagiDimanapun dan kondisi seperti apapun.

Respect buat lo semua yang sudah submit videonya ke gue. Buat lo yang belum menang – tenang, sans saja bro – karena @mldspot nggak berhenti sampai #MLDSPOTNEWNORMALRIDE saja. Masih ada tantangan-tantangan seru, terkait video competition lainnya yang bakal digelar sebentar lagi.

Buat lo yang belum menang – lo bisa ikutan video competition berikutnya ini. Kalau lo penasaran apa video competition selanjutnya – jangan lupa terus ikuti @mldspot biar lo tahu update terbaru dari gue.

Tanpa panjang lebar lagi, gue respect sama lo semua yang sudah submit – sekali lagi, karya-karya lo luar biasa. Tapi tiga orang ini yang benar-benar memenuhi kriteria para juri buat #MLDSPOTNEWNORMALRIDE ini.

Congratulation buat:

  • @maulanarawks
  • @dr_7ey
  • @karismodityo

 

Tiga orang di atas adalah pemenang dari #MLDSPOTNEWNORMALRIDE kali ini – respect buat semuanya ya! Sekali lagi, selamat bro-bro yang sudah gue mention di atas – lo menang video competition dari @mldspot #MLDSPOTNEWNORMALRIDE kali ini!

Nah, buat lo yang belum menang – seperti yang sudah gue bilang di atas – sans saja bro. Karena bakal ada video competition dengan tema lainnya yang nggak kalah seru, yang nggak kalah memacu lo untuk terus kreatif dan produktif.

Lo bisa terus update semuanya di website ini, atau langsung gas saja ke @mldspot – buat tahu update terbaru dari gue. Bro, biar makin semangat lagi buat ikutan video competition yang akan datang, gue ingetin lagi kalau masih banyak hadiah menarik sampai voucher blilbli.com yang bernilai JUTAAN RUPIAH!

Bro, jangan lupa buat ikutan lagi ya!