Home Profile Obama Rilis Summer Playlist, Kritikus: Ini Bukan Playlist Politisi!

Obama Rilis Summer Playlist, Kritikus: Ini Bukan Playlist Politisi!

Monday, August 29, 2016 - 16:41
Bagikan
Facebook Twitter Email

Presiden Obama memang suka bikin sensasi di akhir masa kepemimpinannya ini. Setelah tampil di berbagai acara TV, beberapa waktu yang lalu Obama merilis summer playlist yang merupakan lagu-lagu pilihannya untuk menghabiskan musim panas tahun ini. List tersebut dipublikasikan di situs resmi Gedung Putih dan mendapat banyak komentar positif. Kritikus bahkan mengomentari playlist ini sebagai “bukan playlist politisi”.

 

Dua daftar, siang dan malam

Tanggal 11 Agustus lalu, Presiden Barrack Obama sekali lagi merilis summer playlist setelah tahun lalu mendapatkan banyak pujian soal playlist musik musim panasnya. Perilisan tersebut dipublikasikan langsung di situs resmi Gedung Putih dan bisa lo nikmati di Spotify melalui akun resmi White House.

Terdapat dua daftar musik yang dipilih langsung oleh Presiden Obama yang terdiri dari playlist Daytime dan Nighttime. Daftar lagu liburan ini sama sekali nggak mencantumkan lagu dari musisi terkenal seperti Adele, Justin Timberlake, atau Rihanna sekalipun, melainkan lagu-lagu legendaris dari musisi-musisi kenamaan dunia mulai dari Prince hingga Aretha Franklin. Nggak terbatas hanya di situ saja, beberapa lagu hip hop baru dari musisi Common juga Chance the Rapper juga ada. Gaya musik Manu Chao dan Caetano Veloso juga ada.

 

Bukan playlist politisi

Selera musik pilihan sang presiden cukup menarik, dimana terdiri dari surf rock, soul, blues, hingga hip hop. Hal ini menunjukkan bahwa Obama adalah orang yang berpikiran terbuka, bahkan ekletik. Sayang, tidak ada sama sekali lagu country, lagu yang jadi kebanggaan bangsa Amerika, di playlist ini. Padahal, Obama bisa saja memasukkannya untuk menarik hati orang-orang dari Negara Bagian Selatan.

Meski demikian, menurut Rob Sheffield, kritikus musik dari majalah Rolling Stone, berpendapat bahwa daftar musik liburan ini cukup berbeda. Bahkan Sheffield berani komentar kalau playlist ini bukan playlist seorang politisi. Masih dari Sheffield, daftar ini merupakan bikinan seorang pecinta musik yang mendedikasikan hidupnya untuk menyimpan berbagai daftar lagu terbaik dan menjadikannya playlist terbaik.

Istimewa memang presiden yang satu ini. Semoga di lain kesempatan, Obama tertarik bikin album musik seperti mantan presiden kita beberapa tahun yang lalu. Siapa tahu lagu-lagunya nggak kalah sama Pak SBY.

 

Source: whitehouse.gov, nytimes.com